Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

indonesia

Author : Admin Soccer

Article Date : 02/04/2024

Article Category : News

Ada berbagai alasan yang mendasari perubahan besar tersebut, namun hampir semuanya terlampir sebuah harapan agar tim tersebut memiliki masa depan yang lebih baik.

 

Perdebatan soal jersey timnas Indonesia belum juga usai, setelah polemik desain hingga bahan yang banyak menuai pro kontra di kalangan Netizen Indonesia, baru-baru ini muncul kepermukaan mengenai asal usul pemilihan Erspo sebagai apparel timnas Indonesia yang baru. Namun ada hal yang lebih menarik perhatian kita semua adalah dimana desainer jersey timnas berselisih paham dengan beberapa insan sepak bola Indonesia hingga menjadi keributan di media social beberapa pekan ini. 

 

Dan puncaknya adalah berhembus kabar bahwa Erspo selaku apparel resmi Timnas Indonesia dikabrakan akan segera mengganti desain jersey mereka yang sudah di launching dan digunakan oleh timnas Indonesia senior di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam bulan lalu.

 

Disisi lain, belum jelas juga bagaimana keputusan yang akan di ambil apakah benar Erspo akan merombak total jersey timnas yang sudah mereka rilis dengan desain jersey baru. Namun jika benar adanya, peristiwa ini bisa dibilang cukup unik dan jarang terjadi, dimana sebuah apparel sebuah tim mengganti total desain yang sudah dikeluarkan bahkan digunakan untuk laga resmi. Karena jika melihat ke belakang, peristiwa seperti ini sudah pernah dialami beberapa tim di dunia khususya Eropa. Baik karena alasan estetika atau ada alasan yang lebih besar dari pada itu. Berikut tiga tim yang pernah mengganti desain atau warna jersey mereka secara tiba-tiba.

 

Yang pertama ada raksasa asal Italia, Juventus. Tim yang memiliki gelar Serie A paling banyak tersebut sudah cukup lama identik dengan warna atau pattern garis - garis hitam putih seperti hewan Zebra. Meskipun jika melihat ke belakang sebenarnya La Vecchia Signora lebih akrab dengan warna pink atau merah jambu pada di awal kemunculan klub asal Turin tersebut. 

 

Dan dilansir dari Football Whispers, ketika awal berdiri 1897, Juventus diketahui menggunakan warna pink sebagai identitas jersey kebanggaan. Namun pada 1903, klub mulai menyadari bahwa warna jersey berwarna pink mudah luntur dan tak sedap dipandang lagi. Akhirnya setelah perdebatan panjang, Juventus mengganti warna jerseynya tersebut. Namun dengan segala keterbatasan dikala itu Juventus mendapat bantuan dari salah satu klub sepak bola Inggris, Notts County, yang menggunakan jersey warna strip hitam putih untuk jersey hitam putih pertama mereka. Sejak saat itulah Juventus mewarisi warna strip hitam putih Notts County sebagai identitas kebanggaan klub yang bertahan hingga saat ini.

 

Kedua ada tim tradisional asal Argentina, Boca Junior. Meski berasal dari benua Amerika Selatan, ketenaran Boca tidak kalah mentereng jika dibandingkan dengan tim-tim besar di Eropa. Selain nama besar, jika menyebut Boca Junior tentu saja Superfriends akan teringat dengan warna biru tua dan kuning.

 

Namun, jika berkaca ke belakang, Boca Juniors sejatinya telah melakukan pergantian warna. Bahkan, proses mengganti warna jersey terbilang dihiasi oleh sejarah unik. Tahun 1906, Boca Juniors mengusung warna putih kombinasi strip biru untuk jersey kebanggaan tim. Namun mereka tiba-tiba harus bertanding melawan tim yang punya warna jersey serupa, Nottingham de Almagro.

Dan karena pada laga tersebut, terjadilah sebuah taruhan yang melibatkan kedua klub. Dimana tim yang memenangkan laga tersebut berhak untuk menggunakan jersey berwarna putih. Sialnya dalam laga tersebut Boca Junior kalah dan membuat Boca Junior mengganti warna jersey mereka. Dan singkat cerita, pasca laga tersebut Boca Junior merubah warna jersey mereka yang terinspirasi dari warna kapal yang berasal dari Swedia, sehingga hingga kini mereka menggunakan wara biru tua dan kuning.

 

Terakhir, ada tim asal Inggris Leeds United yang berjaya di era 1990 hingga 2000-an tersebut hingga saat ini terkenal dengan tim yang memiliki warna kebesaran serba putih. Dan dilansir dari situs Historical Kits, keputusan Leeds United mengganti warna jersey terjadi pada 1961. Tepatnya ketika ditangani pelatih legendaris, Don Revie. 

 

Alasannya juga cukup unik, saat itu Don Revie ingin Leeds United sehebat raksasa asal Spanyol, Real Madrid. Alhasil dirinya langsung merubah warna kebesaran Leeds yang sebelumnya identik dengan warna biru dengan aksen garis kuning keemasan menjadi putih bersih mirip Real Madrid.

 

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Soccer #Liga Internasional #Highlight Sepakbola #Berita Bola #Industri Sepakbola

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Ternyata Bukan Hanya Amorim, Kini Niko Kovac Juga Masuk Daftar Kandidat Sebagai Calon Pengganti Jurgen Klopp.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liverpool Menjadi Tim Terburuk Soal Efektifitas Lini Depan Mereka Di Premier League Dalam Kekalahan Mengejutkan Atas Crystal Palace

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sejejarah Tercipta, Bayer Leverkusen Sukses Hancurkan Dominasi FC Hollywood Di Bundesliga

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Newcastle United Sukses Membalaskan Dendam Lewat Kekalahan Telak Atas Tamunya Tottenham Hotspur.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bermain Di Bawah Standart, Manchester United Di Bombardir Di Kandang Bournemouth.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manchester City Di Ambang Pecahkan Rekor Kemenangan Di Kandang Yang Telah Bertahan Selama 103 Tahun

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Perpanjangan Kontrak Pedri Jadi Prioritas Utama Barcelona Ditengah Krisis Finansial Yang Melanda.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Meski Tampil Berhasil Tanpa Cela, Pep Guardiola Akui Saat Ini Timnya Tengah Alami Masalah Serius Terkait Kebugaran Pemainnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Kembali Ke Top Performanya, Kai Havertz Buat Pusing Mikel Arteta Yang Sebelumnya Sudah Rencanakan Gaet Striker Utama Baru Musim Depan.

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Demi atasi masalah di lini depan, Chelsea dikabarkan siap jual pemain demi kumpulkan dana besar untuk pembelian Victor Osimhen.

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /