Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 02/01/2024

Article Category : News

Gunung Rinjani terletak di utara Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, gunung ini termasuk ke dalam bagian dari Lingkaran Api atau Ring of Fire dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Selain itu, Gunung Rinjani juga menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Nggak heran, Gunung Rinjani termasuk ke dalam jajaran Seven Summit Indonesia dan selalu menjadi tujuan favorit pada pendaki, baik dari dalam maupun luar negeri.

Daya tarik utama bagi para pendaki adalah puncaknya yang bernama Puncak Dewi Anjani dan danau kawah bernama Segara Anak. Gunung Rinjani yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani juga dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar. Keindahan danau dan kondisi alam dari gunung ini bahkan nggak kalah dari pegunungan di luar negeri, loh.

Untuk para calon pendaki ke Gunung Rinjani, harus tahu dulu nih panduan lengkapnya mulai dari jalur pendakian, harga, hingga durasi yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian ke puncaknya. Langsung aja simak pembahasannya berikut ini.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Untuk mencapai puncak Rinjani adalah enam jalur pendakian yang bisa lo pilih. Dilansir dari kompas.com, ini dia jalur pendakian Gunung Rinjani beserta penjelasan rutenya.

1. Timbanuh

Kalau lo ingin mendaki melalui jalur ini, lo bisa mulai pendakian melalui pintu masuk Pendakian Timbanuh sampai ke Pelawangan Timbanuh.

2. Aik Berik

Selanjutnya, ada juga jalur Aik Berik. Rute untuk jalur pendakian ini dimulai dari pintu masuk pendakian Aik Berik ke Pelawangan Aik Berik atau Rinjani Second Summit Sangkareang-Kondo.

3. Sembalun

Rinjani via Sembalun adalah jalur pendakian favorit yang paling banyak dipilih oleh pendaki Gunung Rinjani. Lo bisa mencapai puncak tertinggi Rinjani dari jalur ini. Rute pendakian via Sembalun dimulai dari pintu masuk pendakian Sembalun, Pelawangan Sembalun, Puncak Gunung Rinjani atau Danau Segara Anak, turun via Jalur Wisata Pendakian Senaru atau Jalur Wisata Pendakian Torean. Karena menjadi favorit, rute ini juga memiliki fasilitas yang paling lengkap, mulai dari penginapan dan pos penjagaan.

4. Senaru

Jalur yang satu ini biasanya menjadi tempat turun bagi para pendaki yang naik melalui jalur Sembalun. Namun, lo juga tetap bisa memulai pendakian melalui jalur ini. Sama seperti pendakian via Sembalun, lo juga bisa mencapai puncak tertinggi Rinjani melalui jalur Senaru. Jalur pendakian via Senaru dimulai dari pintu masuk pendakian Senaru, Pelawangan Senaru, Danau Segara Anak, Puncak Gunung Rinjani, dan turun via Sembalun atau jalur Torean.

5. Torean

Selain jalur Sembalun, jalur pendakian Torean juga menjadi salah satu yang paling disukai oleh pendaki. Hal ini dikarenakan panorama di sepanjang jalurnya yang sangat indah dan memanjakan mata. Jalur yang akan lo lewati dimulai dari pintu masuk pendakian Torean, Danau Segara Anak, Jalur Wisata Pendakian Sembalun, atau Jalur Wisata Pendakian Senaru.

6. Tete Batu

Last but not least, lo bisa memilih jalur pendakian Tete Batu. Meskipun lo nggak bisa mencapai titik tertinggi Rinjani melalui jalur ini, panorama alam yang ditawarkan di jalur ini nggak ada duanya, Bro. Kalau lo tertarik untuk melewati jalur ini, lo bisa mulai dari pintu masuk pendakian Tete Batu, Rinjani Second Summit Sangkareang-Kondo, dan turun via jalur Aik Berik.

Durasi Pendakian Gunung Rinjani

Berapa lama sih waktu pendakian ke Gunung Rinjani? Durasi yang umumnya dibutuhkan untuk mencapai puncak Rinjani dari pintu masuk pendakian adalah 4 hari 3 malam, atau setara dengan 16 jam pendakian. Waktu tempuh ini biasanya dibutuhkan untuk pendaki pemula. Namun, kalau lo sudah sering naik turun gunung mungkin waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat sekitar 3 hari 2 malam.

Harga Mendaki di Gunung Rinjani

Harga tiket masuk ke kawasan Gunung Rinjani untuk wisatawan lokal adalah Rp5.000 per orang per hari untuk hari biasa atau Rp7.500 per orang per hari untuk hari libur. Sementara itu, wisatawan asing dikenakan tarif sekitar Rp150.000 per orang per hari di hari biasa dan Rp250.000 per orang per hari untuk hari libur.

Ingat, harga ini hanya biaya awal untuk masuk ke Gunung Rinjani dan belum termasuk biaya transport, penginapan, makan, hingga jasa pemandu atau porter. Untuk jasa pemandu atau porter sendiri biasanya berkisar Rp300.000 hingga Rp350.000 per hari.

Saat ini juga ada banyak yang menawarkan paket tour untuk mendaki ke Gunung Rinjani. Biasanya mereka akan menyediakan paket lengkap mulai dari guide, porter, tenda, hingga makan. Mungkin biaya yang dibutuhkan bisa lebih terjangkau dan praktis dengan mengambil paket tour.

Gimana, guys? Sudah siap mendaki ke Gunung Rinjani? Selain persiapan fisik, persiapkan juga mental dan kesehatan sebelum lo mulai mendaki ya. Sebab, Gunung Rinjani termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang pastinya nggak gampang buat lo taklukan.

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #rinjani #gunung

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Asal-Usul Alas Lali Jiwo Lebih dari Sekedar Mitos

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Gorpcore Gaya Pendaki yang Lagi Hits!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Camping Seru? Gampang! Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

ADVENTURE RACE 2024 DAY 3!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

3 BESAR ADVENTURE RACE 2024 MEMBAWA NAMA HARUM KAMPUSNYA

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

THE WINNER ADVENTURE RACE 2024!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Adventure Race Bukan Cuma Soal Kecepatan, Tapi Juga Kekuatan Fisik!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

ADVENTURE RACE 2024 DAY 2!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Technical Meeting di ADVENTURE RACE 2024!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Pendaki Instastory Antara Hobi dan Konten

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /