Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mengatur Keuangan untuk Traveling

Author : Admin Adventure

Article Date : 05/08/2022

Article Category : Tips

Anggaran bisa dibilang memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam traveling. Tapi, sebenarnya ada beberapa cara mengatur keuangan untuk traveling tanpa pusing, lho.

By the way, menikmati eksotisnya pemandangan di lokasi traveling impian memang sangatlah menyenangkan. Nggak heran, jika ada orang-orang yang rutin menyempatkan waktunya untuk traveling ke destinasi wisata impiannya.

Disamping itu, aktivitas impian banyak orang ini pasti bakal menghabiskan banyak biaya. Mulai dari biaya transportasi, makan, penginapan, sampai biaya cendera mata tentu seringkali membuat para traveler berpikir seribu kali ketika ingin berangkat traveling. 

Nah, kalau lo mau rutin traveling tanpa harus mikirin keuangan, mending simak lengkap beberapa cara cara mengatur keuangan untuk traveling tanpa pusing berikut ini, Superfriends!

Pilih Destinasi Sesuai Kemampuan Kantong

Image source: shutterstock.com/Xcid

Tanamkanlah optimisme yang akan menggerakkan otak dan memerintahkan seluruh kekuatan tubuh untuk bisa melakukan traveling. Tentunya, jangan dulu bermimpi terlalu jauh untuk melihat menara Eiffel di Paris atau berfoto dengan latar belakang patung Liberty di New York, Superfriends.

Tentukan destinasi yang masuk akal sesuai kondisi dan kemampuan keuangan. Simpan mimpi-mimpi tersebut sebagai motivasi untuk diri lo sendiri, Superfriends. Mimpi itu pasti bakal memacu semangat untuk bekerja dan menabung lebih giat.

Energi inilah yang dimiliki para backpacker, sehingga mereka selalu bisa traveling kemana pun dengan cara apapun. Dengan semangat tersebut lo juga bisa kok, Superfriends. Namun, untuk saat ini tentukan destinasi traveling ke tempat wisata yang masih bisa terjangkau.

Catat Anggaran Pengeluaran Sedetail Mungkin

Image source: shutterstock.com/kitzcorner

Seorang backpacker pasti bakal mencatat sedetail mungkin semua pengeluaran yang akan dikeluarkan. Nah, lo juga bisa meniru kebiasaan ini, Superfriends. Catat dulu destinasi yang dituju, diikuti dengan itinerary yang lo inginkan.

Setelah itu, catat sedetail mungkin perkiraan pengeluaran selama traveling, mulai dari transportasi, tiket masuk wisata, penginapan sampai konsumsi yang harus dikeluarkan. Ketika semua detail pengeluaran sudah tercatat jelas, lo tinggal menunggu tabungan mencapai target biaya yang dibutuhkan, Superfriends.

Kalau bisa, alokasikan dana tak terduga, sebab lo nggak akan tahu apa yang akan terjadi di saat traveling. Sisihkan juga dana untuk asuransi perjalanan, tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. 

Untuk menghemat biaya, lo bisa memesan tiket transportasi pulang-pergi jauh-jauh hari supaya mendapatkan harga terbaik, Superfriends.

Siasati dengan Mencari Sumber Dana Tambahan

Image source: unsplash.com/@fakurian

Gaji atau uang saku tidak mencukupi untuk mengisi tabungan wisata? Seorang backpacker sejati pasti bakal mencari segala cara untuk bisa menabung demi rencana traveling impiannya. 

Termasuk mencari sumber dana tambahan dari pekerjaan sampingan, Superfriends. Ikuti semangat dan tekad ini dengan mencari pekerjaan tambahan. Ini adalah salah satu solusi yang paling masuk akal. 

Putar otak untuk menentukan pekerjaan tambahan apa yang bisa lo lakukan, Superfriends. Manfaatkanlah segala fasilitas dan juga potensi yang ada di dalam diri. Kalau lo punya keahlian khusus seperti desain grafis, melukis, menjahit atau memasak, manfaatkan kelebihan lo. 

Lo juga bisa juga memberikan les atau kursus atas keahlian tersebut itu pada orang yang membutuhkan, Superfriends.

Bikin Rencana Tabungan Harian, Mingguan dan Bulanan

Image source: unsplash.com/@gabriellefaithhenderson

Tentukanlah destinasi traveling yang menurut lo biayanya paling masuk akal, Superfriends. Perkirakanlah pengeluaran yang dibutuhkan untuk menuju destinasi tersebut. Jangan lupa juga untuk rencanakan tanggalnya juga, Superfriends.

Lalu, buatlah timeline untuk rencana menabung sesuai kondisi keuangan lo yang sebenarnya. Setelah membuat timeline, lo juga harus berkomitmen untuk menepatinya. Sekali lo mangkir dengan alasan apapun, pasti akan diikuti mangkir-mangkir berikutnya. Jagalah komitmen ini untuk menabung sesuai timeline, Superfriends.

Pastikan lo menjalani traveling sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya. Kalau perlu, pesanlah tiket pulang-pergi dari awal biar nggak ada alasan lagi untuk mangkir dari kewajiban menabung ini, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Solo Travelling #Beginner

Source:https://review.bukalapak.com/travel/ingin-travelling-terus-ini-tips-menabung-ala-backpacker%20-71667

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

Teknik Menentukan Arah Tanpa Kompas Paling Efektif

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Cara Tepat Memilih Kendaraan Rental Saat Traveling

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Hindari Mendaki Gunung Jika Punya Riwayat Penyakit ini, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Mau Ke Bali? Catat Itinerary ke Bali 4 Hari 3 Malam Ini!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah, Jangan Sampai Kelewatan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Pede Berteman dengan Orang Banyak saat Traveling

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Mengenal Teknik Dasar Navigasi Darat Buat Pendaki Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Hal Penting yang Wajib Lo Pertimbangkan Ketika Memilih Kompor Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Alasan Krusial Betapa Pentingnya Baterai Cadangan Kamera, Sudah Punya Belum?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Perhatikan Hal Ini Saat Pertama Kali Mendaki Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /