Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

tanaman liar

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/01/2023

Article Category : News

Memang tak ada yang ingin tersesat sampai kehabisan persediaan makanan. Tapi sebagai langkah pencegahan, pengetahuan atas tanaman-tanaman liar yang aman untuk dikonsumsi bisa jadi bekal yang baik dalam menghadapi kondisi darurat.

Meski mungkin tidak secara langsung dan beberapa perlu direbus terlebih dahulu, tapi tanaman-tanaman liar bisa jadi opsi untuk makanan darurat. Simak beberapa di antaranya di bawah ini!

1. Honje atau Kecombrang

Image source: shutterstock.com/Mas Jono

Mulai dari daun, bunga, hingga buahnya, kecombrang atau honje bisa dikonsumsi karena masuk dalam kategori tanaman liar yang cukup aman. Pada bagian daun dan bunganya, akan memberikan rasa pahit ketika dimakan secara mentah, namun cukup lezat setelah direbus.

Bagian buahnya sendiri akan memiliki rasa yang lebih lezat. Kandungan air yang cukup banyak dalam buah honje membuatnya jadi alternatif makanan yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga mampu memasok kebutuhan cairan tubuh.

2. Beri-berian

Image source: elements.envato.com/vsoldatov7

Ini mungkin jadi salah satu tanaman liar yang paling populer di antara para pendaki gunung dan pegiat kegiatan luar ruang. Beri-berian memiliki warna merah cerah hingga keunguan, dan memiliki rasa manis dan asam yang segar.

Meski cukup terkenal, tapi buah ini tak bisa ditemukan di sembarang tempat. Hanya beberapa kawasan hutan dan alam liar yang menjadi tempat tumbuh dari pohon murbei ini. Lo pun bisa mendapatkan tenaga dan sensasi segar ketika mengkonsumsi buah yang satu ini.

3. Rebung

Image source: elements.envato.com/stoonn

Mungkin untuk Superfriends yang berasal dari area Jawa Tengah sudah tak asing dengan makanan rebung. Batang bambu muda yang bisa ditemukan di bagian pangkal rumpun bambu ini bisa dikonsumsi dan mengandung cukup banyak air.

Akan tetapi, lo tetap harus mencucinya hingga bersih terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Rebung memiliki rasa yang cenderung pahit dan pahang, namun cukup mengenyangkan dan bisa jadi opsi ketika harus mengisi perut di saat darurat, manakala berada di tengah hutan.

4. Batang Alang-Alang

Image source: elements.envato.com/chetverinka

Mungkin tak banyak dari kamu yang menduganya, tapi alang-alang adalah salah satu jenis tanaman liar yang bisa dikonsumsi sebagai makanan darurat saat lo membutuhkannya. Bentuknya sangat khas, tinggi menjulang dan meruncing di bagian ujung, membuat tanaman liar ini mudah dikenali.

Cara mengkonsumsi alang-alang adalah dengan menghisap batang di bagian dekat akar. Di sana akan muncul cairan dengan rasa yang cukup lezat dan bisa memberikan tenaga untuk kembali beraktivitas melanjutkan perjalanan.

Jika lo masih memiliki peralatan untuk memasak, daun alang-alang juga bisa dipetik, dicuci, kemudian direbus untuk dimakan seperti lalapan. Rasanya unik, sedikit manis untuk ukuran daun hijau yang direbus.

5. Berbagai Jenis Jamur

Selanjutnya, lo juga bisa mengonsumsi jamur-jamuran yang ada di berbagai tempat di hutan atau alam liar. Walaupun memiliki rasa yang cukup enak di lidah, pemilihan jamur dalam kegiatan alam bebas di kondisi darurat tidak disarankan.

Hal ini karena resiko keracunan yang bisa saja terjadi ketika lo salah mengidentifikasi jamur yang akan dimakan tersebut. Alih-alih menjadi kenyang, Superfriends bisa mengalami keracunan seperti mual, pusing, dan halusinasi serta dehidrasi. Tentu ini sangat berbahaya.

Opsi berbagai jenis jamur lebih direkomendasikan untuk orang yang sudah berpengalaman, karena sulit terdapat tingkat kesulitan tertentu untuk mengidentifikasi jamur yang bisa dikonsumsi dan yang beracun. Lo harus cermat betul dalam mengidentifikasi jamur yang bisa dimakan. 

Jamur seperti ini umumnya berwarna putih bersih, dan secara visual kurang menarik. Beberapa jenis paling umum untuk dikonsumsi adalah jamur kancing, jamur merang, jamur kuping, dan jamur tiram.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Extreme #Hiking

Source:https://blog.eigeradventure.com/tanaman-liar/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

KOMPOSISI TIM YANG BISA IKUTAN ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sweeper Si Penutup Barisan yang Punya Tanggung Jawab Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Suka Naik Gunung Harus Tahu SIMAKSI!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bikin Campervan Murah Sendiri? Bisa Kok!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Jadi Master Tahan Nafas Saat Diving? Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tetap Hangat dan Nyaman Saat Kehujanan di Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Arung Jeram: Petualangan Seru dengan Berbagai Tingkat Kesulitan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

GEAR YANG HARUS KALIAN SIAPKAN UNTUK ADVENTURE RACE!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Macam- Macam Tools Descending untuk Keamanan dan Kenyamanann

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

3 Tips Jitu untuk Menguasai Teknik Rappelling Dasar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /