Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

thumbnail

Author : super

Article Date : 11/09/2023

Article Category : News

Setelah lama berselang, euforia Piala Dunia 2022 Qatar seakan masih terasa. Bagaimana tidak, dalam perhelatan sepak bola akbar tersebut, menorehkan gol terbanyak sepanjang sejarah. Total 172 gol tercipta, melampaui edisi Prancis 1998 dan Brasil 2014. 

 

Badan sepak bola dunia FIFA, kemudian mengumumkan daftar 10 gol yang masuk nominasi Goal Of The Tournament alias gol terbaik Piala Dunia 2022. Beberapa di antaranya berasal dari pemain terbaik Richarlison, Neymar, hingga Kylian Mbappe. Berikut ulasan lebih lengkapnya!  

 

Salem Al-Dawsari 

Image source: indianexpress.com

 

Salem Mohamed Al-Dawsari adalah pemain sepak bola berkebangsaan Arab Saudi yang bermain untuk Al-Hilal FC sebagai pemain sayap. Namanya tentu sudah tidak asing lagi, ya. Al-Dawsari mencetak satu gol dan berhasil menang melawan tim langganan juara Argentina 2-1, di fase grup Piala Dunia 2022. 

 

Al-Dawsari menjebol gawang Argentina yang dikawal Emiliano Martinez dengan sebuah sepakan deras kaki kanan dari ujung kotak penalti. Momen ini merupakan salah satu kejutan paling besar di Piala Dunia 2022. Walau Arab Saudi kemudian gagal lolos dari fase grup, Al-Dawsari punya catatan yang bagus. Pemain berusia 31 tahun itu mampu mencetak dua gol dari tiga laga yang dimainkan.

Richarlison (Brasil vs Serbia) 

Image source: goal.com

Richarlison de Andrade adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Brasil yang bermain sebagai penyerang (striker) untuk klub Liga Utama Inggris Tottenham Hotspur dan tim nasional Brasil. Richarlison masuk dalam skuad Brasil untuk Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

 

Richarlison merupakan salah satu bintang Tim Samba pada Piala Dunia 2022 lalu. Punggawa Tottenham Hotspur tersebut berhasil mencetak tiga gol dari tujuh tembakan yang dilepaskannya sejauh permainan. Gol ter-epic-nya, tercipta saat Brasil melawan Serbia di fase grup. Richarlison mencetak gol kedua yang sangat keren, yaitu dengan tendangan salto kaki kanan dari umpan Vinicius Junior.

Cody Gakpo 

Image source: goal.com

 

Cody Mathès Gakpo adalah pemain sepak bola profesional asal Belanda yang bermain sebagai penyerang sayap untuk Klub Liverpool FC dan Timnas Belanda. Gakpo bermain di Timnas Belanda dari level U-18 hingga U-21. Ia memulai debut internasional seniornya pada Juni 2021 di Kejuaraan Eropa UEFA 2020.

 

Cody Gakpo menampilkan pertunjukan yang luar biasa di fase grup Piala Dunia 2022. Ia berada di barisan depan pemain yang berjasa membawa Timnas Belanda lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022. Belanda meraih tujuh poin hasil menang melawan Senegal dan Qatar, serta imbang ketika bertanding dengan Ekuador.

 

Saat melawan Ekuador, Cody Gakpo dimainkan sebagai penyerang dan berduet dengan Steven Bergwijn. Ia lagi-lagi mencetak gol pembuka untuk Belanda. Bola melambung dari jarak jauh membobol gawang Ekuador. Ia memakai kaki kiri untuk melepas tendangan keras. Ini adalah satu-satunya shoot yang ia lepaskan, sebelum akhirnya digantikan di menit ke-80.

Enzo Fernandez 

Image source: fcbarelonanotcias.com

Selanjutnya, Enzo Jeremías Fernández adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Argentina yang bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Liga Utama Inggris Chelsea dan Timnas Argentina. Sebelumnya, ia tampil untuk Timnas Junior Argentina U-18 pada 2019. Kemudian, ia tampil perdana untuk Timnas Senior Argentina pada November 2021, dan menjadi anggota skuad Argentina di Piala Dunia 2022.

 

Enzo Fernandez bermain ciamik saat melawan Meksiko pada matchday kedua fase grup. Ia menyegel kemenangan telak dengan perolehan skor 2-0. Enzo Fernandez melepaskan tembakan melengkung kaki kanan di antara penjagaan tiga pemain lawan. Berkat performa apiknya, pemain muda Timnas Argentina itu meraih FIFA Young Player Award Piala Dunia 2022. FIFA Young Player Award Piala Dunia 2022 merupakan lambang supremasi untuk pemain muda terbaik sepanjang turnamen.

Vincent Aboubakar 

Image source: independent.co.uk

Vincent Aboubakar adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Kamerun yang bermain sebagai penyerang untuk klub Beşiktaş dan kapten tim nasional Kamerun. Ia merupakan pencetak gol tunggal Timnas Kamerun saat melawan tim jagoan Brasil di laga Grup G Piala Dunia 2022.

 

Masih di babak grup, duel Serbia melawan Kamerun berlangsung sengit dengan skor akhir imbang, yaitu 3-3. Saat Kamerun tertinggal 1-3, Vincent Aboubakar mampu memperkecil jarak dengan sebuah tendangan chip yang melambung mulus melewati kiper dan jatuh masuk ke gawang lawan. Sayangnya, perjuangan Aboubakar belum mampu membawa negaranya lolos ke babak 16 besar karena kalah 2 poin dari runner-up Swiss yang memperoleh 6 poin.  

Luiz Chavez 

Image source: thepeninsulaqatar.com

 

Luis Gerardo Chávez Magallón adalah seorang pemain sepak bola profesional Meksiko yang bermain sebagai gelandang untuk klub Russian Premier League Dynamo Moscow dan tim nasional Meksiko. Pada Oktober 2022, Chávez terpilih dalam skuad awal 31 pemain Meksiko untuk Piala Dunia FIFA 2022, dan pada November, akhirnya dia termasuk dalam skuad akhir 26 pemain.

 

Sayangnya, Meksiko gagal lolos ke fase gugur, meskipun berhasil menang 2-1 melawan Arab Saudi. Tapi, gol kedua yang dicetak olehnya dari tendangan bebas sejauh 30 yard, dianggap sebagai gol yang mengagumkan dan luar biasa oleh media. 

Kylian Mbappe 

Image source: dknetwork.dratkings.com

 

Kylian Mbappé Lottin adalah seorang pemain sepak bola profesional Prancis yang bermain sebagai penyerang untuk Paris Saint-Germain dan tim nasional Prancis. Dia terkenal karena kemampuannya dalam menggiring bola, kecepatannya yang luar biasa, dan finishing yang bagus. Sehingga, Mbappe dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

 

Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, ia bersama timnya bertanding melawan Timnas Polandia, dan berhasil menang dengan skor 3-1. Mbappe mencetak dua gol, dengan gol keduanya dicetak melalui sebuah tendangan roket menggunakan kaki kiri dari dalam kotak penalti lawan.

Richarlison (Brasil vs Korea Selatan) 

Image source: insidesport.in

Lagi-lagi, gol terbaik Piala Dunia 2022 tercipta dari pemain unggulan asal Timnas Brasil. Saat melawan Korea Selatan di babak 16 besar, Richarlison menyumbang satu gol yang membuat timnya menang dengan perolehan skor 4-1. Richarlison menjebol gawang Korea Selatan dengan penyelesaian akhir yang dingin, dalam situasi satu lawan satu di hadapan kiper lawan.

 

Penambahan satu gol itu membawa Richarlison naik ke posisi dua daftar pencetak gol Piala Dunia 2022. Ia sejajar dengan tujuh pemain lainnya, di antaranya Lionel Messi, Marcus Rashford, Bukayo Saka, Cody Gakpo, Alvaro Morata, Olivier Giroud, dan Enner Valencia.

Paik Seung-ho 

Image source: donga.com

 

Paik Seung-ho adalah pemain sepak bola profesional asal Korea Selatan yang bermain sebagai gelandang untuk Jeonbuk Hyundai Motors. Di usia 25 tahun, Paik Seung-ho telah tampil 15 kali untuk Timnas Korea Selatan di berbagai laga internasional, dan turut membawa Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia FIFA 2022. Sebagai gelandang, ia memiliki keahlian dribble, shooting keras, dan skill umpan yang baik.

 

Meskipun Korea Selatan kalah telak dari Brasil (1-4) di babak 16 besar, namun satu-satunya gol balasan Taeguk Warriors ini dicetak dengan apik oleh Paik Seung-ho. Ia berhasil menjebol gawang Alisson Becker dengan sebuah sepakan deras kaki kiri dari luar kotak penalti.

Neymar

Image source: timesnownews.com

 

Gol terbaik Piala Dunia 2022 versi FIFA terakhir, kembali datang dari pemain asal Brasil, yaitu Neymar. Neymar utamanya bermain sebagai penyerang depan, pemain sayap, atau kadang-kadang sebagai gelandang serang. 

 

Sebelumnya, Neymar sempat diragukan akan tampil akibat cedera pergelangan kaki yang dialaminya. Bahkan sempat dikabarkan, ia tidak bisa melanjutkan perjuangannya bersama Timnas Brasil di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Nyatanya, saat laga 16 besar, ia mampu tampil sejak babak pertama, dan berhasil menyumbang satu gol yang membuat timnya lolos ke babak perempat final melawan Kroasia.

 

Sayangnya, di babak perempat final, Brasil kalah menyakitkan lewat adu penalti dari Kroasia. Namun, ia tetap menampilkan performa yang menakjubkan. Dari sudut sempit dan mendapat gangguan lawan, Neymar mampu melewati kiper Dominik Livakovic, lalu menembak tepat ke arah gawang. Satu gol pun tercipta, sebelum akhirnya skor imbang sampai akhir permainan.

 

Oke, itulah daftar 10 gol terbaik Piala Dunia 2022 Qatar versi FIFA. Apakah pemain andalanmu termasuk salah satu yang menciptakan gol tersebut? Yuk, baca-baca artikel lainnya seputar dunia sepak bola di blog Superlive.id!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#World Cup 2022 #Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Xavi Tak Bisa Pastikan Masa Depan Robert Lewandowski di Barcelona

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pengakuan Erik Ten Hag, Manchester United Butuh Frenkie de Jong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Bisa ‘Transfer Battle’ Lagi Sama Arsenal kalau Jadi Rekrut Thiago Motta

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Thibaut Courtois is Back! Sudah Siap Terlibat dalam Laga Real Madrid Akhir Pekan Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Begini Respon Erik Ten Hag Soal Performa Jadon Sancho di Borussia Dortmund

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kalahkan Tottenham Tidak Buat Posisi Mauricio Pochettino di Chelsea Aman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tidak Dijual! Barcelona Ingin Perpanjang Kontrak Ronald Araujo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lagi Cari Klub, Antonio Conte Menawarkan Diri ke Chelsea

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

This Is Jadon Sancho! Tampil Menggila dan Bantu Dortmund Kalahkan PSG

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Wasit Dan Var Kembali Menjadi Aktor Utama Kekalahan Kedua Garuda Muda Di Ajang Piala Asia U-23

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /