Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Lo Harus Tau Nih, Fakta Keren di Balik Wearpack!

Author :

Article Date : 07/07/2021

Article Category : Gear

Superfriends, pernah melihat gladiator yang memakai baju besi serta perisainya dan siap buat bertarung? Nah, hal ini juga berlaku bagi para pembalap MotoGP yang menggunakan wearpack dan siap beradu cepat.

By the way, ingat insiden kecelakaan di MotoGP Austria musim 2020 nggak, Superfriends? Pada insiden tersebut Johann Zarco dan Franco Morbidelli terlibat insiden yang membuat mereka terjatuh lumayan parah.

Bahkan, motor keduanya hancur lebur berantakan. Tapi anehnya, Johann Zarco dan Franco Morbidelli nggak mengalami cedera serius. Inilah salah satu manfaat wearpack buat para pembalap MotoGP, Superfriends.

Bukan cuma itu, baju tempur para pembalap ini ternyata punya sejumlah fakta menarik lainnya, lho. Berikut ini beberapa fakta keren wearpack MotoGP yang wajib lo simak sampai habis, Superfriends!

[readalso url=23365]

Mayoritas Menggunakan Bahan Dasar Kulit Kanguru

Image source: iwanbanaran.com   

Fakta keren wearpack MotoGP yang pertama yaitu mayoritas produsen sudah menggunakan bahan dasar kulit kanguru, Superfriends. Kulit sapi memang pernah juga digunakan sebagai bahan dasarnya. Tapi, kini ada bahan kulit kanguru yang kualitasnya lebih bagus.

Jeremy Appleton dari Alpinestars menjelaskan kulit kangguru dipilih karena memiliki sifat lentur dan ringan tapi punya kekuatan yang luar biasa. Dilansir laman IDN Times dari Redbull, tebal bahan kulit kanguru bisa sampai 1,2 atau 1,4 millimeter dan sangat kuat, sehingga bisa menahan gesekan saat terjatuh, Superfriends.

Ada Sisipan Bahan Termoplastik di Bagian Siku, Bahu, dan Lutut

Image source: motorplus-online.com

Bagian siku, bahu, dan lutut bisa dibilang menjadi beberapa spot penting tubuh pembalap yang harus dilindungi secara ekstra, Superfriends. Pada kompetisi MotoGP bagian-bagian tersebut ternyata dilindungi oleh wearpack yang dilapisi bahan jenis termoplastik, lho.

Bahan ini sangat kuat dan juga sangat fleksibel sehingga bisa dibongkar-pasang. Bahan ini mengurangi dampak gesekan yang terjadi pada siku dan lutut ketika pengendara sedang berbelok miring.

Tujuannya, biar manuver bisa dilakukan dengan nyaman dan halus meski lutut sedang bergesekan dengan aspal. Kalau crash atau terjatuh, bagian ini juga otomatis sudah sangat aman dari gesekan, Superfriends.

[readalso url=23305]

Punya Fitur Airbag

Ternyata, setiap racing suit atau wearpack yang digunakan oleh pembalap sudah dilengkapi sensor yang bisa mengeluarkan airbag secara otomatis apabila pembalap terempas atau terpelanting ke aspal lho, Superfriends.

Dengan ketebalan 4 hingga 5cm, airbag ini bakal keluar dalam waktu sekitar 0,3 detik, dan bakal melindungi keseluruhan tubuh bagian atas pembalap saat kecelakaan. Canggih banget kan, Superfriends?

Punya Punuk Multifungsi

Punuk di bagian belakang terbuat dari bahan yang cukup kuat, bahkan bisa melindungi helm biar nggak langsung bergesekan dengan aspal atau tanah saat pembalap terjatuh ke belakang lho, Superfriends.

Selain itu, bagian punuk ini juga menjadi tempat tabung yang menyimpan air dengan selang yang terhubung ke mulut pembalap, sehingga pembalap bisa minum sewaktu-waktu saat balapan untuk tetap menjaga konsentrasi dan terhindar dari dehidrasi.

Sejuk dan Nyaman Dipakai Meski Terlihat Tebal

Kalau lo perhatikan, terdapat cukup banyak lubang yang terletak hampir di setiap bagian wearpack, seperti pada bagian depan dada, lengan, kaki, dan punggung dekat pundak, Superfriends.

Lubang-lubang tersebut berfungsi sebagai sirkulasi udara di bagian dalam baju sehingga pembalap bisa tetap merasa sejuk saat balapan.

Itulah beberapa fakta keren dari wearpack MotoGP. Semoga bisa bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan ya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/yohanes-nugroho/lindungi-pembalap-saat-kecelakaan-ini-kecanggihan-wearpack-motogp/5

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Gear

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Kenalin Teknologi Helm Sepeda Terbaik, Udah Punya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Cara Cek Suspensi Mobil Buat Perjalanan Jauh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Jangan Asal Pilih Wireless Earbuds Buat Olahraga, Ini Caranya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Celana Kargo, Bawahan Paling Simple Buat Traveling dan Mendaki

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Rekomendasi Style Anti Monoton Buat Para Pendaki Tangguh!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Ciri-ciri Tas Gunung Murah Tapi Kualitasnya Sempurna

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Kenali Teknik Penggunaan Equalizing dan Anchor Pada Panjat Tebing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Cara Memilih Jaket Windbreaker Buat yang Suka Sepedaan

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /