Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Hiking

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 20/05/2024

Article Category : News

Hiking merupakan kegiatan yang membutuhkan persiapan matang, terutama dalam hal navigasi. Saat berada di alam terbuka, memiliki alat navigasi darat yang tepat dapat menjadi perbedaan antara petualangan yang sukses dan kebingungan yang tidak diinginkan. 

 

Nah, buat lo yang bingung bawa alat apa, tenang Superfriends! Artikel ini akan membahas tujuh alat navigasi darat yang wajib lo bawa saat hiking, serta cara penggunaannya yang efektif.

Apa itu Alat Navigasi?

Alat navigasi adalah perangkat atau instrumen yang digunakan untuk menentukan posisi dan arah di suatu wilayah atau medan tertentu. Tujuan utama alat navigasi adalah membantu seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan perjalanan atau eksplorasi dengan lebih efisien dan aman.

 

Alat navigasi dapat berupa perangkat sederhana seperti kompas, peta, atau matahari, hingga perangkat modern yang lebih canggih seperti GPS (Global Positioning System) atau jam pintar (smartwatch) yang dilengkapi dengan fitur navigasi.

 

Dengan bantuan alat navigasi, seseorang dapat mengetahui arah yang harus diambil, jarak yang telah ditempuh, serta posisi relatif terhadap titik referensi lainnya. Hal ini sangat penting terutama saat melakukan aktivitas di alam terbuka seperti hiking, camping, atau petualangan di pegunungan, di mana pengetahuan tentang arah dan lokasi dapat menjadi kunci keselamatan dan keberhasilan perjalanan.

Kompas

Kompas adalah salah satu alat navigasi paling dasar dan penting saat hiking. Dengan bantuan kompas, lo dapat mengetahui arah mata angin utara, selatan, timur, dan barat. Pastikan untuk memilih kompas yang tahan air dan memiliki jarum yang stabil untuk navigasi yang akurat.

Makanan dan Minuman

Jangan lupa bawa bekal yang bisa ngisi perut, Superfriends! Pilih yang gampang dimakan dan gak ribet, kayak roti lapis, snack kering, atau buah-buahan yang praktis. Hindari makanan yang cepet basi atau lembab.

 

Selalu bawa air minum yang cukup, jangan sampai kehausan di tengah jalan. Lo bisa bawa botol minum isi ulang biar hemat dan gak bikin sampah. Lo bisa juga bawa minuman elektrolit atau jus buat nambah energi.

Sepatu atau Sandal Gunung

Gunakan sepatu atau sandal gunung yang nyaman buat jalan di medan yang berat. Cari yang punya sol karet yang tebal dan anti-slip biar gak licin pas di trek berbatu atau berlumpur. Pastiin juga sepatu atau sandal pas di kaki, jangan terlalu ketat atau terlalu longgar.

Jaket

Pastiin lo bawa jaket yang sesuai sama cuaca di tempat hiking. Kalo di daerah dingin, pilih jaket yang tebel. Klo di daerah panas, cari jaket yang ringan dan bisa ngebantu ngademin lo.

 

Penting juga pilih jaket yang nyaman dan punya banyak kantong buat nyimpen barang penting, kayak HP, snack, atau peta. Kalo bisa, pilih jaket yang punya hoddie biar bisa nambah perlindungan buat kepala lo dari angin atau hujan.

Pencahayaan (Senter atau Headlamp)

Alat navigasi yang satu ini, penting banget Superfriends! Kalo lo hiking pas malem atau di tempat minim cahaya, pastiin bawa senter atau headlamp. Senter atau headlamp dapat membantu lo melihat jalur hiking dengan jelas dan juga membantu dalam situasi darurat. Pastiin lo bawa sumber pencahayaan yang cukup dan cadangan baterai yang mencukupi.

Tas atau Carrier

Ini kayak temen setia lo selama hiking, Superfriends! Pilih tas atau carrier yang sesuai sama kebutuhan dan durasi perjalanan lo. Kalo cuma hiking sehari, tas daypack yang gak terlalu besar udah cukup. Tapi kalo mau camping semalam atau lebih, wajib bawa carrier yang muat banyak barang.

Obat P3K

Obat P3K ini penting banget buat bawa pas hiking, biar siap ngadepin segala kemungkinan. Obat-obatan yang wajib lo bawa antara lain plester, obat antinyeri kayak parasetamol, obat antidiare, obat antialergi, dan perban. Pastiin juga bawa alat-alat kecil kayak gunting, pinset, dan alkohol untuk membersihkan luka.

 

Nah, itu dia tujuh alat navigasi darat yang wajib lo bawa saat hiking. Gimana, Superfriends? Udah siap buat hiking dengan alat navigasi yang lengkap? Dengan mempersiapkan diri dengan baik, termasuk membawa alat navigasi yang tepat, lo bisa menjelajahi alam terbuka dengan lebih percaya diri dan aman. Jangan lupa juga untuk selalu menghargai alam dan meninggalkan jejak yang baik selama perjalanan lo.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Beginner #Solo Travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Kenapa Warna Outdoor Gear Cerah? Lebih Dari Sekedar Gaya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Air Putih Pahlawan Tersembunyi di Balik Kesuksesan Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hindari Pacet Saat Mendaki Tips Jitu untuk Tetap Nyaman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Keindahan Lapangan Sepak Bola Yang Ekstrim di Indonesia Tantangan Adrenalin Bagi Para Pecinta Sepak Bolalam yang Menanti di Sekitar Stadion Euro 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda-tanda Penting di Gunung yang Wajib Diketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Survival Mode: Mengapa Kita Memerlukannya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memasak di Gunung Tips dan Trik untuk Hidangan Lezat di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RAFTING DI MUSIM HUJAN TERNYATA LEBIH MENANTANG!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menjelajahi Surga Bawah Laut Keindahan dan Keajaiban Menyelam (Diving)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ombak Dahsyat Menanti Menjelajahi Spot Surfing Terbaik di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /