Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 01/12/2023

Article Category : News

Ukuran bola dalam sepak bola memang jadi salah satu hal yang penting banget, ya. Karena mungkin ada faktor bola di balik tendangan-tendangan kece dan umpan yang menawan. Namun di samping itu, lo musti tau bahwa ukuran bola pada pertandingan yang biasa lo tonton itu harus sesuai dengan standar dari FIFA. Nah, FIFA punya aturan ketat soal ukuran bola, dari dimensinya sampe bobot dan ciri teknis lainnya. Jadi, gimana sih aturan FIFA ini? Yuk, mari kita bahas bersama.

Ukuran Bola Sepak Menurut Standar FIFA

Menurut FIFA, ada empat ukuran bola sepak yang standar banget, dari yang nomor 1 sampai nomor 5. Tiap ukuran punya bentuknya sendiri-sendiri dan digunakan untuk anak-anak atau liga tertentu. Nah, bola sepak ukuran 5 yang memiliki ukuran lingkar 27"-28" dan berat sekitar 410-450 gram, paling pas dipake buat pemain yang udah 12 tahun ke atas. Mulai dari yang udah gede sampai yang profesional. Biasanya bola-bola ini dipakai buat pertandingan beneran dan harus punya cap "FIFA Inspected" atau "FIFA Approved". Artinya, bola-bola ini udah diuji banget untuk pastiin kebulatan, kelilingnya pas, bisa memantul dengan baik, beratnya oke, bisa nge-absorb air, dan ukurannya tetap.

Terus, ada juga bola sepak ukuran 4 nih, lingkar 25"-26" dan berat 350-390 gram, biasanya dipakai sama anak-anak yang usianya antara 8-12 tahun. Ukuran ini cocok banget buat mereka biar bisa latihan dengan baik, bantu mereka ngontrol bola dan ngasah skill mereka dalam menggiring bola.

Ukuran Bola Sepak Berdasarkan Usia

Ukuran bola sepak itu diatur berdasarkan umur, dari yang ukuran 1 yang paling kecil sampe yang nomor 5 yang paling gede. Nah, bola sepak ukuran 1 ini juga dikenal sebagai "mini" karena punya lingkar 18"-20" dan biasanya dipake buat hiburan umum atau koleksi. Terus, kadang juga dipake buat latihan skill, cocok banget buat anak-anak kecil yang lagi belajar.

Lalu, ada bola ukuran 3 buat anak-anak yang masih di bawah 8 tahun, sementara bola ukuran 4 buat yang usianya antara 8-12 tahun. Nah, yang terakhir ada bola ukuran 5 yang emang didesain khusus buat para remaja dan orang dewasa. .

Tips Gampang Pilih Bola Sepak

Pas milih bola sepak, ada beberapa hal yang perlu diinget, nih:

1. Ukuran dan Bobot

Bola sepak punya ukuran beragam, dari yang nomor 1 sampe 5, dan tiap ukuran cocok buat usia yang beda-beda. Penting banget pilih ukuran bola yang pas buat bantu kembangin skill dan bikin mainnya nyaman.

2. Kekuatannya

Bola sepak yang bagus harus tahan lama walau sering dipake, dan ketahanan juga saat nabrak permukaan keras kadang-kadang. Bola buat pertandingan tuh emang didesain khusus buat main di lapangan dan harus sesuai aturan, ukurannya, bobotnya, dan bentuknya resmi. Sementara bola buat latihan biasanya buat latihan doang atau buat main santai di tempat main yang beda-beda.

3. Kualitas dan Pembuatannya

Bola sepak yang top banget, kayak yang dipake di sepak bola profesional, biasanya jahitannya dilakuin pake tangan. Kalo yang kelas menengah, jahitannya biasanya pake mesin. Nah, yang kelas bawah buat latihan, main santai, atau buat promosi seringkali panelnya direkat atau dibentuk, jadi kadang kerasa lebih keras.

4. Keperluannya

Pikirin juga buat apa bola itu. Mau buat pertandingan beneran di turnamen dan kompetisi, atau cuma buat latihan aja buat ngasah skill? Bola buat pertandingan biasanya lebih ringan dan didesain khusus buat main, sementara bola buat latihan lebih enak buat latihan dan buat ngembangin kemampuan.

5. Desain dan proses melayang

Bola sepak yang oke harus punya desain yang konsisten, biar pola melayangnya bisa ditebak. Desain panelnya juga bisa ngaruhin cara bola melayang, ada yang punya permukaan halus buat dapet aerodinamika yang lebih bagus.

Sejarah Perubahan ukuran Bola pada Sepak Bola

Dulu, bola sepak dibikin dalam macem-macem ukuran dan bentuk di banyak tempat di dunia. Di Inggris pas abad ke-19, belum ada aturan pasti soal ukuran bola sepak, jadi setiap produsen bikin bola dengan ukuran yang beda-beda. Terus, tahun 1863, ada asosiasi sepak bola yang terbentuk di Inggris, yang jadi dasar buat bikin aturan resmi buat olahraga sepak bola. Tapi, waktu itu belum ada standar pasti soal ukuran bola.

Lalu, di tahun 1937, FIFA akhirnya tetapin ukuran bola sepak yang jadi standar pertama kali. Mereka nentuin ukuran dan bobot resmi buat bola sepak ukuran 5 yang masih dipake sampe sekarang. FIFA nentuin kalo bola sepak ukuran 5 harus punya lingkar antara 68-70 cm (27-28 inci) dan bobotnya antara 410-450 gram. Dari situ, standar ini akhirnya banyak diadopsi oleh asosiasi sepak bola di seluruh dunia, bikin main bola jadi konsisten dan pemain jadi terbiasa sama ukuran dan bobot bola yang sama pas main di mana aja. Dari perkembangan ini, standar ukuran bola sepak yang udah diterima secara global jadi dasar bagi permainan yang seragam di semua level kompetisi.

Itulah pembahasan mengenai ukuran bola pada olahraga sepak bola. Mungkin lo pernah merasakan bahwa ukuran bola yang pernah lo mainin berbeda-beda dan ini sepertinya mempengaruhi permainan lo. Tapi sekarang lo udah tau dong, bahwa ada ukuran bola yang cocok lo mainkan, baik dalam permainan yang serius atau cuman having fun bareng teman lo.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Football History #Industri Sepakbola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Balik Latihan di Man United, Jadon Sancho dan Erik ten Hag Sudah Akur

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United dan Matthjis de Ligt Bisa Bersatu, Tapi Ada Satu Kendala

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tiba-tiba Gantung Sepatu? Kingsley Coman Ingin Pensiun dari Timnas Prancis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sale XI! Juventus Siap Lepas 11 Pemain di Bursa Transfer Musim Panas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kontroversi Kah? Ini Alasan Inggris Dapat Penalti Saat Bertemu Belanda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Berencana Rekrut 3 Pemain Lagi, Termasuk Jadon Sancho

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Berkorban Demi Chelsea, Mykhailo Mudryk Langsung Ikut Latihan Perdana

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pecah Rekor di Pesta Bola Eropa 2024, Begini Respon Lamine Yamal

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pesan Pertama Thiago Motta: Kalian Bisa Bangga Kepada Juventus!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Siap Lepas Greenwood ke Marseille dengan Satu Syarat

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /