Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Tokoh Reog Ponorogo Paling Penting Perannya

Author :

Article Date : 13/03/2020

Article Category : In Depth

Terlepas dari daerah asalnya, atraksi Reog selalu berhasil menyedot perhatian warga. Atraksi yang atraktif tentu saja tak lepas dari peran yang mengagumkan setiap pemain dalam memerankan tokohnya. Misalnya, tokoh singo barong yang memakai topeng dengan berat 50-60 kg dengan cara digigit. Seru banget kan bro?  Ini dia tokoh-tokoh seru lainnya, dalam kesenian Reog Ponorogo. 

[readalso url=21277]

1. Jathil

Jathil Reog ponorogo

Image source: kratonpedia.com

Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan Jathil, prajurit berkuda yang menari sambil berkuda. Tarian ini dibawakan oleh penari di mana jarak antara penari yang satu dengan yang lainnya saling berpasangan. Ketangkasan dan kepiawaian dalam berperang di atas kuda ditunjukkan dengan ekspresi atau semangat yang energik sang penari.

Jathilan seringkali diperankan oleh laki-laki yang mempunyai wajah halus, berparas tampan atau mirip dengan wanita yang cantik. Gerak tarinya pun lebih cenderung feminin. Tak jarang pemeran Jatilan dimainkan oleh perempuan yang dirias seperti laki-laki, dengan alasan lebih feminin. Kesan gerak tari yang dipancarkan oleh tokoh Jathilan, lebih cenderung pada halus, lincah, dan cekatan.

2. Warok

Warok Reog ponorogo

Image source: Flickr/Jidat

Berasal dari kata wewarah yang berarti manusia bertekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih. Warok adalah wong sugih wewarah yang berarti orang yang kaya akan wewarah.

Seseorang bisa menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pelajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik. Tokoh warok adalah orang yang sudah sempurna dalam sopan santun, perilaku hidupnya, dan sampai pada pendalaman batin

Warok merupakan karakter/ciri khas dan jiwa masyarakat Ponorogo yang telah mendarah daging sejak dahulu yang diwariskan oleh nenek moyang kepada generasi penerus, agar menjadi pegangan hidup. 

3. Singo Barong

Singo Barong Reog ponorogo

Bulu-bulu merak ditancapkan hingga benar-benar mirip seperti kipas berukuran raksasa. Topeng singa dengan hiasan bulu merak yang indah tersebut di gadang-gadang memiliki berat mencapai 50–60 kg. Topeng yang berat ini dibawa oleh penarinya dengan gigi. Tokoh ini dinamakan Singo Barong

Singo Barong adalah tokoh dan penari berkepala macan dengan hiasan merak dan paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo. Bagian-bagian topengnya antara lain; kepala harimau yang terlihat ganas. Terbuat dari kerangka kayu, bambu dan rotan, ditutup dengan kulit macan gembong atau harimau jawa.

Sedangkan untuk dadak merak atau kerangka yang terbuat dari bambu dan rotan sebagai tempat menata bulu merak untuk menggambarkan seekor merak sedang mengembangkan bulunya dan menggigit untaian manik-manik.

Ada lagi Krakap, terbuat dari kain warna hitam yang disulam, merupakan aksesori dan tempat menuliskan identitas grup Reog. Dadak merak ini berukuran panjang sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,30 meter. 

[readalso url=21276]

4. Prabu Klono Sewandono

Prabu Klono Sewandono Reog Ponorogo

Image source: myimage.id

Prabu Klono Sewandono atau Raja Klono adalah seorang raja yang sangat sakti mandraguna, memiliki pusaka andalan berupa senjata khas yang sangat ampuh untuk melumpuhkan semua musuh-musuhnya, dengan sebutan Pecut Samandiman ke mana saja pergi.

Kegagahan sang Raja direpresentasikan dalam gerak tari yang sangat lincah namun tetap berwibawa. Dalam suatu cerita, Prabu Klono Sewandono berhasil menciptakan kesenian indah hasil dari karya ciptanya untuk menuruti permintaan Putri sang kekasih pujaan hatinya. Dalam keadaan mabuk asmara maka gerakan tariannya pun kadang menggambarkan seorang yang sedang kasmaran. Bucin gitu, bro.

5. Bujang Ganong

Bujang Ganong Reog Ponorogo

Image source: commons.wikimedia.org

Bujang Ganong atau yang akrab disebut dengan panggilan Patih Pujangga Anom, salah satu tokoh yang energik, jenaka sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri yang cukup memacu adrenalin, sehingga setiap penampilannya selalu ditunggu-tunggu oleh penonton khususnya anak-anak.

Bujang Ganong merepresentasikan sosok seorang raja muda yang cekatan, mempunyai kemauan keras, cerdik, jenaka, namun tetap atraktif.

Jadi bagaimana informasi seputar tokoh Reog Ponorogo di atas? Ponorogo memang jadi tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
In Depth

Jack Wolfskin, Sukses Jadi Merek Outdoor Ramah Lingkungan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Kenalan Sama Para Daredevil dari Berbagai Negara di Dunia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Madu Ternyata Punya Manfaat Buat Kesehatan Para Pendaki

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Chicama, Ombak Pertama yang Dilindungi Secara Hukum di Dunia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Mengenal Bunga Daisy yang Terhampar di Puncak Gunung Prau

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Mengenal Sistem Pulley Pada Vertical Rescue, Seperti Apa?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Bukan Sungai, Arung Gelombang Justru Dilakukan di Laut

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
In Depth

Tentang Sejarah dan Tujuan Mountain Climbing yang Perlu Lo Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /