Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sindir Polisi Skena, Inthesky Rilis Single Sikondegay

Author : Admin Music

Article Date : 06/01/2023

Article Category : Super Buzz

Band hip hop/rap asal Medan, Inthesky, kembali merilis materi teranyar berupa single berjudul Sikondegay. Single ini meluncur pada 17 Desember 2022 lalu. Sikondegay juga menjadi tindak lanjut dari Inthesky atas single mereka sebelumnya, Hustlin’, yang mengambil jarak dua bulan setelah dirilis pada Oktober 2022 lalu.

Khusus untuk materi anyarnya ini, Inthesky melewati proses penyelesaian lagu yang cukup singkat, selama tiga hari saja. Mereka memulainya dari workshop, rekaman, hingga proses post-production mixing. Tetapi, Inthesky mengambil vokal setelah lagu ini dibawakan pertama kali secara langsung di sebuah panggung salah satu festival musik terbesar di Indonesia akhir tahun lalu.

Sikondegay disebut-sebut sebagai single yang paling “dont-give-a-f” bagi Inthesky. Dalam lagu itu, Inthesky menyelipkan beberapa elemen seperti musik tradisional Karo, string, hingga chop a beat khas musik hiphop. Bahkan, Inthesky juga melakukan penulisan lirik yang agak bandel.

Lagu Sikondegay sendiri bercerita tentang pengalaman yang pernah terjadi dengan band ini. Termasuk mengangkat pula kisah tentang fenomena polisi skena yang kian ramai di sekitar mereka. Vokalis dan rapper Xaverius Tarigan mengatakan, “Semua akhirnya kesampaian di lagu ini. Kalau dibandingkan lagu kami sebelumnya yang cerah dengan lirik penuh motivasi membangun semangat, Sikondegay ini lebih gelap sih.”

Single Sikondegay ini juga dilepas bersama video lirik. Pembuatan video liriknya dilakukan Joseph Reno yang pernah berkontribusi untuk cover art single Enigma yang rilis tahun 2020 lalu. Simak video lirik Sikondegay dari Inthesky berikut ini.

Inthesky kembali pula pada Oktober 2022 lalu dengan kabar bahwa mereka siap untuk merilis single yang diberi judul Hustlin'. Single itu dirilis pada akhir September 2022 lalu. Dalam single ini, Inthesky mencoba menandai kembalinya mereka setelah terbentuk pada Juni 2019 silam. Termasuk tanda comeback-nya mereka juga setelah kurang lebih dua tahun belum merilis materi baru.

Single Hustlin' merupakan tindak lanjut Inthesky dengan single sebelumnya yang telah dirilis. Band yang beranggotakan vokalis dan rapper Xaverius Tarigan, keyboardist Mikha Siburian, bassist Maurice Yosua, dan drummer Gogo Cookie ini, telah merilis single Strollin' pada 2020 lalu. 

Nah, di single Hustlin’ kala itu, Inthesky mencoba bercerita tentang hal yang berhubungan dengan rutinitas para pekerja masa kini. Materi ini pun tampil berbeda dengan lagu Strollin' yang menciptakan suasana santai. Xave kala itu mengatakan, "Relate-lah sama kaum pekerja zaman sekarang. Yang berbeda dari single ini, kami akan mengajak kolaborator spesial."

Inthesky pun menggaet H20 Windsection sebagai kolaborator. H20 Windsection beranggota Gomgom Silaban, Yahya Caturono, dan Tommi Marbun. Mereka pertama kali bekerja sama dengan Inthesky saat membuat proyek video sesi live perayaan ulang tahun yang kedua Inthesky.

“Saat itu kami kepikiran pengin ada brass section biar aransemennya lebih ramai. Nah, setelah project itu kok rasanya udah klik. Jadi, kalo ada gigs yang besar kami ajak H2O buat ikut meramaikan,” kata Xave.

Selain Strollin', di tahun yang sama pula, Inthesky juga sempat mengeluarkan single berjudul Enigma. Judul lagu itu terinspirasi oleh mesin enkripsi yang digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia pada masa Perang Dunia II.

Inthesky merupakan unit yang berbasis di Medan, Sumatra Utara. Mereka dikenal sebagai band hiphop/rap yang tak bisa kalian lewatkan dan patut diperhitungkan, Superfriends. Inthesky adalah kuartet yang terbentuk pada Juni 2019 dengan menghasilkan beberapa single dan satu mini album hingga kini.

Perjalanan bermusik Inthesky diawali dari pertemanan Xave dan Maurice di masa sekolah. Begitu selesai kuliah tahun 2019, Xave yang berkuliah di Surabaya dan Maurice yang berkuliah di Bogor bertemu kembali untuk sebuah proyek musik berupa konten video.

Unggahan video tersebut dilihat oleh teman lama mereka, Mikha yang pernah satu band sebagai pemain trumpet. Mikha yang sedang bekerja bersama Gogo akhirnya mengajak Xave dan Maurice bertemu untuk membuat proyek yang baru.

“Setelah mengobrol bertiga, kami ketemu berempat bareng Gogo di salah satu kafe. Waktu ketemu, kami workshop lah dan ternyata mengalir saja. Tiba-tiba jadi satu lagu, judulnya Pause. Ya, sudah di hari itu tanggal 26 Juni 2019 kami memutuskan bikin band. Jadi lah Inthesky,” kenang Xave.

Nama Inthesky sendiri tercetus secara spontan dan mengalir begitu saja. Awalnya, mereka sempat mencari nama untuk band dari jenis-jenis kopi sampai quotes yang terpampang di tembok tempat workshop tempat mereka pertama membentuk band ini. Tak kunjung menemukan ide, mereka justru mendapatkan ide dari unggahan video milik Ajudan Pribadi. Di video tersebut, Ajudan Pribadi dengan lagaknya yang kocak sempat mengatakan, “In the sky, in the sky bosque.”

“Ya sudah kepikiran kita pakai saja itu. Tapi biar agak keren digabung sama pakai titik di belakangnya,” jelas Mikha.

Inthesky mengawali perjalanan dengan single perdana bertitel Forward. Perjalanan bermusiknya terus berkembang hingga melepas mini album Play di tahun 2019. Melalui berbagai dobrakan, Inthesky terus melangkah maju memberikan karya terbaiknya.

Image source: https://www.instagram.com/inthesky.band/

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hip Hop #Sikondegay #Inthesky #single baru #Medan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /