Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi bubur manado. Image: Wikipedia

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/09/2023

Article Category : News

Sulawesi Utara merupakan provinsi di Pulau Sulawesi yang wilayahnya terbagi jadi dua, yaitu zona selatan yang berupa dataran rendah dan dataran tinggi, serta zona utara yang meliputu kepulauan. Nggak heran kalau provinsi dengan ibukota Manado ini punya segudang destinasi wisata, mulai dari pegunungan sampai lautan.

 

Nggak cuma destinasi wisatanya aja, kuliner di Sulawesi Utara juga beragam, Bro. Dari yang bahannya sayur-mayur, seafood, sampai aneka dessert pun ada semua. Penasaran, kan? Simak selengkapnya berikut ini, Superfriends.

 

Tinutuan

Ilustrasi tinutuan
Image: Wikipedia

Lo pasti udah nggak asing sama makanan yang satu ini, deh. Yup, apa lagi kalau bukan bubur Manado alias tinutuan. Beda dari bubur pada umumnya, tinutuan terbuat dari beras, labu, dan singkong, sehingga rasanya lebih khas. Ada pula campuran sayur kayak jagung, kangkung, kemangi, dan bayam yang bikin bubur ini makin nikmat. Kalau pengin ngerasain tinutuan yang otentik, lo bisa dateng ke Jalan Wakeke, Manado, yang jadi pusat pedagang tinutuan. Jangan sampai kalap, ya.

 

Nasi Jaha

Ilustrasi nasi jaha
Image: Wikipedia

Makan bubur doang kurang kenyang? Tenang, nih cobain aja nasi jaha. Sekilas, nasi jaha mirip kayak lemang khas Sumatera Barat. Namun, nasi jaha punya rasa jahe yang khas. Makanan ini terbuat dari campuran beras, ketan, santan kelapa, jahe, dan beberapa bumbu lainnya yang dimasak dengan cara dibakar. Sebelum dimasak, adonan nasi jaha dimasukkan ke dalam bambu yang udah dilapisi daun pisang, jadi aromanya pun lebih wangi setelah matang. Selain bisa dimakan langsung, nasi jaha juga biasa disajikan bersama aneka lauk, kayak abon ikan cakalang atau gulai.

 

Sup Brenebon

Ilustrasi sup brenebon
Image: Wikipedia

Sup khas Sulawesi Utara yang satu ini beda dari sup pada umumnya. Soalnya, sup brenebon punya warna kuah yang cenderung kecokelatan karena penggunaan kacang merah sebagai bahan utamanya. Cita rasanya pun sangat khas karena dibumbui sama merica, pala, cengkeh, cabe, bawang putih, dan bawang merah. Selain kacang merah, isian sup brenebon terdiri dari aneka sayuran, seperti buncis, seledri, dan daun bawang. Masyakarat setempat biasanya juga nambahin daging babi. Namun, kalau lo nggak bisa makan itu, lo bisa ganti pakai daging sapi, Superfriends.

 

Cakalang Fufu

Ilustrasi cakalang fufu
Image: Wikipedia

Jalan-jalan tuh kurang lengkap kalau nggak beli oleh-oleh. Nah, salah satu oleh-oleh khas Sulawesi Utara yang bisa lo bawa pulang yaitu cakalang fufu. Makanan ini merupakan ikan cakalang yang diasapi. Proses pengasapannya bisa makan waktu sampai 4 jam, lho. Jadi, cakalang fufu bisa awet sampai 1 bulan di suhu ruang. Pusat pembuatan cakalang furu ada di Bitung yang merupakan kota pelabuhan nelayan di Sulawesi Utara. Sebelum dikonsumsi, cakalang fufu bisa digoreng atau dibakar dulu, lalu disajiin bareng sambal dabu-dabu khas Minahasa.

 

Klapertart

Ilustrasi klapertart
Image: Cookpad

Udah makan kenyang, saatnya ngemil dessert. Salah satu makanan penutup yang wajib lo cobain pas traveling ke Sulawesi Utara yaitu klapertart. Yup, walaupun namanya kayak bahasa Inggris, tapi kue ini Manado punya, Bro. Walaupun keliatannya mewah, bahan-bahan yang dipakai buat bikin klapertart ternyata cukup simpel, yaitu tepung terigu, mentega, susu, telur, santan, dan daging kelapa muda. Adonan tersebut kemudian dimasak dengan cara dikukus atau pun dioven.

 

Itu tadi beberapa makanan khas Sulawesi Utara dengan cita rasa yang khas. Lo udah pernah nyobain yang mana, Superfriends? (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Kuliner #sulawesi #traveling

Source:Detik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Keindahan ALapangan Sepak Bola Ekstrim di Indonesia Tantangan Adrenalin Bagi Para Pecinta Sepak Bolalam yang Menanti di Sekitar Stadion Euro 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda-tanda Penting di Gunung yang Wajib Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ombak Dahsyat Menanti Menjelajahi Spot Surfing Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Camping Kekinian Mengapa Semakin Banyak Orang Memilih Berkemah?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

JACKPOT NAIK GUNUNG DAPET "MILKY WAY"? INI CARANYA!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

CAVING PETUALANGAN YANG SANGAT "MAHAL"

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /