Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 02/01/2024

Article Category : News

Ternyata, Sumatra Utara nggak hanya punya Danau Toba aja loh, guys. Masih banyak pesona alamnya yang nggak kalah indah di wilayah ini, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso-Piso. Buat lo yang bukan orang Sumatra mungkin masih asing banget dengan air terjun yang satu ini. Yup, air terjun ini memang bisa dibilang hidden gem yang belum banyak diketahui. Padahal, keindahan, pesona dan keunikannya worth it banget buat lo kunjungi.

Mau melihat lebih dekat keindahan air terjun yang lokasinya dekat dengan Danau Toba ini? Langsung aja kita bahas selengkapnya mulai dari lokasi, alamat, daya tarik, hingga harga tiket masuknya.

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Letaknya nggak jauh dari Danau Toba, sehingga suasana alamnya masih sangat asri dan lo bisa menikmati pemandangan Sumatra Utara yang khas dari air terjun ini.

Asal-usul Air Terjun Sipiso-Piso

FYI, nama sipiso-piso ini diambil dari bahasa Batak yang berarti piso atau pisau. Kalau dilihat dari jauh, air terjun ini memang terlihat seperti sebuah bilah pisau yang tajam dan runcing. Namun, sumber lain juga ada yang mengatakan bahwa nama air terjun ini diambil dari nama Gunung Sipiso-Piso yang letaknya memang nggak jauh dari lokasi air terjun.

Aliran dari Air Terjun Sipiso-Piso berasal dari Sungai Pajanabolon yang mengalir melewati goa di kawah Toba. Dari goa tersebut, aliran sungai langsung mengalir dan jatuh membentuk garis bertikal sempurna, yang kini dikenal sebagai Air Terjun Sipiso-Piso ini.

Daya Tarik dan Pesona Alam Air Terjun Sipiso-Piso

Berada di ketinggian dan dekat dengan Danau Toba, berikut adalah beberapa daya tarik dan pesona alam yang bisa lo nikmati di Air Terjun Sipiso-Piso.

1. Air Terjun Tertinggi ke Enam di Indonesia

Fakta menarik pertama tentang air terjun ini adalah ketinggiannya yang berada di urutan ke enam sebagai air terjun tertinggi di Indonesia setelah Air Terjun Ponot, Madakaripura, Nokan Nayan, Lembah Harau, dan Batang Kapas. Air Terjun Sipiso-Piso memiliki ketinggian 120 meter dan berada di ketinggian 800 mdpl.

Lokasinya ini membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk, asri, dan menenangkan. Kondisi alam di sekitar air terjun juga masih dikelilingi oleh hutan dan perbukitan.

2. Bisa Dilihat dari Bawah dan Atas

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menikmati pemandangan dari air terjun ini, yaitu dari bawah dan atas. Kalau dari bawah, lo bisa berjalan mendekat ke air terjun dan merasakan sensasi dingin dari cipratan air. Tapi, untuk menjangkau titik air terjun lo perlu berjalan cukup jauh melewati jalur yang sudah disesuaikan.

Nah, dari atas lo bisa menyaksikan pemandangan air terjun dari pos pemantauan atau gardu pandang yang berada di atas bukit. Dari kejauhan, lo bisa melihat dengan jelas bentuk air terjun yang mirip dengan sebilah pisau.

3. Pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir

Nggak hanya melihat bentuk Air Terjun Sipiso-Piso, lo juga bisa melihat pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir yang menakjubkan dari gardu pandang di atas bukit. Lo juga bisa menyaksikan pemandangan alam lainnya seperti panorama Kabupaten Karo, persawahan, perkebunan, hingga perbukitan.

4. Aktivitas Seru

Selain melihat pemandangan air terjun, apa aja sih aktivitas yang bisa lo lakukan? Sesampainya di Air Terjun Sipiso-Piso lo bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air atau berendam di aliran air terjun. Ingat ya untuk tetap berada di titik yang aman dan selalu berhati-hati saat bermain air.

Lo juga bisa melakukan olahraga ekstrim seperti terjun payung dan paralayang dari atas bukit. Lihat pemandangan alam dari atas dan mendarat di tepi Danau Toba. Ada beberapa juga warung yang menjual aneka makanan dan minuman untuk lo bersantai di sekitar air terjun. Eits, jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya.

Harga Tiket Air Terjun Sipiso-Piso

Harga tiket masuk ke area Air Terjun Sipiso-Piso untuk dewasa adalah Rp7.500 dan untuk anak-anak Rp5.000. sementara itu, tarif parkir untuk motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Masih sangat terjangkau kan?

Rute Menuju Air Terjun Sipiso-Piso

Jarak air terjun ini dari pusat kota Karo adalah sekitar 30 km dan bisa lo tempuh dalam waktu 57 menit. Sementara, perjalanan dari Berastagi membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Lo bisa menggunakan kendaraan pribadi agar tetap nyaman selama perjalanan. Tapi, buat yang nggak punya kendaraan juga bisa menggunakan transportasi umum.

Kalau lo berangkat dari Medan, lo bisa menuju Kota Kabanjahe terlebih dahulu menggunakan bus. Setelah tiba di Terminal kabanjahe, lo bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju Merek. Dari Kecamatan Merek, lo bisa langsung naik becak motor menuju lokasi air terjun.

Setelah sampai di pintu masuk air terjun, lo masih harus melakukan trekking selama 30 menit. Lo harus menyusuri sekitar 500 anak tangga hingga mencapai titik air terjun. Maka dari itu, diperlukan fisik yang kuat dan perbekalan selama trekking.

Jalur menuju air terjun didominasi oleh trek turun sehingga lebih mudah dan cepat dilalui. Namun, perjuangan lo akan dimulai saat hendak kembali karena harus melintasi ratusan anak tangga yang menanjak.

Gimana, seru dan indah banget kan? Jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-Piso di trip lo ke Sumatra Utara selanjutnya ya, Superfriends.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#air-terjun

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lahar, Aktivitas Vulkanik Meningkat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hindari Pacet Saat Mendaki Tips Jitu untuk Tetap Nyaman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Lapangan Sepak Bola Yang Ekstrim di Indonesia Tantangan Adrenalin Bagi Para Pecinta Sepak Bolalam yang Menanti di Sekitar Stadion Euro 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda-tanda Penting di Gunung yang Wajib Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /