Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Soccer

Article Date : 06/11/2023

Article Category : News

Salah satu istilah yang menarik buat lo ketahui adalah gegenpressing. Istilah ini muncul dengan adanya kehadiran dari Ralf Rangnick di Manchester United. Sosok Ralf pun dikenal sebagai bapak gegenpressing. Hal ini kembali ramai diperbincangkan oleh masyarakat ketika salah satu muridnya yaitu Rangnick yang mampu membawa Borussia Dortmund ke masa kejayaannya.

Taktik modern satu ini memang terkenal di Jerman karena memberikan hasil yang memuaskan. Sekarang ini, ada banyak pelatih yang melakukan dan menerapkan strategi tersebut. Menariknya dari strategi satu ini adalah kerja sama tim yang solid, kuat, dan matang. Jika tidak ada unsur tersebut, maka sangat mustahil untuk menerapkan taktik satu ini ke dalam permainan.

Nah, jika lo ingin mengenal lebih dalam terkait taktik ini, lo bisa simak penjelasan lengkapnya di sini.

Apa Itu Gegenpressing?

Arti kata dari Gegenpressing sendiri berasal dari Jerman yang berarti counter-pressing atau dikenal juga dengan menekan permainan lawan. Strategi ini termasuk yang baru atau paling modern dalam dunia sepak bola, salah satunya diterapkan oleh Borussia Dortmund yang berhasil membawa klub tersebut ke masa kejayaan dan mencatatkan hasil maksimal.

Secara umumnya, Gegenpressing adalah taktik yang memberikan tekanan atau pressing kepada lawan yang dilakukan secara bersama-sama. Tujuan dari penekanan tersebut agar membuat ruang gerak dari lawan akan sempit dan tidak bisa leluasa, sehingga hal ini akan menyebabkan peluang untuk menghasilkan gol yang diharapkan sangat sulit untuk dilakukan.

Adanya Gegenpressing ini akan membuat strategi dari lawan bisa dipotong dengan cepat dan bola bisa direbut, sehingga menghasilkan serangan balik yang efektif. Penerapannya pun tidak hanya satu atau dua pemain saja yang merebut bola dari lawan, tetapi beberapa pemain menutup semua celah yang ada dan bisa mendominasi ruang gerak lawan.

Kelebihan Strategi Gegenpressing

1. Kesempatan Penguasaan Bola Lebih Besar

Hal ini ditujukan bahwa dalam taktik satu ini akan merebut bola lawan dengan lebih cepat, sehingga pihak lawan akan mudah penguasaan bola yang ada. Penguasaan yang lebih besar membuat peluang untuk menciptakan gol akan jauh lebih besar dan memberikan kemenangan kepada klub. Proses ini dipengaruhi juga oleh kondisi lawan yang kurang stabil.

Biasanya bola yang direbut ketika klub lawan fokus pada serangan, jadi jika bola direbut dalam kurun waktu yang cepat akan membuat konsentrasi terpecah. Pada aspek inilah yang membuat pihak lawan akan mengalami permasalahan.

 

2. Tekanan yang Tinggi Pada Pihak Lawan

Biasanya pihak lawan akan mengalami kondisi yang tertekan dan kesulitan untuk membangun serangan yang terorganisir dan solid. Peluang untuk menciptakan gol pun akan sangat sulit dilakukan, bola yang ada akan langsung dipotong dengan cepat dan ruang gerak terbatas, sehingga membuat pihak lawan akan mengalami kesulitan yang jauh lebih besar.

Aspek inilah yang membuat lawan akan tertekan dan sangat kesulitan untuk mendapatkan kemenangan yang diinginkan dalam bermain.

 

3. Ritme Permainan Lebih Terkontrol

Paling menarik dari Gegenpressing adalah membuat ritme dalam bermain akan jauh lebih terkontrol dan membuat tim akan lebih cepat membangun serangan yang efektif. Dengan penguasaan bola yang baik dan bola cepat diperebutkan akan mempengaruhi pihak lawan, salah satunya membuat mereka lebih tergesa-gesa dan terpaksa dalam membentuk permainan yang hasilnya kurang efektif.

Kekurangan Strategi Gegenpressing

1. Fisik Cepat Terkuras Habis

Butuh pemain yang memiliki fisik yang luar biasa untuk menerapkan strategi Gegenpressing. Pada tahap ini, pemain akan dituntut untuk lebih maksimal dalam bermain karena bergerak yang terus menerus dalam 90 menit ke depan, sehingga fisik akan benar-benar terkuras. Jadi, apabila pemain dalam kondisi yang optimal, maka permainannya akan lebih cepat dijebol.

Strategi ini memang harus memperhatikan banyak aspek, sehingga jika dilakukan secara terus menerus akan berdampak pada hasilnya. Tidak sembarangan dan dilakukan pada momen yang tepat biar hasilnya akan memuaskan.

 

2. Serangan Balik yang Rentan

Pada dasarnya memang Gegenpressing akan merebut bola dari lawan dan melakukan serangan balik, tapi akan menjadi permasalahan jika pihak lawan bisa mengubah arah pemainnya. Karena pihak lawan akan membangun serangan yang cepat dan efektif, tentunya akan berdampak pada gawang yang kebobolan atau mengalami kekalahan.

 

3. Koordinasi Tim yang Solid

Jika hanya satu atau dua pemain saja yang menerapkannya, maka strategi ini akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang optimal. Perlu kerja sama tim yang jelas dan solid, sehingga bisa membangun taktik tersebut. Apabila tim tidak mengerti dan memahami tanggung jawab serta peranannya akan membuat strategi itu akan menjadi boomerang.

Manajer dan Klub yang Menerapkan Gegenpressing

1. Borussia Dortmund

Pada pembahasan di atas sempat dibahas kalau klub ini yang sukses menerapkan strategi Gegenpressing. Tidak tanggung-tanggung, klub ini berhasil membawa pulang Piala Bundesliga dan berhasil menembus final dari Liga Championship. Di bawah kepemimpinan Kloop membuat tim ini mampu mencatatkan hasil maksimal dengan taktik tersebut.

 

2. Liverpool

Mungkin lo termasuk salah satu fans berat dari klub asal Inggris satu ini. Ternyata, Liverpool juga dikenal salah satu klub yang menerapkan Gegenpressing. Tidak tanggung-tanggung dengan adanya strategi tersebut berhasil membawa Liverpool ke kemenangan Liga Premier dan Liga Champions. Taktik ini hidup juga dinahkodai oleh Jurgen Klopp.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai strategi Gegenpressing. Salah satu taktik sepak bola modern yang terus dikembangkan oleh manajer dan klub di seluruh dunia.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Football History #Soccer

Source:Supersoccer

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Barcelona Tolak Tawaran Manchester United untuk Fermin Lopez

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mungkinkah AC Milan Tergiur? Al Hilal Siap Beli Rafael Leao dengan Harga Fantastis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester United Mau Marc Guehi? Segini Uang yang Harus Disiapkan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ogah Jual Murah, Bayern Munchen Siap Kehilangan Alphonso Davies Gratis

Read to Get 5 Point
image arrow