Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

abseiling

Author : Admin Adventure

Article Date : 06/08/2022

Article Category : Tips

Abseiling merupakan aktivitas ekstrem yang dilakukan dengan menuruni tebing, air terjun, atau bahkan gua dengan ketinggian tertentu menggunakan tali atau alat pengaman lainnya. Kegiatan ini biasa dilakukan ketika hendak menuju tempat yang gak bisa dijangkau dengan jalan kaki atau untuk menjangkau tempat baru yang tersembunyi berada di bawah tebing atau gua.

Peralatan yang dibutuhkan sama dengan panjat tebing, hanya saja untuk aktivitas abseiling berfokus bagaimana menuruni tebing curam dengan baik. Supaya gak bingung dalam melakukannya, berikut lima tips mudah yang bisa dilakukan jika lo mau coba abseiling.

1. Pilih lokasi abseiling yang gak terlalu curam

Image source: unsplash.com/@nicosmit99

Langkah pertama yang harus lo lakukan adalah memilih lokasi yang tepat. Tentu tiap lokasi memiliki tingkat kesulitan tersendiri mulai dari akses, karakter bebatuan, hingga tingkat kecuraman atau ketinggiannya.

Namun kalau lo seorang pemula, pilihlah lokasi dengan tingkat kesulitan rendah, akses mudah, dan gak terlalu curam. Pemilihan lokasi yang tepat tentu akan memudahkan lo untuk mempelajari teknik dasar abseiling, memahami medan, dan mudah melakukan praktik untuk pertama kali.

2. Siapkan peralatan keamanan yang memadai

Image source: unsplash.com/@tlisbin

Hal yang gak kalah penting adalah menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang lengkap dan memadai. Sebetulnya alat yang digunakan sama saja dengan panjat tebing, seperti tali, carabinner, harness, tali slings, sepatu, kaus tangan, dan sebagainya.

Selain itu jangan gunakan pakaian dengan bahan berbobot berat seperti jeans. Kenakanlah pakaian yang ringan, mudah menyerap keringat, dan elastis untuk mendukung gerakan ketika menuruni tebing. Jangan lupa juga untuk mengecek semua peralatan yang akan digunakan dan pastikan semuanya dalam kondisi siap digunakan, serta gak ada yang rusak atau tertinggal.

3. Pasang alat pengaman sesuai dengan fungsinya

Image source: unsplash.com/@brookanderson

Setelah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan telah disiapkan, Superfriends perlu memasang alat dan perlengkapan tersebut sesuai dengan fungsinya. Kaitkan tali ke tumpuan yang sudah dipastikan kuat seperti batu atau pohon yang bisa menahan beban tubuh.

Lalu pasangkan harness, tali pengait, chalk bag, dan carabiner dengan benar di badan. Setel perlengkapan tersebut sampai merasa nyaman saat mengenakannya, karena kalau gak nyaman akan sangat mengganggu aktivitas menuruni tebing.

4. Turun secara perlahan