Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 04/03/2024

Article Category : News

Dalam ranah sepak bola, ukuran lapangan menjadi sorotan tak terelakkan, membuka pintu menuju dimensi penuh strategi dan kecemerlangan permainan. Hamparan sepanjang 100 meter, menjadi panggung epik di mana pertandingan sepak bola berlangsung. Setiap sudut dan garis lapangan memiliki arti dan mempengaruhi arus pertandingan.

Artikel ini menyelami esensi ukuran lapangan, mengungkapkan bagaimana ukuran yang ditetapkan secara resmi oleh FIFA memainkan peran utama dalam taktik tim dan permainan. Dari titik tendangan sudut hingga jarak penalti, ukuran lapangan tidak hanya sekadar pengukuran, melainkan fondasi utama bagi keindahan sepak bola modern.

Panjang dan Lebar

Yuk, kita bahas soal ukuran lapangan sepak bola! Menurut aturan FIFA, panjang lapangan standar tuh berkisar antara 100 sampai 110 meter. Nah, lebarnya biasanya antara 65 sampai 75 meter. Jadi, bayangin aja deh, kita punya lapangan persegi panjang yang jadi panggung buat aksi seru para pemain dan tim.

Di samping itu, jika dikondisikan dengan standar sepak bola di negara kita, PSSI sebagai bosnya sepak bola Indonesia, mengikuti standar FIFA buat ukuran lapangan dalam kompetisi di dalam negeri. Dengan ukuran lapangan yang konsisten, kita bisa pastiin pengalaman mainnya seragam buat tim-tim di berbagai level permainan.

Ukuran Gawang

Inti dari setiap lapangan sepak bola terletak pada dimensi tiang gawang. FIFA menetapkan bahwa jarak antara tepi bagian dalam tiang gawang harus berukuran 7,32 meter dan berdiri di ketinggian 2,44 meter. Ukuran gawang standar ini merupakan aspek mendasar dari permainan, memberikan penyerang dan penjaga gawang target dan tantangan yang pasti.

PSSI sejalan dengan regulasi FIFA dalam hal ukuran gol di sepak bola Indonesia. Keseragaman dimensi gol tidak hanya menjaga integritas permainan tetapi juga memfasilitasi perkembangan pemain yang bertransisi antara kompetisi lokal dan internasional dengan lancar.

Area Penalti

Di dalam lapangan sepak bola, dua area penalti berbentuk persegi panjang berdiri sebagai zona pertikaian dan kepentingan strategis. FIFA menetapkan bahwa area penalti, juga dikenal sebagai kotak 18 yard, terbentang 16,5 meter dari setiap tiang gawang ke dalam lapangan. Selain itu, lo pasti tau, ada satu titik yang merupakan tempat dilakukannya tendangan penalti terletak 11 meter dari garis gawang. Sedangkan untuk di Indonesia tidak jauh berbeda, PSSI menerapkan ukuran yang sama dalam peraturannya, memastikan bahwa area penalti di sepak bola Indonesia mematuhi standar internasional.

Lingkaran Tengah

Pada bagian tengah lapangan juga ada lingkaran, sebuah area penting yang melambangkan kesatuan permainan. FIFA menetapkan bahwa lingkaran tengah harus memiliki radius 9,15 meter. Zona melingkar ini menjadi titik fokus selama kick-off, menandai dimulainya setiap babak dan setelah gol tercipta.

Stadion dengan Lapangan Terbaik di Dunia

Jika kita membicarakan lapangan maka tidak akan lepas dari stadion. Bagi lo yang sering menonton bola, pasti menyadari bagaimana lapangan menjadi bagian utama dari sebuah stadion. Berikut ini adalah beberapa stadion terbaik di dunia.

  1. Allianz Arena

Image source: allianz-arena.com

Pertama ada adalah stadion dari Bayern Munchen. Allianz Arena bisa dibilang kandang yang benar-benar cocok dengan raksasa Bundesliga ini. Memiliki 75.024 kursi membuat stadion ini sangat megah, apa lagi ketika ada pertandingan besar.

  1. Santiago Bernabeu

Image source: klook.com

Selanjutnya kita akan beranjak ke kandangnya Real Madrid. Dengan kapasitas 81.044 kursi, stadion Santiago Bernabeu merupakan simbol kemegahan sebenarnya. Bagaimana tidak, fasilitas yang lengkap, dari layanan VIP hingga dengan berbagai kecanggihannya membuat semua orang terpana dengan stadion ini. Selain itu, kualitas rumput yang bagus dan berbagai aspek lainnya tentu saja membuat kita nyaman menyaksikan pertandingan di lapangan ini.

  1. Camp Nou

    Image source: bola.com

Dengan kapasitas mencapai lebih dari 99.000 penonton, stadion ini tidak hanya merupakan tempat bagi pertandingan-pertandingan spektakuler, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan bagi para penggemar Barca. Kemegahan Camp Nou tercermin dalam desain arsitektur modernnya yang menakjubkan dan atmosfer yang luar biasa selama pertandingan.

  1. Old Trafford

    Image source: goal.com

Siapa yang gak tau stadion kebanggaan fans MU ini. Dengan kapasitas lebih dari 74.000 tempat duduk, stadion ini menjadi tempat magis di mana sejarah klub tercipta. Dengan berbagai kondisi yang dijalani klub, Old Trafford masih terasa sangat luar biasa bagi penggemar sepak bola. Walaupun dari bagunannya terlihat cukup klasik, lapangan Old Trafford tentunya memiliki fasilitas yang canggih dengan kualitas yang baik.

  1. Anfield

Image source: liverpool.com

Panas! Kata ini lah yang menggambarkan Anfield. Ini bukan berarti bersuhu panas, melainkan atmosfer yang begitu intens, terutama di tribun The Kop. Stadion ini menjadi tempat suci bagi para penggemar The Reds. Kualitas dan kemegahan stadion ini tidak hanya tercermin dalam kapasitasnya yang besar melainkan kualitas lapangan yang selalu baik. Dengan sekitar lebih 50.000 kursi, stadion ini selalu penuh tatkala Liverpool bermain.

Ukuran Lapangan Bukan Sekedar Angka

Kesimpulannya, ukuran lapangan sepak bola, yang mencakup panjang, lebar, tiang gawang, hingga kotak penalti sudah ditentukan oleh FIFA dengan standar yang sesuai. Lo akan merasakan sensasi yang berbeda ketika bermain di lapangan yang sesungguhnya. Kecuali kalau lo memang pemain profesional ya, mungkin ini sudah menjadi hal yang biasa.

Namun, yang pasti lapangan sepak bola ini bukan hanya sekedar ukuran dan angka-angka, melainkan tempat terjadinya momen-momen indah pada pertandingan yang terjadi. Jadi itulah sedikit pembahasan mengenai ukuran lapangan sepak bola.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Arsenal Mencapai Rekor Klub Baru Dengan Penampilan Apik Lini Pertahanan Mereka Dalam Kemenangan 2-0 Atas Wolverhampton Wanderers.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

KNVB Resmi Jatuhkan Hukuman Potongan Poin Kepada Vitesse Arnhem Yang Membuat Mereka Harus Terdegradasi Musim ini.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zinedine Zidane Dikabarkan Lebih Memilih Melatih Manchester United Daripada Menjadi Manajer Baru Bayern Munich.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Erik Ten Hag Dikonfirmasi Telah Memaafkan Alejandro Garnacho Perihal Masalah Aktivitasnya Di Media Sosial Setelah Hasil Imbang 2-2 Akhir Pekan Lalu Melawan Bournemouth.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester City Dilaporkan Telah Mengidentifikasi Bos Girona Michel Sebagai Calon Penerus Pep Guardiola.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Berhasil Menang, Namun Liverpool Harus Tetap Harus Tersingkir Setelah Kalah Dalam Agregat Gol Dari Atalanta BC.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Berhasil Terhindar Dari Kekalahan, Bayer Leverkusen Sukses Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan Menjadi 44 Laga.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kabar Baik Bagi Manchester City, Kyle Walker Yang Sebelumnya Diragukan Tampil Kontra Madrid Dikabarkan Siap Turunsejak Menit Awal

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gelandang Werder Bremen, Naby Keita Telah Diskors Oleh Klub Bundesliga Selama Sisa Musim Ini Dan Terancam Dapatkan Pemutusan Kontrak.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Xavi Hernndez Sangat Kecewa Atas Keputusan Wasit Tentang Kartu Merah Ronald Araújo Yang Disebutnya “Mematikan” Peluang Timnya

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /