Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi es kacang merah. Image: X/@asiangames2018

Author : Admin Adventure

Article Date : 09/11/2023

Article Category : News

Nggak cuma terkenal sama makanannya yang berempah, Sumatera juga punya ragam es yang unik, enak, dan pastinya nyegerin, Coy. Yup, salah satu pulau besar di Indonesia ini terdiri dari 10 provinsi dan semuanya punya kuliner es yang menggugah selera.

 

Beberapa es di Sumatera punya nama yang unik karena berkaitan sama cerita rakyat di daerahnya. Nggak cuma punya nama unik aja, kesegaran es ini bikin rasa haus lo di siang bolong langsung plong, Superfriends. Penasaran banget kan ada es apa aja di Sumatera? Simak selengkapnya berikut ini, yok!

 

Es Timun Serut atau Le Boh Timon - Aceh

Ilustrasi es timur serut
Image: Cookpad

Kalau timun biasanya dipakai buat lalapan, di Aceh timun diolah jadi minuman yang menyegarkan. Namanya es timun serut atau dalam bahasa daerahnya dibsebut le boh timon. Sesuai namanya, bahan utama es ini yaitu timun segar yang diserut, lalu dicampur dengan sirup jeruk limau dan biji selasih. Untuk sirup jeruk limaunya, lo bisa bikin sendiri dengan merebus air, gula pasir, air perasan jeruk limau, dan daun jeruk. Kebayang kan gimana rasa manis, asem, dan segernya es yang satu ini?

 

Toge Panyabungan – Sumatera Utara

Es yang satu ini bukan terbuat dari toge ya. Toge panyabuang merupakan mibuman khas Mandailing Natal, Sumatera Utara, yang terdiri dari bubur ketan hitam, cendol, tape ketan, bubur candil, dan lupis. Bahan-bahan tersebut kemudian diiram pakai air santan dan gula aren. Selain dicampur es batu, toga panyabungan juga enak disajikan dalam kondisi hangat.

 

Es Kacang Merah – Sumatera Selatan

Ilustrasi es kacang merah
Image: X/@asiangames2018

Es yang satu ini sering jadi pasangannya pempek, nih. Yup, apa lagi kalau bukan es kacang merah. Sesuai namanya, kacang merah jadi bintang utama dalam es ini. Jangan lupa juga tambahin es batu serut, santan, susu kental manis, dan sirup merah biar rasanya makin manis.

 

Es Durian – Sumatera Barat

Jangan ngaku pecinta durian kalau lo belum nyobain es durian khas Padang, Sumatera Barat ini. Es ini terbuat dari daging durian asli yang diblender tanpa air, lalu ditambah es serut dan disiram pakai susu kental manis. Biar makin mantep, lo bisa request tambah es krim, kolang-kaling, atau cincau sebagai topping.

 

Es Air Mata Pengantin – Riau

Ilustrasi es air mata pengantin
Image: Cookpad

Walaupun namanya sendu mendayu-dayu, tampilan es yang satu ini justru tampak cheerful, lho. Namanya es air mata pengantin. Es ini melambangkan tangisan bahagia pengantin pada hari pernikahannya. Es air mata pengantin terdiri dari agar-agar atau jelly tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Bahan tersebut kemudian disusun di gelas dan dicampur dengan biji selasih, nata de coco, sirup, dan es batu.

 

Es Laksamana Mengamuk – Kepulauan Riau

Kalau tadi es air mata pengantin, ada lagi nih es yang namanya nggak kalah unik, yaitu es laksamana mengamuk. Konon katanya, nama ini berasal dari kejadian seorang laksamana yang marah karena istrinya dibawa kabur oleh pemilih kebun buah kweni. Buah yang jadi ciri khas dari Kepulauan Riau tersebut pun jadi bahan utama dari es yang satu ini, Superfriends. Potongan buah kweni kemudian dicampur dengan kelapa muda, santan, air gula, dan biji selasih.

 

Es Serbat Kweni – Lampung

Ilustrasi es serbat kweni
Image: YouTube/MasakTV

Sama seperti es laksamana mengamuk, es yang satu ini juga menggunakan buah kweni sebagai bahan utamanya. Bahan-bahannya juga nggak beda jauh. Bedanya, es serbat kweni nggak pakai santan. Jadi, rasanya lebih ‘ringan’ pas masuk tenggorokan.

 

Jus Pinang – Jambi

Pinang biasanya dijadikan sebagai bahan jamu. Namun, buah ini justru dijadikan sebagai bahan jus di Jambi. Buah pinang diblender bersama madu dan kuning telur, sehingga rasa pahit dari buahnya pun hilang. Minuman ini dipercaya bisa meningkatkan stamikan dan menambah tenaga. Cocok nih diminum sebelum ngelakuin kegiatan yang memacu adrenalin.

 

Bubur Jewawut – Bengkulu

Ilustrasi bubur jewawut
Image: Jadesta Kemenparekraf

Bubur jewawut merupakan sajian bubur manis yang terbuat dari biji jewawut yang bentuknya mirip gandum. Orang Bengkulu biasa menyebutnya dengan nama ‘sekoi’. Biji jewawut yang udah direbus dicampur dengan gula merah, gula putih, sejumput garan, dan larutan tepung maizena, kemudian diaduk sampai mengental. Setelah itu, bubur jewawut siap disajikan bersama kuah santan. Kalau mau dingin, lo bisa tambah es batu sesuai selera.

 

Es Jeruk Kunci – Bangka Belitung

Es jeruk yang satu ini beda dari es jeruk pada umumnya. Soalnya, jeruk yang digunkana merupakan jeruk kunci yang ukurannya lebih kecil dibanding jeruk peras. Es jeruk kunci paling cocok disajikan bareng biji selasih dan diberi tambahan air gula secukupnya biar rasanya makin manis. Di Bangka Belitung, lo juga bisa beli sirup jeruk kunci kemasan botol sebagai oleh-oleh.

 

Itu tadi berbagai ragam es dari berbagai daerah di Sumatera. Udah pernah nyobain yang mana aja nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #sumatera #fakta unik

Source:Kompas

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Buff untuk Naik Gunung, Jadi Pelindung Wajah dari Panas dan Dingin

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Hal yang Sering Bikin Bule ‘Kaget’ saat Traveling ke Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Takut Naik Pesawat? Ini Tips yang Bisa Lo Lakukan untuk Mengatasinya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Punya Nama Sama, Ini Perbedaan Nasi Liwet dari Solo dan Sunda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Bertualang di Gunung Merapi Naik Mobil Jeep, Ini Harganya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liburan 2 Hari 1 Malam di Sleman, Ini Itinerary yang Bisa Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kelebihan dan Kekurangan Liburan Pakai Jasa Agen Travel, Worth It Nggak Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /