Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi content marketing. Image: Freepik

Author : Admin Adventure

Article Date : 17/07/2023

Article Category : News

Di tengah masifnya media sosial sekarang, penting banget bagi sebuah bisnis buat go digital. Salah satu yang wajib dipelajari yaitu content marketing strategy. Konsep ini merupakan pendekatan marketing yang fokus sama pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan, dan konsisten buat menarik dan mempertahankan target audiens.

 

Content marketing strategy bertujuan buat nge-trigger konsumen buat ngelakuin tindakan yang menguntungkan buat bisnis lo, kayak membeli produk atau sekadar nge-share konten lo. Konsep ini nawarin peluang yang luar biasa buat bisnis lo buat ningkatin profit. Reputasi dan jumlah pelanggan juga bakal meningkat dengan bikin konten yang valuable dan relevan buat audiens.

 

Terus, gimana sih caranya bikin content marketing strategy yang works dan ampuh buat mencapai goals bisnis lo? Simak panduan berikut ini, Superfriends.

 

Panduan Content Marketing Strategy

Ilustrasi content marketing
Image: Freepik

1. Analisis konten apa yang lo butuhin buat menuhin tujuan bisnis atau branding.

 

2. Buat inventarisasi konten yang udah ada dan sumber daya lain yang bisa diubah jadi konten.

 

3. Siapin proses perencanaan, kolaborasi, dan penjadwalan konten yang tepat.

 

4. Kembangin narasi yang mempertimbangkan jaminan dan nilai unik dari brand lo. Hubungkan hal ini sama tujuan bisnis dan ketertarikan konsumen lo.

 

5. Rencanain strategi konten untuk platform yang berbeda. Setiap platform marketing punya ciri khas, teknis, dan pola penggunaannnya masing-masing. Pakai strategi yang berbeda sesuai sama platform yang lo gunakan, misalnya konten Instagram tentu bakal berbeda dengan konten TikTok.

 

6. Pastiin konten lo bisa ditemukan dan di-share sama buyer persona dan target audiens yang luas.

 

7. Tentuin metrik dan key performance indicator (KPI) khusus konten. Lihat juga apakah sasaran marketing-nya udah sesuai sama strategi yang lo pakai dan ideal buat return on investment (ROI) lo.

 

8. Bikin, cari sumber, gabungin, kurasiin, dan optimalin konten lo.

 

9. Tentuin campuran yang tepat dan sesuai sama tujuan bisnis, perjalanan konsumen, format, dan platform yang lo pakai.

 

10. Sediain konten dalam format yang berbeda. Buyer persona yang berbeda punya kebutuhan yang berbeda pula. Jadi, sesuaiin format konten tersebut sama kebutuhan buyer persona lo.

 

11. Petakan konten ke dalam pain points, pertanyaan, dan siklus pembelian. Lo juga lihat ngeliat siklus penjualan lo.

 

12. Rencanain campaign dalam strategi pemasaran keseluruhan dengan gabungin berbagai taktik konten marketing.

 

13. Definisiin tata kelola dan aliran konten, serta kelola aset konten dan simpan ide dan data yang dibutuhin.

 

14. Latih orang-orang yang bakal terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut dari strategi tersebut.

 

15. Lihat kebutuhan konten yang kurang khas, lalu kembangin hal tersebut biar nggak ngurangin value konten lo.

 

16. Analisis pesaing, pasar, kebutuhan pelanggan, dan kinerja platform yang lo gunain.

 

17. Setelah menguji strategi yang lo pakai, langkah terakhir yang harus lo lakuin adalah evaluasi dan optimalin konten lo secara berkelanjutan.

 

Nah, itu tadi panduan singkat content marketing strategy yang mesti lo pahami. Sebuah studi nyebutin kalau content marketing berpeluang ningkatin 55 persen traffic web atau media sosial bisnis lo. Selain itu, content marketing juga 62 persen lebih hemat biaya dibanding gaya marketing konvensional. Ini bisa ngasih return on investment (ROI) 13 kali lebih banyak buat bisnis lo. Jadi rugi banget kalau nggak lo terapin, Superfriends. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bisnis Investasi #Entrepreneurship #Marketing

Source:Semrush

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Lagi Ngetren di Luar Negeri, Apa Itu Dupe Destination?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cara Mencuci dan Menyimpan Hammock, Jangan Sampai Salah!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO, Ini Ragam Jamu yang Wajib Lo Tau!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kapan Waktu yang Tepat buat Rebranding Produk Lo? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Mau Ribet Bikin Itinerary Perjalanan? Pakai ChatGPT Aja, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mencicipi Nasi Kikil Favorit Gus Dur di Jombang, Legendaris Sejak Puluhan Tahun

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Rebranding Produk? Ini Hal yang Harus Lo Pahami, Superfriends

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Prediksi Tren Traveling 2024, Ada Wisata Konser Sampai Liburan Ala Film

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Vegan Nggak Harus Mahal, Ini ‘Salad’ ala Indonesia yang Enak dan Bikin Kenyang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pulang Camping, Bersihkan Kompor Portabel Lo Pakai Cara Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /