Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi kari. Image: Husky Kuma/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/04/2024

Article Category : News

Udah bukan rahasia lagi kalau Indonesia punya beragam kuliner yang menggugah selera. Salah satunya yang berkuah santan, seperti gulai, kari, opor, dan tongseng.

 

Karena keempatnya punya kuah santan dengan warna yang hampir sama, nggak sedikit orang yang masih sulit membedakan gulai, kari, opor, dan tongseng. Padahal, keempatnya punya perbedaan yang cukup signifikan, lho. Seperti apa itu? Simak selengkapnya berikut ini sebagaimana dikutip dari kumparan.

 

Gulai

Ilustrasi gulai
Image: Rita und mit/Pixabay

Lo mungkin udah nggak asing sama makanan berkuah santan yang satu ini. Yup, apa lagi kalau bukan gulai. Makanan ini sangat mudah ditemui di rumah makan Padang dengan berbagai isian, mulai dari daging kambing, ayam, ikan, hingga sayur nangka. Usut punya usut, gulai Indonesia ternyata mendapat pengaruh dari India, lho. Namun, cita rasanya diubah dengan menggunakan rempah khas Nusantara.

 

Selain itu, ada beberapa versi gulai yang sering ditemukan di Indonesia. Misalnya, gulai di Sumatra terkenal dengan kuahnya yang pekat dan rasa pedas yang lebih menonjol, sedangkan gulai di Jawa kuahnya lebih encer dengan rasanya cenderung manis.

 

Kari

Ilustrasi kari
Image: Husky Kuma/Pixabay

Kalau dilihat sekilas, kari dan gulai punya tampilan yang nggak jauh beda. Kari punya cita rasa khas India yang lebih kuat dibanding gulai. Hal itu bisa dilihat dari bahannya yang menggunakan daun kari, kapulaga, bunga lawang, dan lain sebagainya. Salah satu kari khas Nusantara yang bisa lo cicipi yaitu kari kambing Minang atau yang sering disebut dengan cancang. Ada pula kuah kari yang disajikan sebagai cocolan roti maryam atau roti canai.

 

Opor

Ilustrasi opor
Image: Wikipedia/Sakurai Midori

Nah, kalau kuliner yang satu ini sering muncul saat momen Lebaran. Yup, apa lagi kalau bukan opor. Hidangan ini memiliki kuah santan dengan warna pucat karena nggak pakai kunyit seperti gulai dan kari. Bahan-bahan yang digunakan yaitu kemiri, ketumbar, bawang putih, jintan, lada, daun salam, dan kayu manis. Untuk isiannya, opor biasanya menggunakan ayam, telur, tahu, dan tempe.

 

Tongseng

Tongseng
Image: Wikipedia/Gunawan Kartapranata

Satu lagi makanan berkuah santan khas Indonesia yang sering bikin orang salah kaprah yaitu tongseng. Makanan yang satu ini sering disamakan dengan gulai karena tampilannya yang sama. Padahal, dari segi isian dan kekentalan kuahnya aja, tongseng dan gulai punya perbedaan yang signifikan, lho. Tongseng biasanya terdiri dari sayur kol, tomat, dan daging, sedangkan gulai cuma berisi daging aja. Selain itu, kuah tongseng cenderung lebih encer dibanding gulai.

 

Itu tadi perbedaan antara gulai, kari, opor, dan tongseng. Kalau lo lebih suka yang mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #foodventure #fakta unik

Source:kumparan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Asing Dengan Rock Climbing? Ini Sejarahnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gak Perlu Jauh-Jauh! Ini 5 Wisata Perbatasan Indonesia dan Malaysia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Alat Navigasi Penting yang Wajib Lo Bawa Saat Hiking

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

7 Teknik Mendayung saat Rafting, Hadapi Arus Gak Pake Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MITOS MEMANCING DI RANU KUMBOLO, APAKAH BENAR?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

FLANEL, DARI STELAN MENDAKI MENJADI FASHION SEHARI-HARI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KENAPA OMBAK PANTAI SELATAN INDONESIA COCOK UNTUK SURFING?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /