Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/11/2023

Article Category : News

Buat lo yang hobi naik gunung, pasti sudah nggak asing nih dengan Gunung Kerinci. Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra dan juga gunung berapi tertinggi di Indonesia. Tepatnya, gunung ini terletak di perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi, dengan provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Solok Selatan.

Gunung Kerinci terkenal akan keindahan alamnya, loh. Nggak hanya mendaki gunungnya aja, di kawasan Gunung Kerinci lo juga bisa mengunjungi beberapa spot wisata alam yang indah banget. Mana aja? Ini daftarnya.

1. Danau Kaco

Kaco memiliki makna kaca dalam bahasa setempat. Sesuai namanya ini, kejernihan air di Danau Kaco memang sebening kaca, Superfriends. Bahkan, saat di bulan purnama, kabarnya danau ini bisa memantulkan pemandangan langit yang indah.

Danau Kaco tersembunyi di antara rimbunnya Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Sesuai laman instagram Jambi Tourism, Danau Kaco memiliki luas sekitar 90 meter persegi. Meskipun lo yakin sudah jago berenang, lo harus tetap berhati-hati, karena belum diketahui berapa kedalaman danau ini. Untuk menuju Danau Kaco lo harus berjalan kaki selama kurang lebih 3-5 jam dengan rute alam yang indah khas hutan tropis yang menantang.

2. Rawa Bento

FYI, Rawa Bento termasuk ke dalam salah satu rawa tertinggi di dunia, loh. Rawa Bento terletak di ketinggian 1300 mdpl dan memiliki luas area mencapai kurang lebih 1000 hektar. Untuk menikmati keindahan rawa dan alam disekitarnya, lo bisa menaiki kano yang disewakan oleh penduduk setempat. Saat berkeliling dengan kano, lo akan melihat keindahan alam yang menakjubkan serta berbagai jenis burung yang hidup di kawasan ini.

3. Goa Kasah

Image source: tempatwisata.pro

Kalau lo ingin menyusuri keindahan tersembunyi di dalam perut bumi, langsung aja berkunjung ke Goa Kasah yang ada di Kabupaten Kerinci. Goa Kasah merupakan salah satu situs prasejarah di Kabupaten Kerinci.

Goa ini diperkirakan menjadi tempat tinggal bagi manusia purba pada zaman dahulu. Lo bisa melihat beberapa lukisan dan tulisan di dinding goa, serta kursi batu dan juga kamar dengan batu yang menyerupai tempat tidur.

Goa Kasah baru ditemukan pada tahun 1963. Goa ini memiliki panjang sekitar 150 meter dan lebar 20 meter, serta memiliki struktur yang berlorong.

4. Perkebunan Teh Kayu Aro

Tahu nggak sih, kalau ternyata letusan dari Gunung Kerinci juga bisa memberi berkah bagi tanah di kaki-kakinya. Salah satunya adalah perkebunan teh yang luas di kawasan ini. Perkebunan Teh Kayu Aro sendiri merupakan perkebunan teh peninggalan Belanda dan menjadi kebun teh pertama dan tertua yang ada di Indonesia.

Kawasan ini menawarkan pemandangan perkebunan teh yang luas, dengan barisan tanaman teh yang tertata rapi di lereng-lereng gunung. Dari Perkebunan Teh Kayu Aro, lo juga bisa menikmati pemandangan Gunung Kerinci yang megah. Biasanya, pengunjung dapat mengikuti tur yang dipandu di perkebunan teh untuk memahami proses pengolahan teh, dari perkebunan hingga pabrik pengolahan.

Jangan lupa untuk membeli teh segar dari perkebunan sebagai oleh-oleh. Teh Kayu Aro dikenal karena teh berkualitas tinggi, dan ini adalah kesempatan yang baik untuk mencicipi dan membeli teh-teh yang khas dari daerah ini.

5. Danau Kerinci

Nggak lengkap rasanya kalau ke Gunung Kerinci tapi belum mengunjungi Danau Kerinci. Danau ini merupakan bentukan dari letusan Gunung Kerinci. Sebagai danau vulkanik, ada banyak aktivitas yang bisa lo lakukan di sini.

Danau Kerinci dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, termasuk pegunungan dan hutan hujan tropis. Keindahan danau ini merupakan daya tarik utama bagi lo yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Lo juga bisa berenang, menyewa perahu untuk menjelajahi danau, memancing, hingga berkemah di pinggir danay.

Selain menikmati alam, lo juga bisa mengunjungi desa-desa lokal di sekitar Danau Kerinci untuk mengenal budaya dan kehidupan masyarakat setempat. Masyarakat di sekitar danau umumnya ramah banget kepada wisatawan.

6. Taman Nasional Kerinci Seblat

Image source: tnkerinciseblat.or.id

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) adalah rumah bagi banyak hewan-hewan dilindungi yang berada di Sumatera, seperti Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Orangutan, Badak Sumatera, dan masih banyak lagi hewan lainnya. TNKS berada di empat provinsi langsung, sehingga menyimpan banyak potensi alam yang menarik.

Selain hewan-hewan endemik, Taman Nasional Kerinci Seblat juga memiliki banyak air terjun yang indah, seperti Air Terjun Lempur, Air Terjun Pengantin, dan Air Terjun Tujuh. Air terjun ini menyajikan pemandangan yang indah dan juga menyediakan tempat yang bagus untuk berenang dan berfoto.

Lo juga bisa menyusuri sungai dan hutan hujan tropis yang menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan. Lo bisa melakukan trekking, bersepeda, atau menjelajahi hutan hujan untuk melihat keindahan alam sekitarnya.

Walaupun sudah termasuk ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO, sayangnya masih banyak oknum yang menebang pohon di kawasan taman nasional ini. So, jangan lupa berkunjung dan ikut merawat TNKS saat lo berkunjung ke Kerinci.

7. Bukit Khayangan

Untuk menikmati keindahan Kerinci dari atas ketinggian, lo bisa langsung datang ke Bukit Khayangan. Lokasinya yang berada di ketinggian 2000 mdpl memberikan lo kesempatan untuk melihat dengan jelas pemandangan Gunung Kerinci, Danau Kerinci, Desa Renah Kayu Embun, hingga Taman Nasional Kerinci Seblat. Puas banget deh pokoknya.

Seru banget kan? Ada banyak banget keindahan alam Indonesia, khususnya di kawasan Gunung Kerinci yang menunggu untuk lo eksplor. Mau datengin yang mana dulu nih, Superfriends?

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#solo traveling #danau #taman-nasional #gua #teh

Source:Superadventure

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Awas Ketemu Mereka! Tipe-Tipe Pendaki yang Sebaiknya Dihindari

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Micro Trail, Petualangan Mini untuk Jiwa yang Merdeka

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Cara Asyik Bakar Kalori dan Jaga Berat Badan dengan Naik Gunung, Apakah Benar ?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Tips Simpel Packing Carrier Biar Hiking dan Camping Makin Nyaman

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Begini Cara Atur Nafas untuk Pemula Biar Mendaki Tetap Nyaman

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Tips Ampuh Mengindari Kaki Sakit Saat Turun Gunung

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Waterbike : Cara Ramah Lingkungan untuk Menikmati Perairan Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

PAKAI PORTER SAAT MENDAKI, PERLU ATAU NGGAK?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Tersesat di Gunung? Ini Cara Kasih Sinyal Biar Lo Gak Panik!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Dari Sampah Jadi Manfaat Pentingnya Ecobrik di Dunia Pendakian

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /