Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Sungai Elo merupakan salah satu sungai yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sungai ini terkenal sebagai destinasi wisata petualangan, terutama untuk kegiatan rafting. Rafting di Sungai Elo menawarkan pengalaman yang seru dan menantang karena memiliki arus yang cukup deras dan pemandangan alam yang indah.

Kawasan rafting di Sungai Elo termasuk salah satu area rafting yang populer di dekat Yogyakarta, selain Sungai Progo Atas dan Sungai Progo Bawah. Keamanan dan fasilitas yang tersedia di kawasan ini juga sudah cukup lengkap. Jadi bisa dicoba oleh semua orang, maupun yang nggak bisa berenang.

Kalau lo sedang mencari referensi rafting di kota pelajar, langsung aja simak lebih lengkap panduan rafting di Sungai Elo berikut ini.

Daya Tarik Rafting di Sungai Elo

Ada banyak pengalaman baru yang menanti lo dengan mencoba rafting di Sungai Elo. Apa aja?

1. Arus Sungai yang Cukup Menantang

Sungai Elo memiliki arus air yang cukup deras, sehingga menjadi lokasi yang ideal untuk rafting. Lo bisa menikmati sensasi menyusuri aliran sungai yang berliku-liku, melintasi jeram-jeram yang menantang, dan merasakan kecepatan air yang menyegarkan. Selama pengarungan, lo juga akan merasakan serunya menyusuri sungai dengan arus yang deras serta melewati rintangan berupa deburan ombak.

Kadang, perahu juga bisa terjebak di antara bebatuan hingga terbalik. Tapi, di sini letak keseruannya karena lo bisa merasakan sensasi rafting yang sesungguhnya. Tenang aja, pemandu yang menemani lo pasti akan dengan sigap membantu dan menaikan lo kembali ke perahu saat terjatuh.

2. Pemandangan Alam yang Indah

Rafting di Sungai Elo ditempuh dengan jarak 12,5 kilometer dengan waktu pengarungan sekitar 2,5 hingga 3 jam tergantung debit air. Selama perjalanan rafting, lo akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Hutan-hutan hijau, tebing-tebing batu, dan panorama alam sekitar sungai menambah keindahan pengalaman rafting di Sungai Elo.

3. Beristirahat di Tengah Rafting

Merasa capek di tengah-tengah rafting? Nggak perlu khawatir, Superfriends. Dalam perjalanan rafting, lo bisa beristirahat di tengah pengarungan sambil menikmati segarnya kelapa muda, snack tradisional, dan pemandangan sekitar dari rest area yang berupa gubuk. Setelah cukup beristirahat, lo bisa melanjutkan perjalanan ke titik finish yang biasanya berada di bawah jembatan besar.

4. Rute Rafting yang Beragam

Ada beberapa rute rafting yang dapat dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan dan durasi yang diinginkan. Rute-rute tersebut memberikan variasi pengalaman, mulai dari yang cocok untuk pemula hingga rute yang menantang untuk pengalaman rafting yang lebih ekstrim.

5. Petunjuk dan Peralatan Keselamatan

Sebelum memulai perjalanan rafting, lo akan diberikan petunjuk keselamatan oleh instruktur yang berpengalaman. Mereka juga akan dilengkapi dengan peralatan keselamatan seperti pelampung, helm, dan dayung khusus rafting.

6. Pusat Kegiatan Rafting

Terdapat pusat-pusat kegiatan rafting di sekitar Sungai Elo yang menyediakan paket-paket rafting. Biasanya, paket tersebut mencakup peralatan, instruktur, transportasi, dan makanan. Lo hanya perlu datang dengan semangat petualangan.

7. Cocok untuk Semua Kalangan

Rafting di Sungai Elo disebut sebagai rafting dengan tingkat kesulitan yang tergolong rendah. Jadi, cocok untuk berbagai kelompok, termasuk keluarga, teman-teman, atau tim perusahaan. Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan sosial, meningkatkan kerjasama tim, dan memberikan pengalaman baru yang berkesan.

Rute ke Area Rafting Sungai Elo

Jarak tempuh ke area rafting Sungai Elo dari kawasan Magelang adalah sekitar 21,6 kilometer. Jarak ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 38 menit menggunakan kendaraan bermotor. Nah, rute perjalanan ke area rafting Sungai Elo yang bisa lo lalui dari Magelang adalah melalui Jl. Alternatif Secang Kopeng, Tegalrejo - Pucang, Jl Kyai Abdan, Jl Tegalrejo - Candimulyo, Jl Magelang - Yogyakarta, dan Jl Raya Borobudur.

Kalau lo berangkat dari Yogyakarta, jarak tempuh yang harus lo lalui adalah sekitar 36 kilometer atau kurang lebih sekitar satu jam. Rute perjalanan ke area rafting Sungai Elo dari Yogyakarta akan melewati Jl Magelang - Yogyakarta, Salam, Jl Semarang - Yogyakarta, Kota Muntilan, Jl M Yusuf, dan Jl Sendangsono.

Harga Rafting di Sungai Elo

Harga rafting di Sungai Elo bervariasi tergantung paket dan fasilitas yang lo pilih. Biasanya untuk satu perahu yang diisi empat orang, paket yang disediakan berkisar dari Rp650.000 sampai Rp1.000.000.

Tarif ini sudah termasuk peralatan arung jeram, snack, makan besar, kelapa muda, asuransi, retribusi, transportasi dari basecamp menuju start point dan penjemputan di finish point, pemandu, dan tempat ganti atau kamar mandi.

Lo bisa kok dengan mudah mencari operator penyedia jasa rafting Sungai Elo, baik itu di internet, media sosial, atau datang langsung ke sekitar lokasi rafting. Buat yang mau melakukan pengarungan di pagi hari, juga disediakan basecamp untuk menginap.

Waktu Terbaik untuk Rafting di Sungai Elo

Kapan sih waktu terbaik untuk melakukan rafting di Sungai Elo? Disebut waktu terbaiknya adalah di pagi hari. Biasanya rafting dimulai paling pagi pada pukul 08.00 WIB. Udara di pagi hari yang segar juga akan membuat kegiatan rafting lo semakin seru dan menyenangkan. Apalagi kalau debit air sedang tinggi, lo bisa merasakan adrenalin memecah ombak yang lebih besar.

Seru banget kan? Buat lo yang ingin mencoba aktivitas yang memacu adrenalin di sekitaran Yogyakarta dan Magelang, bisa langsung cobain rafting di Sungai Elo ya.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#sungai #Beginner #Extreme

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Newbie Wajib Tau! Ini Tips Wild Camping yang Wajib Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trail Running, Peralatan & Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rafting Ubud: Daya Tarik, Rekomendasi Tempat & Fasilitasnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mengenal Trekking dan Rekomendasi Tempat Terbaiknya di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kuliner Khas Samarinda, Ada Pepes Kepiting Hingga Aneka Kudapan Manis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Trekking Pole yang Kokoh dan Tahan Lama, Harga Bersahabat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bukan Body Shaming, Ini Alasan Maskapai Penerbangan Timbang Berat Badan Penumpang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Cemas-cemas Club! Ini Tips Lawan Rasa Takut saat Solo Backpacking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serunya Wild Camping, Bertahan Hidup di Tengah Alam Liar yang Menantang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Fakta Unik Coto Makassar, Makanan Berkuah Tertua di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /