Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 02/01/2024

Article Category : News

Hai, Superfriends, dalam sepak bola lo tentunya sudah melihat ada banyak sekali teknik yang digunakan. Salah satunya yang tidak kalah populer adalah dribbling bola. Secara praktisnya, dribbling atau menggiring bola ini sebagai skill yang wajib dimiliki oleh pemain bola. Karena ini termasuk salah satu teknik dasar yang harus dikuasai.

Dribbling bola adalah bagian dasar namun mempunyai peranan yang besar dalam menciptakan peluang untuk menang. Bahkan, beberapa pemain besar sudah pasti mengawalinya dengan beberapa teknik dribbling yang luar biasa dan disorot oleh banyak mata dalam bermain. Nah, lo ingin lebih tau tentang dribbling ini? Mari kita bahas.

Apa Itu Dribbling Bola?

Dribbling bola adalah teknik yang mana pemain menggerakkan bola menggunakan kakinya secara terus menerus, membuat gerakan yang kreatif untuk menghindari lawan, dan menggiring bola untuk menyerang gawang lawan. Jadi, dribbling ini memiliki peranan penting untuk menciptakan peluang dengan kemenangan maksimal.

Kunci dari melakukan dribbling ini sebenarnya tergantung dari kecepatan, keterampilan, dan kelincahan kaki dari pemain tersebut. Apabila pemain yang mahir dalam mengendalikan bolanya, maka trik ini termasuk yang ampuh untuk menerobos pertahanan lawan karena lawan akan sangat kesulitan untuk merebut dan mendapatkan bolanya.

Jika lo ingin menguasai teknik dribbling secara maksimal, maka ada beberapa hal yang perlu lo perhatikan. Dalam prosesnya, lo bisa dengan menggunakan kaki bagian dalam dan luar untuk mengendalikan bolanya, atur kecepatannya, dan buat beberapa gerakan kreatif yang ampuh mengecoh lawan lo, maka teknik satu ini akan benar-benar bisa menguntungkan.

Macam-Macam Dribbling Bola

Sebenarnya ada banyak jenisnya ketika lo ingin melakukan teknik dribbling ini. Biar lo lebih paham konsepnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dribbling Kaki Luar

Jika lo ingin melakukan jenis satu ini, maka pandangan lo itu harus fokus pada bolanya. Namun, tetap perhatikan juga gerak lawan biar bolanya tidak direbut dengan mudah. Posisi badannya juga bisa sedikit agak dibungkukkan karena agar lebih mudah dalam melakukan dribbling tersebut.

Untuk tekniknya sendiri bisa lo lakukan dengan langsung gunakan pergelangan kaki yang agak sedikit diputar, jadi posisi bolanya itu langsung menghadap ke bagian luar, sementara posisi kaki yang lain berada pada bagian belakang, tujuannya untuk menjaga keseimbangan ya.

Keunggulan dari teknik ini mampu memanipulasi lawan dengan arah yang sama dengan hasil yang maksimal, tapi sulit sekali untuk mengecoh lawan dari arah yang berlawanan.

2. Dribbling Kaki Dalam

Untuk posisinya sendiri lo lakukan dengan pandangan yang menghadap depan dan dibarengi dengan gerakan. Posisikan kaki tumpu nya berada pada samping, lalu kaki lainnya akan diperuntukkan untuk lakukan tendangan dengan menghadap keluar. Dorong bolanya dengan kaki yang berada pada bagian dalam dan ikuti bola dengan lari-lari kecil.

Jika ingin bolanya lebih mudah, lo bisa memanfaatkan telapak kaki lo itu untuk menghentikannya yang berada pada bagian atas bolanya tersebut. Namun, teknik ini memiliki kelebihan diantaranya jika lo menggunakan kaki kiri maka bisa dengan mudah untuk menggocek lawan dari arah berlawan atau sebaliknya. Sisi lainnya, kekurangannya adalah sulit untuk mengecoh lawan dari arah yang sama karena bolanya akan lebih mudah buat direbut kembali.

3. Dribbling Gunakan Punggung Kaki

Jenis dribbling bisa dibilang sangat dipengaruhi posisi tubuh. Posisi tubuh lo agak maju ke depan dengan kaki kiri langsung ke arah depan dan kanan di arah belakang. Untuk bolanya sendiri bisa lo letakan pada posisi kaki bagian dalam dan segaris dengan kaki sebelah kanan. Lalu, lo bisa lakukan tendangan bola dengan kaki kanan pada bagian luar secara perlahan dan gulirkan dengan tenang ke depan.

Proses ini bisa lo lakukan secara berulang-ulang dan kontrol dengan baik biar lo akan mendapatkan pengendalian yang tepat, sehingga menghasilkan efek yang luar biasa dan bisa mengecoh lawan hingga bisa menciptakan gol ke gawang lawan. Jika lo gunakan teknik satu ini bisa mudah giring bola dengan arah lurus, terutama bila lo melihat gak ada musuh di depan. Namun, kekurangannya sendiri lo akan sangat sulit untuk terus memaksimalkan punggung kakinya karena dinilai kurang efektif dan bola mudah direbut oleh lawan.

Cara Kembangkan Teknik Dribbling

Sebenarnya, sesimpel lo lakukan latihan secara terus menerus dan konsisten, maka skill satu ini akan terbentuk dengan sendirinya. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan singkatnya.

1. Teknik dasar

Pastinya lo perlu memahami teknik dasarnya terlebih dahulu. Lakukan dribbling secara sederhana dengan kendalikan bola ketika berjalan atau jalan di tempat aja. Untuk posisi kakinya, lo bisa memanfaatkan kaki pada bagian luar dan dalam ya.

2. Coba Latihan Stasioner

Mungkin lo bisa buat dengan beberapa halangan atau rintangan yang kecil saja, bisa gunakan kon yang bertujuan untuk buat kaki lo bisa lebih lincah dan maksimal dalam mengendalikannya. Proses ini tentunya bisa jadi maksimal buat lo coba.

3. Maksimalkan Kedua Kaki

Cara selanjutnya lo bisa dengan memanfaatkan kedua kaki untuk mengendalikan bolanya. Pada tahap ini, bisa lo lakukan ketika satu kaki sudah maksimal. Jadi, gunakan kedua kaki akan lebih cepat dan membuat bola yang lo kendalikan jadi lebih mudah dan sulit direbut oleh lawan. Skill ini perlu latihan dan jam terbang untuk bisa mahir.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai dribbling ini. Jika lo ingin memaksimalkannya, pastikan lo selalu lakukan latihan terus menerus.

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Industri Sepakbola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Cedera Hantui Real Madrid, Dani Carvajal Sampai Naik Meja Operasi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rayakan Hari Jadi, Barcelona Undang Lionel Messi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Toni Kroos Kembali ke Santiago Bernabeu! Ini Alasannya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Petinggi Manchester United Adakan Pertemuan, Bahas Pemecatan Erik Ten Hag?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Juventus Gak Senang Paul Pogba Kembali, Kenapa?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Bukan Cedera, Manchester United Tarik Keluar Rashford Karena Alasan Ini

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Gleison Bremer Cedera Parah, Juventus PDKT dengan Sergio Ramos?

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Menyerah Dari Lille, Carlo Ancelotti: Real Madrid Buruk Di Segala Aspek

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Eks Asisten Pelatih Manchester United Bongkar Bobroknya Erik Ten Hag

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Ini 27 Penggawa Timnas Indonesia, Siap Curi Poin di Bahrain dan China

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /