Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

sherpa everest

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/10/2022

Article Category : News

Sherpa telah menjadi salah satu kata yang populer di dunia. Kata ini tidak hanya terkenal di dunia pendakian gunung, namun juga terkenal sebagai nama produk dan juga mungkin inspirasi berbagai merek dagang.

Para sherpa yang jumlahnya banyak ini, hampir selalu menjadi garda terdepan pasukan yang mencapai puncak-puncak gunung paling tinggi di dunia. Namun sherpa lebih dari sekedar pemandu pendaki gunung tinggi. 

Kehidupan sherpa dan keberanian mereka di atas gunung-gunung tak terkalahkan, membuat nama sherpa menjadi legenda. Dalam dunia pendakian gunung secara luas, sherpa dikenal sebagai simbol dari kekuatan dan ketangguhan.

Nah, berikut ini beberapa fakta sherpa everest yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja itu? Simak langsung infonya pada ulasan di bawah ini.

1. Asal muasal sherpa

Image source: shutterstock.com/abrylov

Kata sherpa sebenarnya berasal dari kata Shar-wa, yang artinya adalah orang-orang dari Timur. Sherpa, saat ini merupakan peralihan dari kata benda menjadi kata kerja atau dalam bahasa yang lebih mudah, sherpa juga telah berkembang pengertiannya menjadi sebuah profesi atau pekerjaan.

Suku sherpa berasal dari sekelompok orang yang bermigrasi dari wilayah Tibet Timur menuju Nepal sebelum kedua negeri tuan rumah Himalaya ini berpisah bahkan berperang. Di Nepal, suku sherpa kemudian memantapkan diri di Lembah Pegunungan Solukhumbu. 

Salah satu desa tertua dari asal muasal sherpa yang bermigrasi dari Tibet Timur adalah Pangboche. Ini adalah desa yang cukup populer di Nepal. Saat ini, Solukhumbu di mana desa asal muasal para sherpa itu berada, telah menjadi salah satu bagian penting dalam pendakian Everest. 

2. Tidak semua sherpa adalah pendaki gunung

Image source: shutterstock.com/michalknitl

Selain identik sebagai sebuah kata benda, kata sherpa juga menjadi sebagai sebuah profesi atau pekerjaan. Namun sherpa sama sekali gak sama dengan porter atau para pengangkut barang.

Profesi sherpa secara secara deskripsi pekerjaan adalah orang yang bertugas untuk mengatur porter, jumlah beban yang mereka bawa, dan mengatur pembayaran upah mereka. Di samping itu, sherpa juga bertanggung jawab mendirikan camp, memastikan keselamatan para pendaki, serta menjadi penghubung antara pendaki dan porter. 

Bahkan, mereka juga diserahi tanggung jawab untuk memastikan teh hangat sudah disediakan ketika para pendaki mencapai camp. Namun, gak semua orang yang bekerja di atas gunung seperti ini adalah sherpa dari etnis atau suku asli sherpa. Akan tetapi untuk pemandu pendakian yang sulit dan lebih tinggi memang pada umumnya berasal dari suku sherpa yang asli. 

3. Ketangguhan sherpa tercipta dari adaptasi genetika selama ribuan tahun

Image source: shutterstock.com/yongyut

Sherpa memiliki kekuatan di dataran tinggi tidak secara tiba-tiba. Kondisi fisik sherpa ini tercipta melalui adaptasi genetika selama ribuan tahun setelah leluhur mereka memilih tempat bermukim di wilayah gunung tertinggi di dunia.

Adaptase genetika ini memberikan banyak hal istimewa dalam tubuh seorang sherpa. Di atas ketinggian gunung yang kadar oksigennya rendah, paru-paru sherpa dapat bekerja lebih efisien. Adaptasi ini juga membentuk enzim unik yang mampu mengikat hemoglobin dengan lebih baik.

Di samping itu, produksi oksida nitrat dalam tubuh sherpa juga dua kali lipat lebih baik daripada manusia normal. Sehingga, organ vital mereka seperti hati dan jantung dapat bertahan lebih lama pada tingkat oksigen yang rendah.

4. Sherpa bukan malaikat penjaga yang gak terkalahkan

Banyak orang menuliskan kisah sherpa Everest dan menyebut mereka sebagai manusia super tak terkalahkan dengan ketangguhan dan ketahanan yang luar biasa. Namun, tahukah kamu bahwa sherpa juga sama seperti para pendaki gunung lainnya meskipun mereka dianugerahi fisik dan kekuatan yang istimewa?

Faktanya, di balik nama besar mereka, kehidupan sebagai sherpa dalam artian profesi adalah pekerjaan yang sangat berisiko. Sherpa seringkali mempertaruhkan nyawa mereka sendiri untuk memastikan klien mereka selamat dan berhasil mencapai puncak.

5. Sherpa gak selamanya tinggal di gunung

Hanya karena ia tinggal di gunung Himalaya, bukan berarti suku sherpa hanya menetap di sana dan gak terbuka pada peradaban modern. Bahkan dalam satu laporan kependudukan yang aktual, disebutkan bahwa setidaknya ada 5.000 orang sherpa yang saat ini tinggal di kota New York.

Interaksi sherpa dengan banyak pendaki gunung asing yang berasal dari berbagai belahan dunia, telah memberikan mereka ruang untuk berpencar ke berbagai negara pula. Gak sedikit dari para sherpa ini yang kemudian menikah dengan para pendaki gunung yang mengunjungi Himalaya untuk kemudian ikut ke negara pasangannya.

Dengan kondisi ini dapat disimpulkan bahwa kehidupan sherpa di Nepal sudah sangat modern pada zaman sekarang. Superfriends gak dapat lagi membayangkan bahwa sherpa adalah para pendaki gunung dengan segala teknologi dan peralatan yang ketinggalan zaman.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/selain-tangguh-ini-8-fakta-sherpa-everest-yang-jarang-diketahui/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Asal-Usul Alas Lali Jiwo Lebih dari Sekedar Mitos

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Gorpcore Gaya Pendaki yang Lagi Hits!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Asyiknya Ngacir Naik ATV di Bali Petualangan Seru yang Gak Boleh Dilewatkan!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Camping Seru? Gampang! Ini Dia Tipsnya!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

ADVENTURE RACE 2024 DAY 3!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

3 BESAR ADVENTURE RACE 2024 MEMBAWA NAMA HARUM KAMPUSNYA

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

THE WINNER ADVENTURE RACE 2024!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Adventure Race Bukan Cuma Soal Kecepatan, Tapi Juga Kekuatan Fisik!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

ADVENTURE RACE 2024 DAY 2!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Technical Meeting di ADVENTURE RACE 2024!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /