Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/10/2023

Article Category : News

Sudah punya rencana untuk menjelajahi keindahan Indonesia dengan melakukan touring motor? Sebelum touring, lo harus mempersiapkan segala perlengkapan penting yang harus dibawa seperti pakaian, peralatan keamanan, kelengkapan kendaraan, hingga perbekalan.

Perlengkapan touring yang sesuai akan memastikan kenyamanan, keamanan, dan kepraktisan selama perjalanan. Jangan sampai lo melewatkan perlengkapan yang penting dan wajib untuk dibawa saat berkendara untuk jarak yang jauh. Yuk, langsung aja kita bahas berbagai jenis perlengkapan touring yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai petualangan di jalan.

1. Peralatan Keamanan

Peralatan keamanan adalah salah satu aspek terpenting dalam persiapan perjalanan touring motor. Perlengkapan ini dirancang untuk melindungi lo dari cedera selama perjalanan dan memastikan keselamatan di jalan. Berikut adalah beberapa peralatan keamanan yang perlu lo pertimbangkan:

  • Helm: Helm adalah perlengkapan keamanan paling penting saat berkendara motor. Pastikan memilih helm yang memenuhi standar keselamatan. Helm yang baik akan melindungi kepala dari cedera serius dalam kecelakaan.

  • Jaket: Kenakan jaket motor yang kuat dan tahan luka saat touring. Jaket harus memiliki perlindungan tambahan di bahu, siku, dan punggung. Pilihan jaket yang baik termasuk yang terbuat dari bahan tahan air dan memiliki ventilasi untuk kenyamanan selama perjalanan.

  • Sarung Tangan: Sarung tangan motor akan melindungi tangan dari cedera akibat gesekan dengan aspal. Pastikan sarung tangan yang lo pilih memiliki pelindung keras di area sendi jari dan pergelangan tangan.

  • Sepatu Motor: Sepatu yang tepat memberikan perlindungan untuk kaki dan pergelangan kaki kamu. Sepatu motor sering memiliki pelindung keras di area pergelangan kaki dan tumit.

  • Pelindung Tubuh Tambahan: Untuk perjalanan yang lebih panjang atau di medan yang lebih berbahaya, pertimbangkan untuk menggunakan pelindung tambahan seperti pelindung siku, lutut (knee pad), dan pelindung tubuh lengkap (full body armor) untuk perlindungan maksimal.

  • Jas Hujan: Saat berkendara di Indonesia, cuaca yang bakal lo temui pastinya nggak menentu. Maka dari itu, sebaiknya sedia payung sebelum hujan dengan membawa jas hujan. Lebih baik pilih jas hujan berwarna neon agar saat gelap lo tetap bisa dikenali oleh pengendara lain.

2. Persiapkan Motor dengan Baik

Kendaraan motor yang baik adalah kendaraan yang memenuhi sejumlah kriteria yang dapat memastikan kenyamanan, keamanan, dan kinerja yang optimal selama penggunaan. Sebelum mulai touring, pastikan mesin, rangka, dan komponen lainnya terjaga dengan baik, tanpa kerusakan atau keausan berlebihan.

Lakukan perawatan rutin seperti pergantian oli, filter udara, filter bahan bakar, dan komponen lainnya sebelum berangkat. Selain itu, pastikan mesin dapat dihidupkan dengan mudah, berjalan halus, dan memiliki tenaga yang cukup. Cek juga sistem rem apakah masih berfungsi dengan baik. Pastikan rem cakram, kaliper, dan sistem rem lainnya dalam kondisi prima.

Semua lampu (depan, belakang, dan sein) serta sistem elektrikal lainnya harus berfungsi dengan baik untuk memastikan daya pandang yang baik di jalan.

3. Dokumen Penting

Selama menempuh perjalanan jauh lo harus mempersiapkan berbagai dokumen penting. Dokumen-dokumen ini dapat berfungsi sebagai identifikasi pribadi, memberikan izin masuk ke tempat tertentu, dan mengatasi situasi darurat. Beberapa dokumen penting utama yang harus dibawa seperti SIM, STNK, dan KTP.

Kalau lo memiliki kondisi kesehatan tertentu, bawa rekam medis atau surat kuasa medis yang relevan. Pastikan juga lo sudah divaksinasi sesuai dengan persyaratan kesehatan yang berlaku.

Dokumen penting lainnya yang perlu dipersiapkan seperti bukti reservasi akomodasi. Cetak atau simpan reservasi akomodasi yang sudah kamu buat agar mudah saat melakukan check-in di penginapan. Untuk pembayaran, lo bisa membawa uang tunai secukupnya dan gunakan kartu debit atau kredit untuk transaksi dalam jumlah besar.

4. Pakaian dan Peralatan Pribadi

Pakaian dan peralatan pribadi yang dibawa saat touring sangat penting untuk kenyamanan dan perlindungan selama perjalanan. Bawa pakaian yang sesuai dengan cuaca dan lingkungan yang akan lo lewati. Pastikan lo memiliki pakaian cadangan jika perlu. Persiapkan juga perlengkapan pribadi seperti sikat gigi, perlengkapan mandi ringan, handuk kecil, hingga obat-obatan pribadi.

5. P3K

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah perlengkapan penting yang harus selalu dibawa saat melakukan perjalanan touring, terutama saat berkendara motor. P3K dapat membantu memberikan perawatan medis pertama pada diri sendiri atau orang lain dalam situasi darurat atau kecelakaan.

Beberapa perlengkapan P3K yang perlu lo persiapkan seperti plester dan perban, alkohol swabs dan cutton buds, obat luka, salep antibiotik, gunting, kompres dingin instan, masker, hingga pisau lipat multifungsi.

6. Alat Komunikasi