Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ecko Show

Author :

Article Date : 25/10/2020

Article Category : Super Buzz

Musisi satu ini sedang tenar dalam beberapa tahun terakhir berkat lagunya berjudul Kids Jaman Now. Ya, ia adalah Ecko Show, seorang penyanyi hip hop Indonesia yang mencuat karena salah satu lagunya mendadak viral pada 2017.

Penyanyi dengan nama asli Istianto Eko Poernomo ini lahir di Gorontalo, Sulawesi, pada 17 September 1986. Awal kariernya sebagai seorang rapper dimulai pada 2006 dengan bergabung bersama GHC yang saat itu masih bernama HipHop Hulondhalo.

Ecko Show lantas bergabung dengan IMR Record pada 2007 dan mengeluarkan album kompilasi HipHop Sulawesi bersama MCG. Setelah berpisah dari IMR Record, Ecko Show lantas mengambil jalur independen dalam berkarya.

Nah, ada beberapa fakta menarik dari musisi yang satu ini. Apa saja? Cari tahu di bawah ini.

Asal Mula Nama Panggung Ecko Show

Nama panggung Ecko Show yang digunakan oleh Istianto Eko Poernomo ternyata memiliki asal mula yang unik. Ia menceritakan bahwa panggilan ini sudah didapatkan sejak ia masih bersekolah di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ecko yang saat itu sudah gemar unjuk kebolehan, kerap diminta oleh teman-temannya untuk tampil dengan menyebut Ecko Show. Nama itu kemudian ia gunakan sebagai nama panggungnya ketika tampil membawakan musik hip hop.

"Jadi awal mula nama Ecko Show dari kelas 3 SMA. Gue sering mengadakan pertunjukan kecil di kelas kalau guru lagi nggak ada. Ngelawak, nyanyi. Show diambil dari kata pertunjukan, jadi anak-anak kelas itu sering bilang Ecko ayo show dulu," kisah Ecko Show.

Sempat Bermain Band Sebelum Mantap di Dunia Hip Hop

Ecko Show juga sempat mengalami fase pencarian jati diri dalam bermusik. Ia mengaku sebelum terjun di musik hip hop pernah menjajal bermain band di berbagai genre musik macam punk dan pop.

Namun, Ecko Show mengaku di sana ia tak menemukan kecocokan. Pada akhirnya Ecko Show menjajal musik hip hop dan semakin tertarik mendalaminya hingga membuat lagu dan namanya menjadi lebih dikenal saat ini.

"Nge-rap itu baru di tahun 2006, sebelum nge-rap gue pernah main band. Itu pernah jadi anak punk, jadi vokalis di band pop," ujarnya.

"Tapi, selama pindah-pindah aliran ini nggak menemukan jati diri. Setelah pindah ke hip hop, ternyata betah dan merasa enak. Akhirnya betah dan bikin lagu terus sampai sekarang."

Semakin Dikenal Sebab Lagu Kids Jaman Now

Nama Ecko Show semakin dikenal karena karya lagunya pada 2017 berjudul Kids Jaman Now. Ketika istilah kids jaman now atau dalam bahasa Indonesia berarti anak zaman sekarang kerap digunakan dalam pergaulan kiwari.

Kata kids jaman now digambarkan sebagai tingkah anak jaman sekarang yang nyeleneh, kadang lucu, dan tak jarang menimbulkan keprihatinan. Fenomena itu kemudian diangkat Ecko Show menjadi judul lagu.

Ketika video klip lagu ini yang hanya berisi audio diunggah ke akun YouTube Ecko Show, dalam dua pekan saja sudah disaksikan 1,7 juta. Tiga tahun berlalu setelah diunggah, lagu Kids Jaman Now dari Ecko Show sudah ditonton lebih dari 4 juta kali.

"Imbas dari lagu Kids Jaman Now gue dapat banyak panggilan manggung," kata Ecko Show saat diwawancarai oleh Dance Signal.

Proses Pembuatan Lagu Kids Jaman Now yang Singkat dan Sederhana

Di balik lagunya yang meledak pada 2017 lalu, Ecko Show menjelaskan proses pembuatan lagu Kids Jaman Now yang dibuat dengan begitu sederhana.

Ecko Show mengaku dalam pembuatannya, ia bekerja sama dengan seorang siswa kelas 3 SMA di Gorontalo. Bermodalkan laptop model lawas dan peralatan sederhana, Ecko Show mampu menciptakan beat dan lirik yang renyah dan mudah diingat oleh pendengarnya.

"Kids jaman now itu lagu paling baru. Yang bikin instrumen atau beat-nya itu dari anak Gorontalo dia masih anak SMA kelas 3. Laptop yang dia gunakan juga laptop jaman dulu, gue memberi nama laptop itu lapcok karena laptop itu baru bisa hidup kalau dicolok ke listrik," ujar Ecko Show.

"Waktu itu gue lagi ngumpul sama anak-anak, ada yang bilang kayak kids jaman now. Kemudian gue cari tahu dan ternyata sedang booming, kemudian terpikirkan untuk bikin lagu. Prosesnya kira-kira satu minggu, kemudian pembuatan videonya satu minggu. Jadi kira-kira proses pembuatannya sekitar dua minggu."

"Tapi dengan keterbatasan kita di Gorontalo bisa menghasilkan beat yang bisa ada di kancah nasional," tuturnya.

Galang Dana untuk Bantu Korban Banjir di Papua

Ecko Show sempat dikabarkan melakukan penggalangan dana untuk membantu korban banjir bandang yang menimpa masyarakat Papua di Kabupaten Sentani, Jayapura, pada April 2019.

Bentuk kepedulian lain dari Ecko Show kepada Papu dan isu-isu yang menerpa daerah tersebut dituangkan dalam sebuah karya lagu berjudul #SAVEPAPUA. Lagu ini diunggah di akun YouTube Ecko Show pada 25 September 2019.

Dalam karyanya ini, Ecko Show menggandeng beberapa musisi rap seperti EPO D'FENOMENO, LIL ZI, dan Jacson Zeran. Lagu ini mendapat respons positif dengan ditonton lebih dari 2 juta kali.

Ingin Berkolaborasi dengan IWA K

Sebagai seorang musisi, Ecko Show juga memiliki keinginan dan mimpi untuk bisa berkolaborasi dengan idolanya. Nah, untuk hal ini Ecko Show mengaku sangat ingin berkolaborasi dengan musisi hip hop kenamaan Indonesia, Iwa K.

Baca Juga: Create Your Own Pedalboard: Kiat Menyusun Pedalboard yang Tepat

"Harapan kedepannya gue pengen duet bareng legenda hip hop Indonesia, Iwa K. Karena waktu masih duduk di Sekolah Dasar (SD), gue sangat suka dengan (karya) beliau," pungkas Ecko Show.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#ecko show # hip hop # rap # rapper # rapper indonesia # hip hop indonesia # berita musik indonesia # lokal # gorontalo

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /