Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 02/01/2024

Article Category : News

Keindahan dan kompleksitas sepak bola tidak terlepas dari momen dramatis yang diciptakan oleh aksi shooting dari para pemain. Sebuah unsur penting dalam permainan ini yang bisa menjadi pembeda antara kemenangan gemilang dan kekecewaan mendalam. Melintasi lapangan hijau dengan kecepatan kilat, shooting tentunya bisa membuat lo terpikat, baik akan kekuatan ataupun akurasinya. Nah, kali ini lo akan mengenal bagaimana sebenarnya shooting dan panduan dasarnya dalam sepak bola. Langsung saja guys.

Apa Itu Shooting dalam Sepak Bola?

Shooting adalah tindakan menendang bola ke arah gawang lawan dengan tujuan mencetak gol. Ini kemampuan dasar yang butuh tenaga dan akurasi. Selain itu, seringnya skill ini dikeluarin buat bikin bingung penjaga gawang dan pemain belakang lawan. Tembakan yang tepat sasaran tuh bola yang masuk ke gawang atau bakal masuk ke gawang kalo nggak dihalangin sama penjaga gawang atau pemain bertahan lainnya.

Cara Shooting dalam Sepak Bola

Seperti yang lo ketahui, nembak bola itu menjadi faktor penting dalam sepak bola. Permainan lo sangat bergantung pada skill ini, terutama lo yang berposisi sebagai penyerang. Nah, bagi lo yang ingin meningkatkan kemampuan ini, berikut ada beberapa tips yang bisa lo coba praktekan.

  1. Posisi Kaki yang Tepat

Pastikan kaki selalu ditempatkan di samping bola, arahkan ke arah yang ingin lo tuju, dan tekuk sedikit lutut untuk stabil dan seimbang.

  1. Mengunci Pergelangan Kaki

Lakukan gerakan lentur pada otot pergelangan kaki untuk memastikan koneksi yang kaku dan stabil dengan bola, yang membantu meningkatkan kekuatan serta akurasi tendangan.

  1. Pemahaman Area Kontak pada Bola

Penting banget buat paham di mana area kontak pada bola. Misalnya, gunain bagian tali kaki buat tendangan lurus, bagian dalam kaki buat efek melengkung, atau bagian luar kaki buat efek melengkung.

  1. Gerakkan Tubuh

Gerakin badan lu, bukan cuma kaki, saat nendang bola. Pusingin badan ke belakang buat tendangan keras, atau goyangin badan ke samping buat tendangan melengkung.

  1. Lihat ke Target

Fokus pandang lo ke target. Liat gawang atau tempat yang pengen lo tuju sebelum lo nendang. Ini bisa bantu presisi tendangan.

  1. Lakukan Latihan Berulang

Latian berulang itu penting banget buat ngerasain gerakan yang pas dan sempurna. Latian rutin buat tambah keakuratan dan kekuatan tendangan.

Kesalahan Umum dalam Menembak

Shooting bukanlah hal yang mudah, terkadang masih ada beberapa kesalahan yang membuat teknik menembak bola menjadi buruk. Bagi lo yang ingin menghindari hal tersebut, ini beberapa di antaranya.

  1. Salah Area Kontak di Bola

Salah nendang di area yang diinginkan bisa bikin bola terbang ke mana-mana, jadi ngaruh banget ke hasil tembakan secara keseluruhan.

  1. Pake Jari Kaki Buat Nendang Bola

Nggak dianjurkan buat pake jari kaki buat pukul bola karena bisa bikin kehilangan kekuatan dan akurasi. Lebih baik fokus pukul dengan bagian punggung kaki atau tali sepatu.

  1. Kurangnya Memperhatikan Gerakan Tubuh

Gak menyelesaikan gerakan dengan baik bisa mengurangin kekuatan dan momentum tembakan. Pastiin gerakannya lengkap, kaki sampe berayun ke bola dan akhiri dengan ujung jari kaki mengarah ke gawang.

  1. Posisi Tubuh yang Salah

Gagal ngatur posisi tubuh bisa bikin tembakan nggak maksimal. Perhatiin posisi badan dan kaki, pastiin posisi lo stabil sebelum tendangan.

  1. Kurang Fokus ke Target

Fokus pandang yang kurang ke target atau gawang bisa bikin kurang tepatnya tembakan. Pastiin liat ke arah yang pengen dituju sebelum tendangan.

  1. Kekurangan Latihan Berulang

Latian berulang itu penting banget buat memperbaiki gerakan yang salah. Latihan rutin bisa bantu kurangin kesalahan dan tambahin kekuatan serta akurasi tendangan.

Pemain yang Memiliki Teknik Tendangan yang Bagus

Yaa, lo pasti tau lah, beberapa pemain terkenal akan shootingnya. Mulai dari aspek shoot power atau akurasinya. So, berikut adalah beberapa pemain yang memiliki tendangan yang mematikan.

  1. David Beckham

David Beckham terkenal karena kemampuan shootingnya. Dia dikenal atas akurasi tendangannya yang luar biasa. Walaupun dari segi power tendangannya tidak terlalu kuat, tapi ketepatan tendangannya semua orang pasti tau.

Di samping itu, Beckham memiliki kemampuan mengatur dan mengeksekusi tendangan bebas dengan sangat presisi. Dia juga terkenal dengan tendangan jarak jauhnya dan mampu menciptakan gol dari luar kotak penalti. Kemampuan shooting David Beckham menjadi keunggulan yang mengesankan dan ikonik dalam karirnya sebagai pemain sepak bola profesional.

  1. Lionel Messi

Penyerang Argentina Lionel Messi telah menjadi kekuatan dominan di dunia sepak bola selama lebih dari satu dekade. Dia telah mencetak banyak gol dengan kaki kirinya, termasuk beberapa tendangan bebas yang tak terhentikan dan tembakan jarak jauh

  1. Cristiano Ronaldo

Pemain depan Portugal Cristiano Ronaldo juga telah menjadi pemain terkemuka di dunia sepak bola selama lebih dari satu dekade. Dikenal karena sifat atletisnya yang luar biasa dan kemampuannya mencetak gol dari berbagai sudut, Ronaldo telah mencetak banyak gol yang mengesankan sepanjang kariernya

  1. Robert Lewandowski

Penyerang Polandia Robert Lewandowski telah menjadi salah satu pencetak gol paling produktif di dunia sepakbola dalam beberapa tahun terakhir. Ia telah mencetak 104 gol dalam 92 pertandingan sejak 2020, menjadikannya pencetak gol terbanyak di Bundesliga dan salah satu striker terbaik di Eropa.

  1. Roberto Carlos

Lo keterlaluan kalau gak tau pemain yang satu ini. Momen tendangan bebasnya ke gawang Prancis pada pergelaran Piala dunia, menunjukkan kualitas tendangannya yang berbahaya. Roberto Carlos adalah pemain yang bisa dibilang memiliki tendangan yang sangat keras. Tak ada yang tau bagaimana dia mengembangkan teknik shootingnya, tapi yang pasti ketika dia menendang, maka semua penjaga gawang sudah harus siap menghadapi apa yang akan terjadi.

Itulah penjelasan mengenai panduan lengkap mengenai cara menendang bola atau yang biasa kita kenal dengan shooting.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Football History

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Masih Betah, Erling Haaland 1000 Persen Komitmen ke Manchester City

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Dipepet Bayern Munchen, Theo Hernandez Mengaku Gelap Soal Masa Depannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Barcelona Gigit Jari, Manchester City Siap Tebus Klausul Rilis Dani Olmo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Resmi, AC Milan Tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tolak Manchester United, Bintang Fulham Ini Lebih Tertarik ke Bayern Munchen

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Siapkan Tawaran Buat Mason Greenwood, Segini Nilai Transfernya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cristiano Ronaldo Umbar Tanda-tanda akan Gantung Sepatu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Capai Kesepakatan dengan Giovanni Di Lorenzo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Coret Mauricio Pochettino dari Daftar Pengganti Erik Ten Hag

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tegas! Carlo Ancelotti Sebut Real Madrid Akan Menolak Piala Dunia Antarklub 2025

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /