Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/09/2023

Article Category : News

Bali, memang memiliki sejuta pesona. Tak hanya pantai yang eksotis, Bali juga memiliki keindahan alam pegunungan, perbukitan dan hutan yang sangat menarik untuk dieksplor. Untuk menjelajahi keindahan alamnya yang masih asri tadi, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat hiking di Bali.

Selama hiking, kamu bisa lebih dekat melihat keindahan alam Bali yang dekat dengan unsur budaya. Nggak sabar ingin berangkat? Lihat dulu beberapa rekomendasi tempat hiking di Bali berikut ini.

1. Gunung Agung

Gunung Agung merupakan gunung yang dianggap suci oleh masyarakat Bali dan dihormati sebagai tempat ibadah. Puncaknya juga dianggap sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Oleh karena itu, pendakian ke Gunung Agung memiliki makna spiritual yang mendalam bagi penduduk setempat dan banyak pendaki.

Pendakian Gunung Agung termasuk dalam kategori pendakian yang menantang. Rute menuju puncak terdiri dari medan yang curam, berbatu, dan terkadang licin. Ketinggian gunung ini, yang mencapai sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut, juga dapat mempengaruhi fisik dan pernapasan pendaki.

Meskipun pendakiannya cukup berat, pemandangan dari puncak Gunung Agung sangatlah memukau. Saat matahari terbit, kamu bisa menyaksikan panorama pulau Bali yang luas dengan laut di kejauhan dan gunung-gunung lainnya. Pemandangan ini menjadi hadiah luar biasa bagi kamu yang berhasil mencapai puncak.

2. Gunung Batur

Salah satu daya tarik utama pendakian Gunung Batur adalah pemandangan matahari terbit dari puncaknya. Pendakian sering dimulai di tengah malam agar pendaki bisa mencapai puncak sebelum matahari terbit. Pemandangan matahari terbit di antara awan dan di atas Danau Batur adalah momen yang pasti nggak akan pernah kamu lupakan.

Puncak Gunung Batur sebenarnya adalah kawah yang masih aktif. Kamu dapat memasuki kawah dan melihat jejak-jejak aktivitas vulkanik. Seiring berjalan di dalam kawah, kamu bisa merasakan panas dari sumber mata air panas dan mendapatkan pemahaman tentang geologi daerah tersebut.

Pendakian Gunung Batur dianggap memiliki tingkat kesulitan yang sedang. Meskipun medan cukup menantang pada beberapa bagian, rute pendakian tidak terlalu panjang atau terjal seperti beberapa gunung lain di Bali. Maka dari itu, pendakian ini dapat diakses oleh pendaki pemula.

3. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan terletak di dekat pusat seni dan budaya Bali, yaitu Ubud. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi tujuan populer bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas hiking dengan pemandangan alam yang indah.

Rute hiking di Bukit Campuhan relatif pendek dan tidak terlalu sulit. So, bukit ini bisa jadi pilihan yang cocok bagi siapapun, termasuk yang belum pernah hiking sebelumnya. Trekking dimulai dari Jembatan Campuhan dan melintasi persawahan, hutan bambu, dan tanah lapang. Rute ini tidak terlalu curam dan memberikan pemandangan yang sangat indah.

Daya tarik utama dari hiking di Bukit Campuhan adalah pemandangannya yang menakjubkan. Kamu akan melewati persawahan hijau yang indah dan hutan bambu tropis. Suasana alam yang tenang dan damai membuat trekking di sini menjadi pengalaman yang berkesan.

4. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru terletak di wilayah Tabanan, di bagian barat Bali. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung, dengan ketinggian sekitar 2.276 meter di atas permukaan laut.

Gunung Batukaru dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat dan memiliki beragam keanekaragaman hayati. Hiking di sini memberikan kamu kesempatan untuk melihat flora dan fauna yang khas, termasuk berbagai jenis tumbuhan tropis dan burung-burung langka.

Namun, pendakian di Gunung Batukaru termasuk dalam kategori yang menantang. Jalur pendakiannya cukup curam dan licin, terutama saat mendekati puncak. Untuk itu, pendakian ini lebih cocok bagi pendaki yang memiliki pengalaman hiking sebelumnya.

5. Gunung Catur

Gunung Catur terletak di wilayah Bedugul, di utara Bali. Meskipun bukan gunung tertinggi, Gunung Catur tetap menawarkan pemandangan yang menarik. Ketinggiannya sekitar 2.095 meter di atas permukaan laut.

Daya tarik utama dari hiking di Gunung Catur adalah pemandangan Danau Bratan. Saat kamu mendaki, kamu bisa melihat pemandangan indah danau yang dikelilingi oleh pegunungan, serta matahari terbit di atas danau yang sangat menenangkan dan indah.

6. Pura Luhur Pakendungan

Image source: balipost.com

Pura Luhur Pakendungan memiliki arsitektur yang indah dan detailnya merujuk pada unsur-unsur keagamaan dan budaya Bali. Saat kamu mulai mendekati pura, kamu akan merasakan aura keramat yang khas dan merasakan pengalaman spiritual yang mendalam.

Selain pendaki, Pura Luhur Pakendungan juga sering dikunjungi oleh umat Hindu sebagai tempat ibadah. Tempat ini sering menjadi lokasi upacara keagamaan dan perayaan kebudayaan.

7. Hutan Tamblingan Bali 

Selain hiking di daerah pegunungan atau perbukitan, kamu juga bisa hiking dengan menyusuri hutan seperti menyusuri hutan tropis yang rindang. Salah satunya di Hutan Tamblingan yang terletak di Desa Tamblingan, Buleleng, Bali.

Hutan yang masih sangat asri dan tersembunyi ini sangat pas untuk kamu yang ingin merasakan kesan petualangan alam yang sesungguhnya. Selain itu, jalur hiking di Hutan Tamblingan tergolong ekstrim karena jalurnya yang menguras tenaga dengan kontur tanah mendaki dan menurun.

8. Desa Ubud

Bagi kamu yang ingin merasakan hiking dengan suasana asli pedesaan, maka Desa Ubud bisa jadi pilihan yang sempurna. Selama hiking, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan keindahan alam yang hijau, serta berkesempatan untuk menyaksikan berbagai aktivitas kesenian khas dari warga desa.

Pilihan jalur hiking yang bisa dilakukan antara lain Ubud rice field terrace walk, Subak Sok Wayah, Jalan Kajang, dan sebagainya.

Gimana, banyak banget kan tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk hiking di Bali. Kalau kamu akan memilih tempat hiking yang mana nih? Coba tulis pilihanmu di kolom komentar ya.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #bali

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /