Lo mungkin nggak asing sama ungkapan ‘pembeli adalah raja’. Yup, ungkapan tersebut ternyata ada benernya juga, Bro.
Kalau nggak ada pembeli, bisnis lo mungkin nggak bakal bisa survive karena nggak ada pemasukan. Lo juga nggak bisa dapet keuntungan. Itulah sebabnya, penting banget buat ngasih pelayanan baik buat pelanggan biar mereka setia sama produk lo.
Ada beberapa tips yang bisa lo lakukan buat meningkatkan loyalitas pelanggan. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.
Kasih Mereka Value, Bukan Sekadar Produk
Buat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, penting banget buat mengetahui nilai atau value yang dimiliki pelanggan terhadap produk lo. Misalnya, mereka pengin mengonsumsi produk yang ramah lingkungan, tapi harganya tetep murah di kantor. Nah, lo bisa menerapkan value tersebut ke produk lo agar mereka merasa terhubung. Bagi pelanggan, value merupakan hal penting yang jadi salah satu bahan pertimbangan untuk membeli sebuah produk.
Berikan Costumer Service yang Ramah
Dalam bisnis, customer service punya peran penting untuk menjembatani hubungan brand lo dengan pelanggan. Soalnya, kalau ada keluhan apa-apa, pelanggan bakal menghubungi customer service. Jadi, penting banget buat ngasih layanan terbaik dan tentunya ramah ke pelanggan. Pastikan solusi yang lo berikan bener-bener bisa menyelesaikan masalah mereka, bukan sekadar formalitas.
Bersikap Transparan
Beberapa bisnis sering kali menutupi kekurangannya di depan pelanggan biar kelihatan sempurna. Padahal, nggak ada salahnya buat bersikap transparan ke pelanggan kok, Superfriends. Misalnya kalau ada keluhan berulang dari pelanggan terkait masalah yang sama, lo bisa bikin surat terbuka untuk menjawab keresahan mereka. Cara ini bisa bikin pelanggan respect dan nggak meninggalkan brand lo.
Bikin Komunitas
Nggak cuma jadi channel pemasaran, media sosial brand lo juga bisa dimanfaatkan buat membentuk komunitas bareng pelanggan, lho. Misalnya, kalau lo menjual produk outdoor atau adventure, lo bisa bikin komunitas traveling biar bisa jalan-jalan bareng pelanggan. Cara ini bisa bikin mereka merasa lebih dekat sama brand lo dan makin setia sama produk lo, Superfriends.
Libatkan Influencer
Melibatkan influencer dalam strategi marketing bisa jadi senjata ampuh buat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kalau influencer tersebut punya banyak fans, lo juga berpeluang buat dapet pelanggan baru. Namun, sebaiknya jangan asal dalam memilih influencer, ya. Pastikan sosok yang lo pilih punya background yang positif dan spesialisasi yang sama seperti brand lo, sehingga pelanggan bisa lebih percaya sama review-nya.
Itu tadi beberapa tips yang bisa lo lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Punya cara lain? Tulis di kolom komentar ya, Superfriends. (arpd)
ARTICLE TERKINI
Article Category : News
Article Date : 23/11/2023
Source:Entrepreneur
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :