Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 04/12/2023

Article Category : News

Pendidikan musik nggak cuma tentang bisa mainin sebuah instrumen; tapi jadi pintu menuju dunia kreativitas tanpa batas. Pas kita belajar soal melodi, harmoni, dan ritme, itu nggak cuma ngembangin keahlian musik aja, tapi juga bisa ngasih kognitif kita. Belajar musik bisa bantu ningkatin pemikiran yang lebih analitis.

Nggak berhenti disitu aja, belajar musik masih punya banyak manfaat lainnya buat perkembangan lo. Apa aja? Ini penjelasan lengkapnya!

Manfaat belajar musik, apa aja?

Pendidikan musik punya banyak manfaat buat lo, apa aja? Ini penjelasannya!

1. Meningkatkan pengembangan kognitif

Manfaat pertama, belajar musik bisa ningkatin kemampuan kognitif lo karena ngelibatin pengolahan sensorimotor yang cukup intens. Aktivitas kayak main alat musik atau nyanyi, butuh koordinasi yang rumit antara otak dan anggota tubuh. Ini bisa memperkuat hubungan dan memperbaiki kemampuan motorik halus dan kasar.

Selain itu, praktik musik juga bisa ngerangsang aktivitas otak secara menyeluruh, nguatin konektivitas antar daerah otak dan ningkatin kemampuan ngeproses informasi, mecahin masalah, dan daya ingat.

2. Menstimulasi kreativitas

Pas lo belajar buat mainin alat musik atau nyanyi, lo dikasih kebebasan buat nyiptain dan ngeekspreriin emosi atau ide-ide pribadi. Misalnya, bikin karya sendiri, atau nyiptain suara yang unik.

Proses kreatif dalam musik juga ngerangsang area otak terkait kreativitas kayak lobus frontal dan otak tengah. Ini memungkinkan eksplorasi ide-ide baru dan cara unik buat nyampein konsep. Jadi, belajar musik nggak cuma ngebangun keterampilan teknis, tapi juga memupuk dan merangsang kreativitas individu.

3. Ngembangin skill sosial

Lewat pendidikan musik, lo bisa ngembangin kemampuan sosial karena lo bakal banyak kerja tim, kolaborasi, dan komunikasi interpersonal. Lo juga bisa belajar soal rasa kebersamaan, solidaritas, dan saling dukung sesama musisi. Ini nggak cuma memperkaya pengalaman sosial lo tapi juga bantu ngembangin rasa empati dan ngehargain kontribusi orang lain.

Pendidikan musik juga jadi tempat buat interaksi sosial di luar kelompok musik formal, kayak pertunjukan atau festival musik. Ini ngebuka kesempatan buat bertemu dan berinteraksi sama banyak orang yang punya minat musik, memperluas jejaring sosial dan ningkatin skill komunikasi interpersonal secara umum.

4. Penyempurnaan keterampilan motorik

Main alat musik atau nyanyi melibatkan anggota tubuh, kayak tangan, jari, lengan, dan kadang-kadang seluruh tubuh. Ini memperkuat dan ningkatin koordinasi antar bagian tubuh.

Misalnya, main piano butuh koordinasi yang pas antara kedua tangan buat mainin melodi dan akor secara bersamaan. Kalau main gitar perlu mengkoordinasikan gerakan jari di fret dan tangannya yang metik senar. Bahkan, menyanyi sendiri ngelibatin kontrol otot di pita suara, diafragma, dan area lain di sekitar leher dan dada. Pengulangan dan latihan dalam konteks musik memperkuat konektivitas antara otak dan otot, membantu mengasah keterampilan motorik.

5. Meningkatkan kedisiplinan dan fokus

Buat berhasil mencapai tingkat keahlian main musik yang memuaskan, lo harus bersedia buat komitmen sama praktek yang konsisten. Fokus tinggi diperlukan buat mahamin detail notasi, ritme, dan dinamika.

Kontrol emosi juga diperlukan buat ngadepin tantangan teknis. Kalau konsentrasi penuh dibutuhin selama penampilan solo atau dalam kelompok. Jadi, belajar musik nggak cuma ningkatin keterampilan teknis, tapi juga ngelatih lo buat disiplin dan fokus.

6. Bagus untuk kesehatan mental

Lewat musik, lo bisa nunjukin ekspresi diri secara kreatif, nyalurin emosi negatif, dan ningkatin suasana hati. Ini juga bisa bantu lo buat ngelola kecemasan, stress, dan jadi media relaksasi yang positif. Jadi, belajar musik nggak cuma ngasih pengalaman artistik aja, tapi juga ngebantu ningkatin kesadaran emosional diri sendiri dan orang lain juga.

Lo jadi bisa ngontrol ekspresi emosional, nguatin identitas diri, dan ningkatin kepercayaan diri. Mungkin lo pernah liat atau denger kalau musik juga sering dipakai buat jadi terapi kesehatan mental.

7. Ningkatin rasa percaya diri

Terakhir, pendidikan musik juga bisa ningkatin rasa percaya diri lo. Ini karena, proses belajar dan nguasain keterampilan ngasih pencapaian yang konkret dan bikin lo makin yakin sama kemampuan lo. Tampil di depan publik, penerimaan atas kemampuan lo, dan ekspresi diri lewat musik bikin kepercayaan diri lo makin ningkat.

Ikut terlibat di kelompok musik juga ngelatih keterampilan sosial dan ngebangun hubungan positif. Disiplin dan konsistensi yang udah lo bangun dalam latihan musik juga memperkuat dasar buat ningkatin rasa percaya diri secara berkelanjutan.

8. Peluang karir di dunia musik

Selain jadi musisi atau penyanyi, pendidikan musik juga ngebuka pintu karir di bidang penyutradaraan musik dan pengajaran di sekolah atau lembaga pendidikan musik. Profesional musik juga dapat terlibat dalam industri rekaman, produksi musik untuk distribusi luas. Oleh karena itu, pendidikan musik nggak cuma ngasah keterampilan teknis, tapi juga nyiapin lo buat berbagai peran di industri musik.

Dukungan orang tua berperan penting!

Bakat dan minat setiap anak pasti beda, mungkin lo termasuk yang berbakat atau punya minat di bidang musik. Selain belajar dan praktik yang banyak, dukungan orang tua juga berperan penting buat perkembangan bermusik. Dukungan yang bisa dikasih orang tua adalah; dukungan emosional, milihin instrumen yang sesuai, menyediakan fasilitas, terlibat dalam proses belajar, dan mendorong biar anak tetap konsisten dan semangat belajar.

Orang tua juga bisa bantu milih lembaga pendidikan atau tempat kursus musik yang bagus, mendorong anak buat ikutan kelompok musik, dan nge-apresiasi setiap progress yang dicapai anak. Lewat dukungan-dukungan ini, orang tua ngebantu anak ningkatin keterampilan musik, rasa percaya diri, dan cinta terhadap musik. Jadi anak bisa ngejalanin setiap prosesnya dengan enjoy.

Itu dia pentingnya pendidikan musik buat anak muda. Gimana, pendidikan musik ternyata punya segudang manfaat positif, kan? Kalau lo lagi belajar musik, semangat, ya. Ikuti terus update soal musik hanya di SuperMusic!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#belajar musik #pendidikan seni #Musik #Artikel Musik

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Virzha Kembali dengan Single Baru Berjudul Perjalanan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menuju Album Baru, Vaultboy Rilis Single Berjudul you're my moon"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liqua Ajak Bernostalgia Masa Remaja Lewat Single Berjudul Kudapan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Firstrate Lepas Debut Single Berjudul Springtime

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Milledenials Rilis Alternate Version dari Dua Single, Precious Me dan Youth LiFe

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

God Bless Lepas Album Anthology dalam Format Vinyl di Record Store Day Indonesia 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RADWIMPS Bawa Toaka di World Tour Barunya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Blxst Rilis Musik Video dari Single Rewind

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

The Baby Seals Rilis Debut Album Bertajuk Chaos

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sambut Hari Bumi, Navicual dan Endah n Rhesa Rilis Single Berjudul Segara Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /