Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Jenis Panjat Tebing yang Perlu untuk Lo Ketahui agar Cepat Menguasainya!

Author :

Article Date : 16/01/2020

Article Category : Extreme Action

Panjat tebing merupakan sebuah kegiatan menantang yang mengharuskan lo memiliki kondisi fisik serta mental kuat dan juga merupakan salah satu bagian dari banyak olahraga alam bebas dan merupakan bagian dari mendaki gunung yang harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Tak hanya itu saja, panjat tebing ternyata juga memiliki beberapa jenis loh.

 

Olahraga ini juga biasa dilakukan pada daerah berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan dan mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bagian tubuh yang paling penting atau menjadi fokus dalam panjat tebing ialah kekuatan jari jemari, kekuatan tangan serta ketahanan fisik lo.

 

[readalso url=21025]

 

Peralatan yang digunakan pada panjat tebing sendiri tidak untuk membantu memanjat, namun hanya digunakan untuk pengaman. Sehingga selebihnya benar-benar mengandalkan kekuatan fisik. Nah, buat lo yang ingin memulai olahraga ini, tentunya lo harus mengetahui beberapa jenis yang ada di dalamnya. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa!

 

Macam-Macam Jenis Panjat Tebing – Panjat Tebing Bebas

5 Jenis Panjat Tebing yang Perlu untuk Lo Ketahui agar Cepat Menguasainya! Credit: nationalgeographic.com.au

 

Jenis pertama yang patut untuk lo ketahui jenis dari olahraga ini ialah panjat tebing bebas. Biasanya jenis satu ini dilakukan pada alam terbuka seperti tebing curam atau gunung. Lalu untuk menyusuri rutenya tidak disertai tim keselamatan, namun sejatinya panjat tebing enggak ada bedanya dengan panjat tebing pada umumnya.

 

Lo akan benar-benar merasakan kebebasan dalam jenis satu ini, pengalaman melakukan olahraga ekstrem di alam bebas pun menjadi sebuah pengalaman yang akan lo dapatkan. Bukan hanya itu saja, tentunya kekuatan fisik menjadi faktor paling krusial.

 

Keterampilan jari-jari dan menggunakan tali jgua menjadi kunci uatama dalam panjat tebing bebas. Sehingga sangat disarankan untuk menguasai beberapa kemampuan tersebut hingga matang, baru lo bisa melakukan olahraga jenis ini. Bisa dikatakan juga kalau panjat tebing bebas memiliki tingkat kesulitan tinggi.

 

Macam-Macam Jenis Panjat Tebing – Bouldering

5 Jenis Panjat Tebing yang Perlu untuk Lo Ketahui agar Cepat Menguasainya! Credit: .praguemorning.cz

 

Bouldering merupakan jenis panjat tebing berikutnya yang perlu untuk lo ketahui. Jenis ini merupakan panjat tebing yang tebingnya tergolong pendek. Rute yang dilalui pun tidak begitu panjang. Namun terkadang rutenya juga diberikan rintangan biar semakin seru.

 

Oleh sebab itu, tak jarang apabila rutenya dibuat bertingkat dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Dengan begitu sistem keamanan dari olahraga jenis ini biasanya tidak mesti menggunakan tali, melainkan sistem keamanannya.

 

Biasanya pada jenis olahraga jenis ini, alat keamanannya merupakan atau menggunakan papan atau matras yang empuk lalu diletakkan di bawah panjat tebing. Bouldering sendiri bisa menjadi langkah awal untuk lo bisa menguasai panjat tebing itu sendiri.

 

Macam-Macam Jenis Panjat Tebing – Toproping

5 Jenis Panjat Tebing yang Perlu untuk Lo Ketahui agar Cepat Menguasainya! Credit: .climbmaxnc.com

 

Berikutnya jenis panjat tebing yang perlu untuk lo ketahui ialah Toproping. Jenis ini diibaratkan dengan tali timba di sumur. Ember dianggap sebagai pemanjat, penimba dianggap sebagai pembelay sedangkan katrol dianggap sebagai jangkar pengaman (anchor) yang berada di puncak tebing.

 

Ketika pemain mulai memanjat tali yang mengambang atau terulur ditarik oleh pembelay sehingga jika pemanjat atau pemain tidak akan jatuh ke tanah melainkan menggantung seperti ember timba yang menggantung ditengah sumur.

 

Setelah pemanjat sampai di puncak, pembelay mengulurkan tali untuk menurunkan si pemanjat ke tanah. Kalau lo memang ingin memulai bermain panjat tebing, ini bisa menjadi langkah pertama yang akan membuat lo melancarkan segala kemampuan fisik serta mental.

 

Macam-Macam Jenis Panjat Tebing – Lead Climbing

5 Jenis Panjat Tebing yang Perlu untuk Lo Ketahui agar Cepat Menguasainya! Credit: riomountainsports.com

 

Kalau lo sudah lancar bermain panjat tebing, ini merupakan jenis permainannya yang perlu untuk lo lakukan. Pendakian lead climbing ialah pendakian yang dilakukan selama berhari-hari. Panjat tebing pendakian jenis lead climbing dilakukan pada perjalanan pendakian gunung atau berkemah.

 

Sehingga dalam pendakian lead climbing peserta harus membawa tenda dan bekal untuk istirahat, tidur dan makan. Panjat tebing ini juga memiliki tiga jenis loh, yaitu Ice Climbing, Mixed Climbing dan Mountaineering/ Alpine Climbing.

 

Dengan kata lain untuk lo bisa melakukan Lead Climbing, lo mesti memiliki pengalaman serta keterampilan yang benar-benar sudah terasah. Sehingga buat lo yang baru atau pemula, sangat disarankan untuk tidak mencobainya. Lebih baik menguasainya jenis lainnya dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah.

 

Macam-Macam Jenis Panjat Tebing – Solo Climbing

5 Jenis Panjat Tebing yang Perlu untuk Lo Ketahui agar Cepat Menguasainya! Credit: /wia.id

 

Solo Climbing merupakan jenis panjat tebing yang paling ekstrem karena lo benar-benar melakukannya hanya mengandalkan kekuatan fisik. Hampir memiliki panjat tebing bebas, hanya saja aktivitas ini dilakukan solo dan tidak dilindungi tali.

 

Meski tanpa perlindungan tali panjat tebing yang dilakukan masih cukup karena lokasi pendakian di bawahnya terdapat kolam ataupun laut. Sehingga bila pemanjat atau pemain terjatuh, tetap aman. Yaap, bisa dikatakan ini merupakan jenis panjat tebing yang paling sulit untuk dilakukan.

 

Jelas kalau Solo Climbing merupakan jenis panjat tebing yang paling sulit, bukan hanya dari kondisi fisik lo saja yang diperhitungkan, namun mental lo juga menjadi perhitungan lainnya yang wajib lo kuasai. Bayangkan saja, lo benar-benar akan memanjat tebing dengan ketinggian ekstrem tanpa adanya bala bantuan loh.

 

**

 

[readalso url=21023]

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar jenis-jenis panjat tebing? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo ketika benar-benar ingin menguasainya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi serta mencari tahu mengenai apapun yang lo sukai yaa!

 

Source: male.co.id

 

 

 

Featured Image: klook.com

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Profil dan Cerita Tentang Chris Sharma Legenda Pendakian

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Mengenal Bushcraft, Aktivitas Outdoor yang Beda dengan Survival

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

5 Jalur Pendakian Gunung Salak Favorit Pendaki Indonesia

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Info Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Pemula Wajib Tahu!

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Extreme Action

Penyebab Pendaki Tersesat Saat Naik Gunung, Perhatikan!

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /