Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 06/12/2023

Article Category : News

Masih berkaitan dengan passing, kali ini kita akan membahas sebuah teknik penting dalam sepak bola. Yap namanya wall pass. Di tengah tingginya tensi pertandingan, wall pass ini bukan cuma sekadar teknik umpan biasa, tapi trik jitu buat buka ruang dan melewati pemain lawan.

Tapi gimana sih sebenernya trik ini dilakukan dan kapan saat yang paling tepat untuk menggunakannya? Yuk, kita bahas bareng cara efektif menggunakan wall pass dalam permainan bola!

Apa Itu Wall Pass dalam Sepak Bola?

Wall pass, yang sering disebut juga sebagai give-and-go, adalah trik kombinasi antara dua pemain di mana satu orang mem-passing bola ke rekannya dan langsung bergerak untuk menerima kembali bola itu. Teknik ini tujuannya untuk melewati pemain bertahan tanpa harus berhadapan satu lawan satu, menciptakan celah dan memperkuat serangan.

Cara Melakukan Wall Pass

Nah, buat ngejalanin wall pass, akan ada dua pemain yang terlibat. Si penerima bola biasanya disebut "wall player". Ketika Wall Player mendapat operan dari lo, dia langsung ngirim bola balik ke arah yang sama seperti asalnya. Sementara lo (yang oper bola) langsung lari melewati lawan buat nerima balik bola tanpa gangguan di area lainnya. Wall pass bisa dilakukan dengan berbagai cara, tapi intinya adalah pertukaran bola cepat antara dua pemain supaya lawan nggak bisa nangkep.

Selain itu, cara buat ngelakuin wall pass itu lumayan sederhana. Gunain bagian dalam kaki buat wall pass-nya, biar lebih presisi. Dan yang penting, biarin rekan punya kebebasan buat gerakin bola ke tahap akhirnya. Oh iya, jangan lupa, boleh juga tuh bikin lawan salah fokus sama umpan palsu dan malah kejar gawang.

Hal Penting dalam Melakukan di Wall Pass

Penting banget nih, guys, buat ngertiin teknik wall pass dalam sepak bola. Cek aja hal-hal penting yang harus diinget waktu mau ngejalanin wall pass:

  1. Umpan yang Tejauh dan Cepet
    Usahain banget biar umpanmu nggak nyasar atau terlalu lemah. Makanya, penting banget untuk ngoper bola dengan keras dan tepat.

  2. Liat Situasi Sekeliling
    Sebelum bergerak, intip dulu sekitar kamu. Cari ruang kosong yang bisa dimanfaatin buat melancarkan aksi. Ini penting buat memastikan ada celah yang bisa dimanfaatin dengan cepet.

  3. Perhatiin Bola dengan Teliti
    Jangan sampe bola nggak kamu pantau dengan baik. Kalau kamu nggak fokus sama bola, bisa-bisa langsung direbut sama lawan, deh.

  4. Sikap Sabar dan Tepat Waktu: Jangan terlalu buru-buru waktu ngambil keputusan. Pikirin dulu, dan lakuin saat yang tepat. Sabar dan tepat waktu itu penting banget!

Hal yang Harus Dihindari dalam Wall Pass

Ini adalah beberapa hal yang musti lo hindari ketika ingin melakukan wall pass:

  1. Operan yang Terlalu Lemah
    Hindari ngoper bola terlalu lemah karena bisa diblok atau direbut lawan dengan mudah. Pastiin umpanmu kuat dan tepat sasaran.

  2. Kurang Memperhatikan Lawan
    Jangan sampe kamu nggak memperhatikan lawan yang ada di sekitarmu. Karena, kalo kamu terlalu fokus ke bola, lawan bisa mencuri bola dengan mudah.

  3. Pola Operan yang Terlalu Terduga
    Jangan selalu melakukan pola operan yang sama atau terlalu mudah ditebak oleh lawan. Cobain variasikan gerakan atau pola operan agar lebih sulit bagi lawan untuk mengantisipasi.

  4. Terlalu Panik dalam Mengambil Keputusan: Hindari kepanikan dalam situasi-situasi yang penting. Jangan buru-buru mengambil keputusan, tetapi tetap pertimbangkan kondisi lapangan dan situasi saat melakukan wall pass.

Waktu yang Tepat Menggunakan Wall Pass

Situasi yang tepat buat pakai wall pass ini lumayan krusial nih, guys! Wall pass paling oke dipake kalo kamu mau lewatin pemain bertahan tapi nggak mau main 1v1, biar bisa buka ruang buat serang. Paling pas kalo situasinya lagi +1, ini sangat cocok diterapkan bagi lo yang berposisi sebagai gelandang.

Perbedaan Wall Pass dengan Umpan Satu-dua

Jika dianalisis dari cara kerjanya, wall pass sedikit mirip dengan umpan satu-dua. Karena sama-sama melibatkan dua pemain. Wall pass, sebenarnya lebih fokus untuk bisa menciptakan ruang agar lo bisa melakukan pergerakan yang lebih efektif dan biasanya ini dilakukan pemain untuk menghindari 1vs1 dengan lawan.

Sementara itu, umpan satu-dua (one-two pass) juga melibatkan dua pemain, tetapi lebih kompleks. Dalam one-two pass, pemain pertama memberikan bola kepada rekan setimnya (umpan pertama), lalu pemain ini melakukan sprint untuk menerima kembali umpan bola yang dilakukan oleh rekan setimnya (umpan kedua). Hal ini juga bertujuan untuk mengelabui pemain lawan dan membuka celah dalam pertahanan.

Perbedaan utama antara keduanya adalah dalam pelaksanaan gerakan. Wall pass lebih sederhana, di mana pemain yang mengoper bola langsung bergerak untuk menerima bola kembali tanpa adanya sprinting atau perpindahan posisi yang besar. Sedangkan one-two pass melibatkan umpan pertama dan kedua dengan perpindahan posisi yang cepat antara kedua pemain yang terlibat, menciptakan kombinasi gerakan yang lebih kompleks.

 

Gimana? Wall pass sebenarnya bukan hal yang sulit. Jika dilihat secara mendalam, teknik seharusnya menjadi hal yang wajib dikuasai oleh setiap pemain bola, khususnya gelandang.

Namun, seperti yang lo tau, sepak bola sekarang justru menuntut semua pemain bisa melakukan berbagai teknik-teknik operan yang baik, termasuk kiper. Ya, jadi jika lo ingin menjadi pemain yang memiliki skill yang mumpuni. Lo harus tau dan paham bagaimana cara melakukan teknik passing yang satu ini.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Industri Sepakbola #Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Setelah Dinyatakan Bersalah, Dani Alves Dijatuhi Hukuman Kurungan Beserta Denda Super Besar.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Penasaran, Toni Kroos Nyatakan Akan Kembali Dari Pensiunnya Untuk Perkuat Jerman Di Euro 2024 Nanti.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gol Semata Wayang Robert Lewandowski Berhasil Antarakan Namanya Lewati Rekor Gol Milik Lionel Messi.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Tampil Gacor Bersama Getafe, Greewood Dikabarkan Masuk Daftar Jual United Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah Dipastikan Tidak Lagi Bersama The Bavarian Musim Depan, Thomas Tuchel Rencanakan Terbang Kembali Inggris.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kembali Mainkan Peran Sejak Menit Awal, Harvey Elliott Sukses Bayar Tuntas Kepercayaan Klopp Dengan Rekor Unik.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ditengah Rumor Ketertarikan PSG Dan Real Madrid Terhadap Salah Satu Strikernya, Sir Jim Ratcliffe Siap Pagarai Pemain Andalanya.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Don Carlo Tawarkan Posisi Staff Kepelatihan Kepada Luka Modric Jika Gantung Sepatu Di Akhir Musim Ini.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zinedine Zidane Masuk Bursa Rumor Pelatih Anyar Bayern Munchen Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Perjuangan Djarum Group Membangun Kembali Kekuatan Klub Sepakbola Dari Utara Italia.

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /