Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi karedok. Image: Cookpad

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/12/2023

Article Category : News

Selama ini, banyak yang berpikir kalau gaya hidup vegetarian itu mahal. Lihat aja menu vegetarian di kafe dan restoran yang dijual dengan harga yang nggak ramah di kantong lo yang gajinya pas-pasan itu. Ya, mungkin aja lo bukan target pasarnya sih.

 

Walaupun begitu, nggak ada salahnya kalau lo mau beralih ke gaya hidup vegetarian, Bro. Ada banyak menu khas Indonesia yang cocok buat vegetarian, mulai dari aneka sayur berkuah, tempe, tahu, dan masih banyak lagi. Nggak cuma itu, ada juga ‘salad’ ala Indonesia yang nggak kalah enak dari saladnya bule dan tentunya bikin kenyang, lho. Apa aja itu? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Gado-gado

Gado-gado
Image: Wikipedia

Ada dua versi gado-gado yang bisa jadi pilihan menu vegan lo, yaitu gado-gado Jakarta dan gado-gado Surabaya. Dari segi isian, sayur yang digunakan dalam kedua gado-gado tersebut nggak beda jauh, seperti toge, kacang panjang kentang, selada, wortel, kentang, dan lain sebagainya. Ada juga yang menambahkan tempe, tahu, dan telur rebus sebagai proteinnya.

 

Perbedaannya terletak pada saus kacang yang digunakan. Pada gado-gado Jakarta, saus kacang biasanya diulek saat pembeli baru pesan. Sementara itu, penjual gado-gado Surabaya biasanya langsung ngestok saus kacangnya dalam jumlah banyak, sehingga bisa langsung disiram ke atas pesanan pembeli. Uniknya, saus kacang gado-gado Surabaya diberi campuran santan, sehingga jadi lebih kental.

 

Lotek

Lotek
Image: Wikipedia

Sekilas, lotek hampir mirip sama gado-gado. Perbedaannya terletak pada campuran bumbu kacanganya. Biasanya, bumbu kacang lotek ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Itulah sebabnyak lotek punya rasa cenderung lebih manis dibanding gado-gado. Cocok banget nih buat lo yang nggak doyan pedes.

 

Pecel

Pecel
Image: Wikiepdia

Buat lo pecinta pedas, menu vegetarian yang satu ini nggak boleh lo lewatin. Yup, apa lagi kalau bukan pecel. Makanan khas Madiun ini terdiri dari sayuran yang disiram pakai sambel kacang yang pedas manis, lalu dinikmati bersama nasi hangat atau lontong. Seporsi pecel paling mantap kalau disantap bareng peyek atau kerupuk puli.

 

Karedok

Karedok
Image: Cookpad

Sayuran yang digunakan pada gado-gado, lotek, dan pecel biasanya direbus terlebih dahulu. Nah, kalau di karedok, sayuran yang dipakai nggak direbus alias masih mentah. Hal ini bikin karedok punya rasa yang lebih segar dengan tekstur sayur yang crunchy. Nggak lupa juga ada bumbu kacang yang dengan bumbu khasnya, seperti cabai merah, bawang putih, kencur, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

 

Urap

Urap
Image: Wikipedia

Nggak cuma pakai bumbu kacang, ada juga ‘salad’ ala Indonesia yang teksturnya kering. Salah satunya urap atau trancam. Makanan khas Jawa ini terbuat dari berbagai sayur, seperti kangkung, toge, dan kacang panjang, lalu dicampur dengan parutan kelapa muda yang udah dibumbui pakai cabe, kencur, terasi, dan bahan lainnya. Urap biasanya dinikmati pakai ayam atau ikan bakar. Namun, kalau lo vegan, lo juga bisa nikmatin makanan ini pakai tempe atau tahu goreng aja, Superfriends.

 

Itu tadi beberapa ‘salad’ ala Indonesia yang nggak kalah enak dari salad bule. Mana nih favorit lo, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #fakta unik #fact

Source:Kompas

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Suhu Tubuh Minimal Saat di Gunung Agar Terhindar Dari Hipotermia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING TANPA INSTRUKTUR TETAP AMAN, INI TIPSNYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terbawa Arus Bawah Laut Saat Menyelam? Jangan Panik!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

TIPS MENGATASI KACAMATA DIVING SAAT KEMASUKAN AIR

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

MEMASAK NASI YANG BENAR MENGGUNAKAN NESTING

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Panjat Tebing dengan Pemandangan Juara di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Orienteering Petualangan Menantang di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gunung Semeru Mengamuk Sampai Erupsi 7 Juli 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

YANG HARUS ADA DI KOTAK P3K KETIKA OUTDOOR ACTIVITY

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kenapa Kuping dan Telapak Tangan Wajib Hangat Saat Hawa Dingin?

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /