Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi bisnis pertanian. Image: Zen Chung/Pexels

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/08/2023

Article Category : News

Di era modern seperti saat ini, bekerja sebagai petani mungkin udah nggak terlintas lagi di pikiran orang-orang. Bahkan, nggak sedikit warga desa yang merantau ke kota buat cari pekerjaan lain. Alhasil, cuma tinggal orang-orang tua aja yang jadi petani dan ngurus lahan di pedesaan.

 

Pandangan seperti itu mending lo buang jauh-jauh dari pikiran lo deh, Bro. Soalnya, pertanian tuh nggak melulu soal jadi petani atau hal-hal lain yang terlihat kuno. Kalau lo kreatif, lo bisa ngembangin bisnis di bidang pertanian yang kekinian. Bahkan, lo bisa ngerintis bisnis tersebut di daerah perkotaan yang mungkin lahan terbukanya terbatas. Simak nih beberapa ide bisnis di bidang pertanian yang menguntungkan berikut ini, Superfriends.

 

Tanaman Hidroponik

Ilustrasi hidroponik
Image: Pixabay

Kalau lo nggak punya lahan luas, bisnis pertanian yang satu ini mungkin bisa lo coba, deh. Yes, apa lagi kalau bukan berkebun tanaman hidroponik. Beberapa media tanam yang bisa digunakan buat berkebun tanaman hidroponik yaitu kapas, arang sekam, sabut kelapa, hydroton, dan rockwool. Jangan lupa juga siapin pipa paralon yang udah dilubangin buat teman tumbuh tanaman. Sementara itu, beberapa tanaman hidroponik yang bisa lo tanam yaitu selada, timun, bayam, tomat, pakcoy, seledri, dan sawi. Lumayan kan kalau dijual lagi?

 

Jual Buah dan Sayur Organik

Banyak masyarakat menengah ke atas yang lebih suka mengonsumsi buah dan sayur organik karena dianggap lebih sehat. Nah, ini bisa jadi peluang lo buat merintis bisnis jual buah dan sayur organik, Superfriends. Ada dua cara yang bisa lo pakai buat merintis bisnis ini, yaitu jadi reseller dari petani atau menanam buah dan sayurnya di lahan sendiri. Kalau lo mau menanam sendiri, pastiin lo punya lahan dan sumber daya manusia yang cukup buat membantu di kebun.

 

Budidaya Rempah dan Tanaman Obat

Ilustrasi rempah-rempah
Image: Jan Van Bizar/Pixabay

Bisnis lain yang bisa lo kembangin di bidang pertanian yaitu budidaya rempah dan tanaman obat keluarga. Usaha ini bisa dibilang cukup simpel karena nggak butuh lahan luas dan effort lebih buat menanam tanamannya karena nggak perlu disiram terlalu sering. Beberapa tanaman yang bisa lo tanam yaitu kunyit, jahe, kencur, cengkeh, dan lain sebagainya.

 

Pupuk Tanaman

Selain bercocok tanam, bisnis di bidang pertanian lain yang bisa lo kembangin yaitu produksi pupuk tanaman. Ada dua jenis pupuk yang bisa lo produksi, yaitu pupuk kompos dan pupuk kimia. Pupuk kompos terbuat dari sisa bahan segar yang nggak terpakai, seperti sayur, buah, sabut kelapa, dan lain sebagainya. Sementara itu, pupuk kimia terbuat dari bahan-bahan mineral yang harus diolah dengan proses khusus, seperti ammonium nitrat, urea, superfosfat, dan lain sebagainya.

 

Juat Alat Pertanian

Pengin bisnis di bidang pertanian, tapi yang simpel-simpel aja, Bro? Lo bisa buka toko yang menjual berbagai alat dan bahan pertanian, kayak pupuk, alat penyiram, pipa hidroponik, dan lain sebagainya. Lo juga bisa nyediain berbagai alat pertanian berukuran besar, seperti traktor hingga mesin panen. Toko alat pertanian lebih potensial kalau dikembangin di daerah yang profesi utama warganya adalah petani.

 

Itu tadi beberapa bisnis di bidang pertanian yang menguntungkan. Tertarik sama ide yang mana nih, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#ide bisnis #Bisnis Investasi #Entrepreneurship

Source:bisnis.com

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Soto Kudus, Soto Unik Menggunakan Daging Kerbau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

VIRALNYA SEPATU SALOMON ANAK SKENA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

SURFING AMAN, PENTING UNTUK BISA BERENANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG SUKA ADVENTURE DI ALAM TERBUKA DAN DAERAH PELOSOK SEKARANG SUDAH BISA INTERNETAN!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

PENTING KENALI MASALAH KEAMANAN SAAT MENYELAM!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kisah Pendakian Pertama ke Everest Yang Melegenda!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suku Bajo, Aquaman dari Indonesia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka tantangan? Inilah 5 Spot Paralayang Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menyelami Kesenian Suku Osing: Kearifan Lokal Banyuwangi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAHASIA SUKU SHERPA BISA KUAT MENGHADAPI CUACA EKSTREM!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /