Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ilustrasi camping dengan api unggun. Image: Pexels/Pixabay

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/09/2023

Article Category : News

Saat camping, rasanya tuh kurang lengkap gitu kalau nggak bikin api unggun. Yup, api unggun emang berguna banget sebagai sumber cahaya di tengah alam bebas, Bro. Selain itu, api unggun juga bisa bikin hawa lebih hangat, masak makanan, atau bakar-bakar ala barbeque.

 

Nah, ada beberapa hal yang perlu lo pahami sebelum bikin api unggun saat camping di alam bebas, Coy. Pastiin dulu apakah api unggun diizinkan di kawasan tersebut. Selain itu, jangan sampai lo ninggalin jejak di tempat lo bikin api unggun. Yup, mungkin pernah denger istilah “Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki,” Kata-kata tersebut jadi pegangan para pendaki buat nggak ninggalin jejak, seperti sampah dan sisa api unggun, buat ngejaga kebersihan alam.

 

Nah, biar nggak ninggalin jejak, simak nih cara membuat dan memadamkan api unggun yang aman berikut ini, Superfriends.

 

Cara Menyalakan Api Unggun yang Aman

Ilustrasi api unggun
Ilustrasi api unggun. Image: StockSnap/Pixabay

1. Jangan Asal Pilih Tempat

Sebelum nyalain api unggun, penting banget buat milih tempat yang tepat buat mencegah api merembet ke sekitar. Pilih area terbuka yang jarak dari pohon sekitar 5 meter. Selain itu, hindari bikin api unggun di bawah ranting atau akar gantung. Pastikan lokasi api unggun steril dari dedaunan dan ranting kering yang jatuh ke tanah biar nggak memicu kebakaran.

 

2. Pilih Kayu Bakar yang Kering

Di alam bebas, nggak semua kayu bisa jadi kayu bakar. Jadi, lo harus selektif dalam memilih kayu yang tepat, Superfriends. Jangan pernah nebang pohon yang masih hidup atau mencabut semak-semak karena mungkin itu merupakan rumah bagi hewan-hewan di sana. Pilih batang atau ranting yang udah berjatuhan dan ukurannya lebih kecil dari pergelangan tangan lo. Pastiin juga kayu tersebut udah kering karena kayu yang masih hijau atau basah lebih sulit dibakar.

 

3. Jangan Ninggalin Api Sembarangan

Kalau api unggunnya udah nyala, jangan sampai ditinggalin tanpa pengawasan, ya. Kalau mau gedein apinya, lo bisa tambahin batang kayu satu-persatu biar bisa ngukur tingkat nyala api. Hindari juga bakar sampah, plastik, atau benda lain yang mudah terbakar di api unggun karena itu bisa bikin api tambah besar dan berisiko memicu kebakaran.

 

Cara Memadamkan Api Tanpa Jejak

Ilustrasi api unggun padam
Image: Pexels/Pixabay

1. Matiin Api Sampai Jadi Abu

Memadamkan api unggu tuh nggak sekadar diguyur air aja, Superfriends. Lo harus pastiin api bener-bener padam sampai jadi abu. Selain itu, cek apakah bekas api masih panas dan mengeluarkan suara mendesis. Kalau masih, jangan buru-buru ninggalin tempat ini sampai udah nggak panas lagi pas disentuh dan suara mendesis udah hilang.

 

2. Pakai Cara Ini Kalau Cadangan Air Kurang

Kalau cadangan air lo nggak cukup, lo bisa matiin api pakai tanah atau pasir yang ada di sekitar lo. Bakal lebih bagus lagi kalau tanah tersebut dalam kondisi lembap, sehingga api bisa cepat padam. Kalau lo ada sekop, lo bisa mengaduk sisa kayu bakar dengan tanah di sekitarnya sampai bara api nggak terlihat. Menutupi sisa api unggun dengan tanah dan pasir bisa menghalangi oksigen masuk, sehingga bisa mencegah api hidup lagi.

 

3. Jangan Tinggalin Jejak

Setelah api padam, jangan langsung ditinggalin, Bro. Bersihin dulu sisa lingkaran api unggun dengan menutupinya pakai tanah. Selain itu, buang sisa kayu bakar di lokasi yang jauh dari tempat lo bikin api unggun. Kalau lo punya kantong sampah, lo juga bisa bawa sisa kayu bakar tersebut dan dibuang pas udah turun dari gunung atau keluar dari lokasi perkemahan.

 

Itu tadi cara menyalakan dan memadamkan tanpa ninggalin jejak. Inget Superfriends. Lo punya tanggung jawab besar buat mencegah kebakaran pas lagi camping di alam bebas. Jadi, pastiin bekas api unggun lo bersih tak bersisa, ya. (arpd)

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#api unggun #Tips #Wilderness

Source:Popsci, Wilderness Redefined

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Deretan Ide Traveling Sambil Olahraga di Bali, Bisa Yoga hingga Surfing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Matras Camping yang Nyaman, Harga Mulai dari 40 Ribuan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Libur Panjang Lebaran, Ini Tips yang Wajib Lo Ikuti biar Tetap Sehat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Siap-siap! Ini Deretan Gunung yang Buka Lagi setelah Libur Lebaran 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Bawa Korek, Ini Cara Alternatif Bikin Api Unggun di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Kuliner Lebaran dari Berbagai Negara, Unik dan Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Anti Stres! Ini Tips Traveling saat Libur Lebaran yang Harus Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Kue Lebaran dari Berbagai Daerah, Unik dan Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Itinerary Wisata Seharian di Cirebon, Santap Empal Gentong hingga Main ke Pantai

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mudik Naik Mobil Pribadi, Ini Tips yang Wajib Lo Ikuti agar Perjalanan Lo Nyaman

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /