Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

6 Lagu Pilihan Peneliti untuk Musik Relaksasi

Author : Admin Music

Article Date : 09/12/2021

Article Category : Super Buzz

Bagi banyak orang, tidak bisa dipungkiri bahwa musik punya peran besar dalam kehidupan. Baik itu lagu favorit untuk didengarkan setiap saat hingga musik relaksasi yang dipilih secara acak untuk membantu menenangkan hati kalian, Superfriends. Manfaat musik pada tubuh manusia ini juga kerap kali dipresentasikan melalui berbagai macam jurnal dan studi oleh para ilmuwan dan ahli baik di dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, maka tidak aneh rasanya jika orang punya kebiasaan untuk mendengarkan musik dalam berbagai situasi.

Terkait dengan musik relaksasi, sesuai dengan namanya, musik ini diharapkan mampu membantu membantu kalian untuk bisa lebih rileks dalam menjalani aktivitas seharian, Superfriends. Dengan merasa lebih rileks dan tenang, beberapa studi menyatakan bahwa kalian akan lebih mudah menyelesaikan tugas sesulit apapun. Salah satu studi tersebut datang dari Mindlab International. Dalam riset yang dilakukan, beberapa partisipan dilibatkan untuk menyelesaikan puzzle dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi sambil mendengarkan kompilasi musik relaksasi.

Terkait musik relaksasi yang dipilih, lagu-lagu instrumental hingga pop balada dengan komposisi musik yang dinilai menenangkan oleh para peneliti diputar kepada partisipan yang mengikuti riset tersebut. Dari hasil riset yang dilakukan, para peneliti dapat membuktikan bahwa mendengarkan musik relaksasi bisa membantu orang lebih fokus dalam melakukan aktivitasnya. Para peneliti tersebut juga merangkum kompilasi musik relaksasi tersebut. Berikut pilihannya.

Weightless - Marconi Union

Lagu Weightless dari Marconi Union dipilih sebagai salah satu lagu musik relaksasi yang digunakan oleh para peneliti. Lagu relaksasi ini datang dari band instrumental asal Inggris yang dikenal mampu membuat karya-karya yang dapat membuat suasana hati jadi lebih tenang. Selain itu, musik relaksasi yang digarap oleh Marconi Union ini juga beberapa kali digarap secara kolaboratif yang bertujuan untuk membantu proses terapi suara dalam menangani permasalahan kesehatan mental oleh para praktisi. Dalam riset tersebut, musik relaksasi yang dibawakan oleh Marconi Union ini dianggap berhasil menurunkan tingkat stres hingga 65 persen dari para partisipan yang ikut.

Electra - Airstream

Untuk pilihan musik relaksasi dari ranah ambient atau instrumental lainnya, para peneliti memilih lagu Airstream dari Electra. Secara komposisi, musik relaksasi ini dipilih karena digarap dengan tempo 60 hingga 65 BPM. Tempo tersebut dinilai membantu menurunkan kecepatan detak jantung para partisipan untuk mengurangi kadar stres dalam menjalankan tugas yang diberikan. Selain itu, lagu yang dipilih ini juga punya elemen musik hip hop yang cukup umum didengar oleh banyak orang. Familiaritas konsep suara jadi salah satu faktor pemilihan musik relaksasi agar para partisipan tidak perlu beradaptasi dengan musik relaksasi baru yang mereka dengarkan, Superfriends.

Watermark - Enya

Di luar lagu instrumental, para peniliti pun memilih musik relaksasi dari ranah lagu pop balada. Lagu Watermark dari Enya jadi pilihan tersebut. Enya merupakan penyanyi asal Irlandia yang punya karakteristik vokal mezzo-soprano. Vokal dari sang musisi sendiri dianggap punya elemen musik relaksasi yang kuat karena terdengar lembut. Dalam melengkapi vokalnya, musik yang ditulis pun arus bisa memberi keseimbangan. Maka hal tersebut yang jadi alasan kuat bagi para peneliti memilih musik relaksasi ini. Selain itu, lagu dari Enya tersebut juga punya elemen chorus dari synthesizer yang menyerupai white noise, sebuah elemen suara yang dapat memberi ketenangan, untuk relaksasi hingga membantu orang untuk tidur dengan lelap.

Strawberry Swing - Coldplay

Musik pop mainstream juga jadi salah satu musik relaksasi yang dipilih oleh para peneliti dalam menjalankan riset tersebut. Lagu pop tersebut datang dari Coldplay dengan lagu Strawberry Swing. Dalam memaksimalkan potensi musik relaksasi ini, para peneliti menggunakan metode yang berbeda. Lagu dengan tempo yang cukup tinggi dibandingkan pilihan musik relaksasi lainnya ini dihadirkan dalam sesi tontonan video klip. Para partisipan diharapkan bisa mendapatkan keseruan dan kebebasan yang ditawarkan dari konsep video klip musik relaksasi ini. Selain itu lirik dengan pesan-pesan semangat juga jadi salah satu pemicu yang memengaruhi mental para partisipan untuk bisa fokus menjalankan tugasnya saat riset. 

Canzonetta Sull’aria - Mozart

Musik klasik juga tidak dilewatkan oleh para peneliti untuk digunakan sebagia riset musik relaksasi. Lagu klasik yang dipilih dari Mozart berjudul Canzonetta Sull’aria. Lagu klasik sebagai musik relaksasi ini menyematkan vokal perempuan sebagai ambien dan komposisi musik matematis yang dirancang agar bisa dicerna dengan baik oleh otak. Hal tersebut jadi alasan para peneliti milih lagu ini sebagai musik relaksasi. Selain itu, lagu klasik ini juga menjadi salah satu lagu yang tidak rumit untuk didengarkan. Sehingga orang yang belum begitu suka musik klasik masih bisa mendengarkan lagu ini dengan baik. Hal tersebut tentu membantu hasil riset dari para peneliti dan partisipan yang mengikuti.

Pure Shoes - All Saints

Lagu pop mainstream pilihan lainnya dalam membangun suasana jadi menyenangkan adalah lagu Pure Shoes dari All Saints. Musik relaksasi ini merupakan lagu soundtrack dari salah satu film ternama, The Beach di tahun 2000-an. Pemilihan lagu ini didasari oleh rekomendasi para praktisi olahraga yoga yang dinilai mampu membuat suasana hati tenang dan fokus meskipun dalam nuansa musik yang cukup meriah. Pemilihan tersebut didasari bahwa setiap orang tidak selalu berada dalam situasi yang tenang saat bekerja, maka nuansa musik yang sedikit mampu meningkatkan detak jantung dipilih oleh para peneliti sebagai musik relaksasi.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#musik relaksasi #musik rileks #studi #Musik Klasik #Pop #balada #instrumental

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /