Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Goal Line Technology

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 20/05/2024

Article Category : News

Sering kesel sendiri kalo liat pertandingan bola yang wasitnya salah ngasih keputusan gol? Tunggu dulu, Superfriends! Di balik keputusan tersebut, ada teknologi canggih yang membantu membuat pertandingan agar lebih adil.

Teknologi tersebut dikenal sebagai goal line technology (GLT) ini. Penasaran kan, gimana teknologi ini bisa ngasih keadilan di lapangan hijau? Simak terus artikel ini, Superfriends!

Apa Itu Goal Line Technology?

Goal line technology adalah sebuah inovasi dalam dunia sepak bola yang bertujuan untuk membantu wasit dalam menentukan apakah bola telah melewati garis gawang atau tidak. Goal line technology digunakan untuk menentukan apakah bola telah melewati garis gawang atau tidak. Sistem ini menggunakan kamera dan sensor yang terpasang di sekitar gawang untuk secara akurat mendeteksi posisi bola.

Teknologi ini telah menjadi bagian penting dalam pertandingan sepak bola modern, membantu mengurangi kesalahan pengambilan keputusan yang dapat memengaruhi hasil pertandingan.

Sejarah Goal Line Technology

Sebelum mengadopsi GLT, keputusan gol atau tidak gol seringkali menjadi sumber kontroversi dalam pertandingan sepak bola. Namun, sejak awal tahun 2000-an, percobaan dan pengembangan GLT telah dilakukan untuk meningkatkan keadilan dalam olahraga ini.

FIFA dan International Football Association Board (IFAB) mulai menguji coba berbagai sistem GLT untuk memastikan keakuratannya sebelum akhirnya diizinkan untuk digunakan dalam pertandingan resmi.

Perbedaan VAR dengan Goal Line Technology

Perbedaan antara VAR (Video Assistant Referee) dan Goal Line Technology (GLT) terletak pada fungsi dan penggunaannya dalam pertandingan sepak bola. 

VAR digunakan untuk membantu wasit dalam pengambilan keputusan terkait keputusan kritis seperti gol, penalti, kartu merah, dan insiden yang mempengaruhi jalannya permainan.

Sedangkan GLT digunakan khususnya untuk menentukan apakah bola telah melewati garis gawang dan mencetak gol atau tidak. Teknologi yang digunakan oleh goal line technology udah canggih banget! GLT menggunakan berbagai teknologi seperti kamera dengan kecepatan tinggi dan sensor elektromagnetik untuk mendeteksi posisi bola terhadap garis gawang.

Implementasi Goal Line Technology dalam Sepak Bola

Goal line technology pertama kali digunakan dalam kompetisi resmi pada Piala Dunia Klub FIFA 2012 di Jepang. Sejak itu, teknologi ini telah diimplementasikan dalam berbagai liga top dunia, termasuk Premier League, Bundesliga, dan La Liga.

Bagaimana Goal Line Technology Bekerja?

Sistem goal line technology menggunakan kamera dan sensor yang terpasang di sekitar gawang. Kamera-kamera ini secara terus-menerus memantau posisi bola, sementara sensor-sensor mendeteksi apakah bola telah melewati garis gawang.

Ketika bola mendekati garis gawang, kamera dan sensor bekerja secara bersamaan untuk merekam dan mendeteksi posisi bola. Data yang terkumpul kemudian dikirim ke sebuah komputer pusat yang telah memproses informasi tersebut dalam hitungan detik.

Goal line technology terbukti sangat akurat dan andal dalam menentukan apakah gol valid atau tidak. Sistem ini memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tepat.

Dampak Goal Line Technology dalam Sepak Bola

Penggunaan goal line technology telah memengaruhi cara wasit mengambil keputusan. Mereka sekarang dapat mempercayai teknologi ini dalam menentukan apakah gol valid atau tidak, sehingga mengurangi tekanan dan kontroversi yang sering terjadi.

Respons Pemain dan Pelatih terhadap Penggunaan Goal Line Technology

Pemain dan pelatih umumnya menyambut baik penggunaan goal line technology karena teknologi ini membantu menciptakan keadilan dalam pertandingan. Mereka merasa lebih percaya diri bahwa setiap gol yang tercipta atau tidak tercipta telah ditentukan secara adil.

Gimana, Superfriends? Udah paham kan tentang goal line technology? Gue yakin teknologi ini bikin sepak bola makin seru dan adil. Yuk, kita dukung penggunaan teknologi ini biar pertandingan sepak bola makin berkualitas!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#sepak bola #sepak bola indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Resmi, AC Milan Tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tolak Manchester United, Bintang Fulham Ini Lebih Tertarik ke Bayern Munchen

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Siapkan Tawaran Buat Mason Greenwood, Segini Nilai Transfernya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cristiano Ronaldo Umbar Tanda-tanda akan Gantung Sepatu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Juventus Capai Kesepakatan dengan Giovanni Di Lorenzo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Coret Mauricio Pochettino dari Daftar Pengganti Erik Ten Hag

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tegas! Carlo Ancelotti Sebut Real Madrid Akan Menolak Piala Dunia Antarklub 2025

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kata Eks Liverpool Arne Slot Selevel dengan Jurgen Klopp, Serius?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Como 1907 Bisa Makin Kuat! Fabregas Mau Bajak Alexis Sanchez dari Inter Milan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terhimpit Salary Cap, Barcelona Belum Bisa Daftarkan Total 9 Pemain

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /