Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi pelanggan. Image: Jopwell/Pexels

Lo mungkin nggak asing sama ungkapan ‘pembeli adalah raja’. Yup, ungkapan tersebut ternyata ada benernya juga, Bro.

 

Kalau nggak ada pembeli, bisnis lo mungkin nggak bakal bisa survive karena nggak ada pemasukan. Lo juga nggak bisa dapet keuntungan. Itulah sebabnya, penting banget buat ngasih pelayanan baik buat pelanggan biar mereka setia sama produk lo.

 

Ada beberapa tips yang bisa lo lakukan buat meningkatkan loyalitas pelanggan. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Kasih Mereka Value, Bukan Sekadar Produk

Ilustrasi pelanggan
Image: Jopwell/Pexels

Buat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, penting banget buat mengetahui nilai atau value yang dimiliki pelanggan terhadap produk lo. Misalnya, mereka pengin mengonsumsi produk yang ramah lingkungan, tapi harganya tetep murah di kantor. Nah, lo bisa menerapkan value tersebut ke produk lo agar mereka merasa terhubung. Bagi pelanggan, value merupakan hal penting yang jadi salah satu bahan pertimbangan untuk membeli sebuah produk.

 

Berikan Costumer Service yang Ramah

Dalam bisnis, customer service punya peran penting untuk menjembatani hubungan brand lo dengan pelanggan. Soalnya, kalau ada keluhan apa-apa, pelanggan bakal menghubungi customer service. Jadi, penting banget buat ngasih layanan terbaik dan tentunya ramah ke pelanggan. Pastikan solusi yang lo berikan bener-bener bisa menyelesaikan masalah mereka, bukan sekadar formalitas.

 

Bersikap Transparan

Ilustrasi pelanggan
Image: fauxels/Pexels

Beberapa bisnis sering kali menutupi kekurangannya di depan pelanggan biar kelihatan sempurna. Padahal, nggak ada salahnya buat bersikap transparan ke pelanggan kok, Superfriends. Misalnya kalau ada keluhan berulang dari pelanggan terkait masalah yang sama, lo bisa bikin surat terbuka untuk menjawab keresahan mereka. Cara ini bisa bikin pelanggan respect dan nggak meninggalkan brand lo.

 

Bikin Komunitas

Nggak cuma jadi channel pemasaran, media sosial brand lo juga bisa dimanfaatkan buat membentuk komunitas bareng pelanggan, lho. Misalnya, kalau lo menjual produk outdoor atau adventure, lo bisa bikin komunitas traveling biar bisa jalan-jalan bareng pelanggan. Cara ini bisa bikin mereka merasa lebih dekat sama brand lo dan makin setia sama produk lo, Superfriends.

 

Libatkan Influencer

Melibatkan influencer dalam strategi marketing bisa jadi senjata ampuh buat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kalau influencer tersebut punya banyak fans, lo juga berpeluang buat dapet pelanggan baru. Namun, sebaiknya jangan asal dalam memilih influencer, ya. Pastikan sosok yang lo pilih punya background yang positif dan spesialisasi yang sama seperti brand lo, sehingga pelanggan bisa lebih percaya sama review-nya.

 

Itu tadi beberapa tips yang bisa lo lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Punya cara lain? Tulis di kolom komentar ya, Superfriends. (arpd)

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Bisnis Investasi #Entrepreneurship

Article Category : News

Article Date : 23/11/2023

Superadventure
Admin Adventure
Superadventure
Admin Adventure
Penulis artikel petualangan outdoor dan ekstrem yang bawain kisah mendaki tebing, arung jeram, sampai menjelajah jalur off-road. Buat gue, petualangan itu lebih dari sekadar jalan-jalan, ini soal uji mental dan fisik. Tiap cerita gue kemas biar Superfriends kebawa sensasinya. Gue pengen lo yang baca ngerasa termotivasi buat keluar dari zona nyaman. Kalau lo suka tantangan alam, artikel di sini bakal bikin lo pengen langsung berangkat.

Source:Entrepreneur

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

10 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia dan Fasilitasnya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Pantai Batu Belig, Bali: Rute, Daya Tarik dan Aktivitas Seru

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Panduan Gunung Batukaru: Lokasi, Jalurnya dan Harga Tiket

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Pantai Petitenget Bali: Rute, Daya Tarik, dan Wisata Sekitar

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /

Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive