Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 06/12/2023

Article Category : News

Sepak bola bukan sekedar lari dan menendang bola ke arah gawang. Ada suatu keindahan tersendiri saat bola meluncur dari satu kaki ke kaki pemain lainnya. Lo akan mengetahui rasanya ketika lo menerima operan yang sangat akurat dari rekam tim lo. Bahkan ketika posisi lo sangat tidak memadai untuk menerima bola. Hal itu dapat terjadi karena rekan tim lo memiliki teknik passing yang baik. Tapi apa itu sebenarnya passing itu? Yuk, mari kita bahas bersama.

Apa Itu Passing dalam Sepak Bola

Passing itu dasar banget dalam sepak bola, lho. Ini adalah cara buat mengalirkan bola dari satu pemain ke pemain lain pake teknik beda-beda. Kenapa penting? Ya, karena ini membantu tim buat nahan bola, bikin kesempatan gol, dan akhirnya menang. Simple nya ini adalah tindakan dengan melakukan tendangan yang terarah dengan tujuan bola tersebut bisa sampai ke rekan tim lo.

Teknik Dasar Buat Passing

Dalam sepak bola, teknik dasar buat passing itu bervariasi, loh! Coba deh kita lihat beberapa contohnya:

 

  1. Operan kaki samping
    Ini tuh yang paling umum dan gampang banget, pake bagian dalam kaki buat ngoper bola. Enaknya, akurat dan cocok buat ngirim bola jarak deket.

  2. Operan punggung kaki
    Ini lebih keras, pake tali sepatu buat nendang bola. Bisa dipake buat ngirim bola jauh atau ganti strategi permainan. Bagi lo yang suka melakukan umpan lambung, teknik operan ini penting untuk lo kuasai.

  3. Operan kaki bagian luar
    Nah, ini lebih canggih, pake bagian luar kaki buat oper bola. Lebih cepet dan bikin bingung lawan, cocok banget buat bikin peluang gol, nih

Macam-Macam Passing

Melakukan passing mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi lo. Tapi mungkin juga lo belum tau nama ataupun macam-macam passing ini:

  1. Umpan Pendek
    Teknik ini enggak cuma soal mengoper bola jarak deket, tapi juga soal mengendalikan ritme permainan. Pas banget buat nahan bola di area sempit dan membangun serangan secara perlahan tapi pasti. Biasanya, umpan pendek ini adalah fondasi yang dibutuhkan untuk mengatur strategi tim dalam membangun serangan.

  2. Umpan-Umpan Panjang
    Ini beda nih, umpan panjang biasanya dipake buat mengubah arah permainan dengan cepat atau bikin kejutan bagi lawan. Ini bisa jadi senjata buat meluncurkan serangan tiba-tiba dari belakang atau untuk menyiasati pertahanan lawan yang terlalu rapat di depan. Dengan umpan panjang yang akurat, tim bisa memanfaatkan ruang kosong dengan lebih efektif.

  3. Through Pass
    Ini adalah teknik umpan yang sungguh powerful! Melalui umpan tembus, bola bisa melewati barisan pertahanan lawan dan menciptakan peluang berharga bagi pemain menyerang. Saat bola melesat di antara pemain belakang lawan, itu adalah momen krusial bagi striker atau winger untuk mengambil peluang mencetak gol. Umpan ini memerlukan presisi yang tinggi dan pemahaman yang baik antara pemain tim agar dapat mengatasi garis pertahanan lawan dengan efisien.

Manfaat Passing dalam Sepak Bola

Pada dasarnya passing ini berguna banget untuk menjalankan permainan ataupun untuk proses membangun serangan. Tetapi hal yang paling penting dan sering terlupakan adalah passing itu bukan hanya sekedar operan, melainkan tindakan yang berperan penting untuk menjalankan strategi atau taktik.

Selain itu, ini ada beberapa manfaat dari passing:

  1. Mempertahankan Penguasaan Bola
    Lo pastinya setuju, bahwa passing merupakan pondasi bagi tim untuk menjaga menjaga penguasaan bola. Saat bola berpindah secara efisien dari satu pemain ke pemain lainnya, ini memungkinkan tim untuk mengatur ritme permainan, membangun strategi, dan mengontrol situasi. Dengan mempertahankan bola dalam kendali tim, lo dapat mengurangi waktu yang diberikan kepada lawan untuk menggiring bola atau mengembangkan serangan. Kemampuan ini vital dalam menstabilkan permainan dan memberikan tim kesempatan untuk mendominasi pertandingan.

  2. Menciptakan Peluang Gol
    Passing yang presisi dan cerdas bisa menciptakan celah di pertahanan lawan. Umpan-umpan yang tepat ke arah pemain depan atau ke ruang kosong di antara pemain lawan bisa menjadi kunci dalam menciptakan peluang mencetak gol. Saat bola bergerak dengan cepat dan akurat, pemain penyerang dapat memanfaatkan momen untuk menembus pertahanan lawan dan menciptakan situasi yang menguntungkan bagi timnya.

  3. Membongkar Pertahanan Lawan
    Teknik passing yang baik juga berperan dalam membongkar pertahanan lawan. Mungkin ini bisa erat kaitannya dengan beberapa strategi penguasaan bola. Dengan umpan-umpan yang cerdas, tim lo dapat mengeksplorasi celah atau kelemahan dalam barisan belakang lawan. Dengan berpindah-pindahnya bola secara cepat dan tak terduga, seringkali mengacaukan konsistensi dan keseimbangan pertahanan lawan, memberikan kesempatan bagi pemain menyerang untuk menembus dan menciptakan situasi berbahaya di depan gawang lawan.

Tips dan Hal Penting untuk melakukan Long Pass

Dari berbagai macam jenis passing, mungkin operan dengan jarak yang jauh bisa menjadi pilihan lo untuk bisa mengirim boa secara cepat menuju daerah pertahanan lawan. Ini ada beberapa hal penting yang bisa lo pahami agar dapat menguasai teknik ini.

  1. Teknik yang Tepat
    Menggunakan bagian punggung kaki lo untuk melakukan long pass adalah kunci utama. Saat melakukan long pass, penting untuk memberikan kekuatan yang cukup pada tendangan, namun juga memperhatikan akurasi.

  2. Postur Tubuh yang Tepat
    Postur tubuh saat melakukan long pass juga sangat penting. Pastikan posisi tubuh seimbang, dengan kaki yang akan menendang berada di belakang bola. Hal ini membantu dalam menghasilkan kekuatan yang tepat dari belakang tubuh, memungkinkan pemain untuk memberikan lebih banyak tenaga pada tendangan.

  3. Penilaian Jarak dan Kondisi Lapangan
    Nah, poin ini akan sedikit tricky. Lo harus dapat memahami kondisi yang ada disekitar lo dengan cepat. Kondisi lapangan bisa mempengaruhi keberhasilan long pass. Sebelum melakukan umpan jauh, lo harus memperhatikan faktor eksternal, seperti angin, permukaan lapangan, dan jarak yang diperlukan. Berlatih dalam berbagai kondisi lapangan membantu lo untuk menyesuaikan kekuatan dan teknik umpan.

  4. Kepala Tetap di Atas Bola
    Salah satu kesalahan umum dalam long pass adalah menurunkan kepala saat menendang bola. Memang wajar, tak jarang hal ini dilakukan sebelum menendang. Tetapi di sisi lain, ini dapat mengganggu konsentrasi lo.

  5. Mengamati Pola Pergerakan Rekan Setim
    Mengenali pola pergerakan rekan setim secara instan dapat membuat long pass lebih efektif. Ketika lo mengetahui dengan cepat gerakan rekam tim lo, lo bisa mengirim umpan tepat waktu dan ke tempat yang tepat.

 

Itulah pembahasan mengenai passing dalam sepak bola. Yuk, kunjungi artikel lainnya di Supersoccer untuk bisa menambah pengetahuan sepak bola lo.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Highlight Sepakbola #Industri Sepakbola

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Setelah Dinyatakan Bersalah, Dani Alves Dijatuhi Hukuman Kurungan Beserta Denda Super Besar.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Masih Penasaran, Toni Kroos Nyatakan Akan Kembali Dari Pensiunnya Untuk Perkuat Jerman Di Euro 2024 Nanti.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Gol Semata Wayang Robert Lewandowski Berhasil Antarakan Namanya Lewati Rekor Gol Milik Lionel Messi.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Tampil Gacor Bersama Getafe, Greewood Dikabarkan Masuk Daftar Jual United Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah Dipastikan Tidak Lagi Bersama The Bavarian Musim Depan, Thomas Tuchel Rencanakan Terbang Kembali Inggris.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kembali Mainkan Peran Sejak Menit Awal, Harvey Elliott Sukses Bayar Tuntas Kepercayaan Klopp Dengan Rekor Unik.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ditengah Rumor Ketertarikan PSG Dan Real Madrid Terhadap Salah Satu Strikernya, Sir Jim Ratcliffe Siap Pagarai Pemain Andalanya.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Don Carlo Tawarkan Posisi Staff Kepelatihan Kepada Luka Modric Jika Gantung Sepatu Di Akhir Musim Ini.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Zinedine Zidane Masuk Bursa Rumor Pelatih Anyar Bayern Munchen Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Perjuangan Djarum Group Membangun Kembali Kekuatan Klub Sepakbola Dari Utara Italia.

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /