Salah satu tahapan untuk membuka bisnis maupun mengembangkan suatu bisnis, produk, ataupun layanan baru, pengusaha perlu melakukan riset pasar. Tujuannya untuk mengenali pasar, pelanggan, serta kompetitor.
Riset pasar adalah penelitian yang dilakukan secara langsung dengan pelanggan potensial untuk menentukan kelayakan layanan atau produk baru. Riset pasar memungkinkan lo menemukan target pasar yang dituju, serta memperoleh pendapat dan umpan balik lainnya dari konsumen tentang minat mereka pada produk atau layanan.
Lo dapat melakukan riset pasar sendiri atau internal perusahaan sendiri, maupun menggunakan pihak ketiga yang merupakan ahlinya dalam riset pasar. Riset pasar bisa lewat survei, pengujian produk, dan lainnya. Jika lo menjalankan riset pasar sendiri, berikut cara mudahnya!
Lakukan survei dan pelajari target konsumen
Image source: unsplash.com/@jasongoodman_youxventures
Lo tentu nggak tahu bagaimana kondisi suatu pasar yang sesungguhnya tanpa melakukan survei. Makanya penting melakukan survei pasar sebelum suatu bisnis resmi dioperasikan atau produk diluncurkan.
Baca juga : Inspirasi Bisnis yang Lumayan Berpotensi di Wilayah Pedesaan
Survei nggak hanya berguna untuk melihat situasi dan kondisi tempat bisnis saja, tetapi juga mengamati kebiasaan dan perilaku konsumen dalam membeli. Apakah konsumen lebih mengedepankan kualitas atau harga produk yang murah?
Jika nyatanya konsumen di sekitar lebih suka barang murah, tapi memiliki kualitas lumayan, maka barang seperti ini yang cocok dijual, bukan barang mahal.
Pahami Kompetitor
Imagee source: unsplash.com/@uxindo
Ibarat masalah yang nggak akan pernah ada habisnya, seperti itu jugalah persaingan dalam bisnis. Akan selalu ada dengan tingkat yang berbeda. Penting untuk peka terhadap segala macam persaingan yang ada di sekitar.
Dengan begitu, lo dapat membuat perbaikan serta strategi pemasaran yang tepat, termasuk strategi antisipasi untuk menangkal persaingan tersebut agar nggak berdampak buruk bagi bisnis lo ke depan.
Mencari tahu inovasi yang dibutuhkan konsumen
Image source: pexels.com/@kampus
Menjaga komunikasi dengan pembeli adalah hal yang penting dalam dunia bisnis. Tanpa komunikasi yang baik, melakukan sejumlah inovasi terasa sulit karena lo butuh “suara” mereka untuk memperbaiki kinerja bisnis menjadi lebih bagus.
Buat semacam kuesioner atau langsung bertanya terkait saran atau produk apa yang pembeli harapkan di kemudian hari. Selanjutnya, lo tinggal mempertimbangkan semua saran dari pembeli.
Perlu diingat, setiap inovasi yang berasal dari saran konsumen harus tetap menonjolkan ciri khas bisnis lo yang sesungguhnya. Ciri khas inilah yang membuat produk atau layanan lo berbeda dengan kompetitor.
Bersikap Ramah
Image source: unsplash.com/@claybanks
Dalam melakukan riset pasar harus mengedepankan sikap ramah. Karena lo membutuhkan bantuan orang lain untuk memudahkan proses survei. Gunakan kata atau kalimat yang sopan ketika riset pasar.
Apakah itu dengan kuesioner ataupun tanya jawab. Dengan begitu, mereka akan membantu lo dengan senang hati. Dalam praktiknya nanti, mereka pasti akan bertanya tentang jenis bisnis yang lo akan jalankan atau produk yang bakal dirilis.
Bisa saja sebelum beredar, produk atau bisnis lo sudah menjadi buah bibir di masyarakat. Ini akan menghemat biaya promosi. Jadi, tetap pertahankan sikap ramah karena lo menjalankan sebuah usaha.
Baca juga : Cara Ampuh Buat Memulai Bisnis Rempah yang Lumayan Menjanjikan
Di mana konsumen adalah raja, sehingga belajar untuk terus meningkatkan pelayanan agar konsumen selalu merasa puas.
Lakukan tes pasar
Cara melakukan riset pasar berikutnya adalah tes pasar. Untuk melihat respon atau reaksi konsumen terhadap produk atau layanan yang akan lo jual. Contoh tes pasar, memberikan sample produk gratis sebelum resmi di lempar ke pasaran dalam skala yang lebih besar.
Kalau buka bisnis kopi kekinian misalnya, bagi-bagi kopi gratis. Melakukan tes pasar membutuhkan biaya cukup besar. Namun demikian, tes pasar ini adalah salah satu cara agar produk lo sukses dan diterima masyarakat atau konsumen.
Dari tes pasar ini, lo bisa tahu apakah produk lo sudah layak jual atau masih memerlukan sejumlah perbaikan. Alhasil, produk yang nantinya dijual kepada konsumen adalah produk unggulan dan berkualitas.
ARTICLE TERKINI
Source:https://umkm.kompas.com/read/2022/03/05/110000883/cara-melakukan-riset-pasar-untuk-menangkan-persaingan?page=all#page2
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :