Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail-waterfall

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/08/2023

Article Category : News

Air terjun merupakan salah satu fenomena alam yang sangat menakjubkan. Wajar saja, banyak orang yang jauh-jauh datang untuk melihat air terjun di berbagai belahan dunia. Ketinggiannya, aliran air yang deras maupun tenang, dan suasana di sekitar tebing menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan.

Dari banyaknya air terjun yang ada di dunia, ada beberapa air terjun yang memegang predikat air terjun tertinggi di dunia. Bahkan, ada yang mencapai ketinggian hampir satu kilometer, loh. Beberapa di antaranya juga hanya bisa kamu nikmati dari kejauhan, seperti dari laut atau dari udara menggunakan pesawat atau helikopter. Penasaran air terjun apa saja yang menjadi tertinggi di dunia? Yuk, simak daftarnya.

1. Angel Falls, Venezuela


Angel Falls adalah air terjun tertinggi di dunia yang telah ditetapkan oleh Guinness World Records. Air terjun yang terletak di Taman Nasional Canaima, Venezuela, Amerika Selatan ini memiliki tinggi 979 meter atau sekitar 20 kali tinggi air terjun Niagara. Angel Falls juga sudah ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1994.

Hal yang menjadikan Angel Falls sangat mengesankan adalah aliran air yang mengalir dari tepi tebing gunung Auyantepui yang megah. Auyantepui adalah gunung dengan puncak yang luas, dan dari atasnya inilah air terjun ini mengalir dengan derasnya. Airnya hampir menguap sebelum mencapai tanah, menciptakan efek semburan dan menyebabkan hujan halus di sekitarnya.

Akses untuk menjangkau Angel Falls tidaklah mudah dan melibatkan perjalanan yang menantang. Kamu harus terbang dengan pesawat kecil dari kota Canaima atau menyusuri sungai dengan perahu hingga mencapai tempat yang disebut Mirador Laime. Dari sana barulah kamu bisa melihat air terjun ini dari kejauhan.

2. Tugela Falls, Afrika Selatan


Tugela Falls menjadi air terjun tertinggi kedua di dunia yang terletak di Afrika Selatan. Air terjun ini terletak di Pegunungan Drakensberg di Provinsi KwaZulu-Natal. Ketinggiannya mencapai sekitar 948 meter dan terdiri dari serangkaian terjun yang mengalirkan air dari sumber sungai Tugela yang berada di dataran tinggi Lesotho.

Tugela Falls memiliki dua puncak utama, yaitu Tugela Upper Falls dan Tugela Lower Falls. Upper Falls adalah bagian pertama air terjun yang mencapai ketinggian sekitar 411 meter dan menuruni tebing dengan kemiringan yang curam. Lower Falls adalah bagian kedua yang terletak lebih rendah dan mencapai ketinggian sekitar 339 meter. Kedua bagian ini menyatu membentuk air terjun Tugela yang indah.

Saat musim semi atau musim hujan, air terjun ini berlimpah dengan air dari salju yang mencair di Pegunungan Drakensberg. Pada musim lainnya, aliran air mungkin tidak sebesar itu, namun pemandangan dan keindahan alam di sekitar Tugela Falls tetap memikat setiap mata yang menyaksikannya.

3. Tres Hermanas, Peru