Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

double pedal drum

Author : Admin Artikel Superlive

Article Date : 31/03/2024

Article Category : News

Double pedal drum adalah alat yang digunakan drummer untuk menggerakkan kedua bass drum secara bersamaan dengan kedua kaki. Dengan menggunakan double pedal, drummer bisa nyiptain suara glo atau dual kick dengan lebih cepat dan efisien daripada ngegunain satu pedal tunggal. 

Teknik ini sering digunain dalam genre musik rock, metal, dan hardcore yang memerlukan kecepatan dan ketepatan. Penggunaan double pedal memungkinkan drummer buat ngelakuin double strokes pada bass drum dengan mudah, yang bikin variasi dan kompleksitas dalam permainan drum. Gimana sih cara bermain double pedal drum? Ini penjelasannya dan rekomendasi double pedal drum terbaik buat lo!

Cara bermain double pedal drum

Belajar teknik double pedal nggak bisa cuma dengan membaca notasi aaja. Lo perlu latihan yang khusus dan teknik yang benar. Ada dua teknik utama dalam bermain double pedal, yaitu heel down dan heel up. Ini penjelasannya:

1. Teknik Heel Down

Ini adalah teknik di mana tumit tetap menempel di pedal drum. Tapi, teknik ini kurang efektif karena bisa bikin suara bass drum tertahan dan sulit untuk memainkan double pedal dengan baik.

2. Teknik Heel Up

Teknik ini lebih disarankan. Dalam teknik ini, tumit sedikit diangkat dari pedal, memungkinkan pegas pedal buat memantulkan kembali beater dengan lebih efisien. Dengan teknik ini, kaki bisa lebih leluasa dalam menggerakkan pedal dan nggak mudah lelah.

Untuk berlatih, lo nggak selalu butuh drum kit. Lo bisa latihan dengan visualisasi atau bayangan. Duduk santai dan bayangkan drumkit di depan lo.

 

Langkah-langkah untuk berlatih double pedal:

  1. Mulailah dengan gerakin pedal dari kaki kiri ke kanan, dengan pola LR LR LR (kiri-kanan) selama 1 menit. Setelah itu, kembangkan jadi pola LLRR LLRR untuk melatih kaki kiri.

  2. Pakai metronome buat ngatur tempo. Coba mulai dari tempo yang lambat dan tingkatkan secara bertahap pas lo udah mulai terbiasa.

  3. Latihan setiap hari selama minimal 30 menit, tapi jangan dipaksakan kalau badan lagi nggak fit.

  4. Setelah lancar dengan double pedal, kembangin lagi dengan menambah snare drum dan cymbal.

  5. Pastikan posisi duduk lo nyaman biar bisa berlatih dengan baik.

Rekomendasi double pedal drum terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi double pedal drum terbaik buat lo, serta spesifikasinya:

1. Yamaha DTX-452K

Rekomendasi pertama ada double pedal drum dari Yamaha DTX-452K. Double pedal ini hadir dengan 10 fungsi pelatihan yang terintegrasi, memungkinkan lo buat ningkatin keterampilan bermain drum. Dengan beragam suara drum yang bisa dipilih, lo bisa mengeksplorasi berbagai gaya musik. 

 

Fitur "Voice Guidance" jadi nilai tambah dengan ngasih panduan langsung kepada pemain sebagai guru drum pribadi. Snare pad 3-zona dengan dinamika ekstra dan 10 drum kit yang tersedia membuat drum ini cocok buat berbagai jenis musik.

2. Roland TD1K

Rekomendasi kedua adalah Roland TD1K, double pedal ini menonjol dengan desainnya yang ringkas dan ergonomis, bikin double pedal ini ideal buat penggunaan di rumah. Suaranya bisa diputar langsung melalui smartphone, memungkinkan lo untuk latihan menggunakan lagu-lagu favorit lo. Dilengkapi dengan fungsi coach dan perekam, drum ini cocok buat pemula yang mau belajar dengan sistem yang terarah dan terukur.

3. Mapex Double Pedal

Mapex dikenal dengan kualitas konstruksi yang kokoh dan tahan lama. Double pedal ini punya banyak opsi penyesuaian buat kenyamanan bermain, jadi lo bisa menyesuaikan pedal sesuai preferensi yang lo suka. Responsivitas yang cepat dan presisi di setiap ketukan membuatnya jadi pilihan yang baik buat para drummer yang nyari keandalan dalam kinerja.

4. Pearl Eliminator

Pearl Eliminator dilengkapi dengan sistem cam yang bisa diganti-ganti, memungkinkan lo buat ngatur karakteristik pedal sesuai dengan preferensi lo. Gerakan pedal yang halus dan konsisten ngasih pengalaman bermain drum yang memuaskan. Menggunakan dual chain drive, pedal ini menawarkan daya tahan dan keandalan yang tinggi untuk pemakaian jangka panjang.

5. Iron Cobra by Tama

Rekomendasi terakhir adalah Iron Cobra, yang tersedia dalam dua varian, yaitu Power Glide dan Rolling Glide. Masing-masing punya keunggulan yang berbeda. Dengan fitur spring tension adjustment, lo bisa ngatur ketegangan pegas sesuai keinginan buat meningkatkan kenyamanan bermain. 

Beater angle adjustment memungkinkan lo buat nyesuaiin posisi beater untuk dapat suara yang diinginkan, bikin double pedal ini jadi pilihan yang cocok banget buat para drummer yang memperhatikan detail dalam permainan mereka.

 

Semua double pedal drum ini punya kualitas yang baik dan bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan lo. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain, tujuan, dan budget lo ya!

 

Nah, itulah pembahasan tentang double pedal drum, semoga membantu dan nambah referensi lo buat milih double pedal yang cocok! 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#drum #Musik #musik rock

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Umumkan Personel Baru, The Sendawa Merilis Single "Cinta/Bercinta"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

One Or Eight Umumkan Tanggal Debut Usai Rilis Teaser yang Viral 'Kawasaki"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Reality Club Menjanjikan Pengalaman Tak Terlupakan Melalui Reality Club Presents... Indonesia Tour 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

HYUKOH & Sunset Rollercoaster Persembahkan Album Kolaboratif 'AAA'

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Floating Points Rilis Single Baru "Key103" dari Album Mendatang "Cascade"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

JESSIA Ceritakan Kisah Pasca-Putus di "Different People"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Cigarettes After Sex Rilis Album ke-3 Berjudul X's

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

.Feast Merilis Visualisasi dari Karya Termanis Mereka – “Kita adalah Nina bagi seseorang”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

elijah woods Nostalgia Masa Kecil di "2 thousand 10"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Wasia Project Rilis Single Baru "Takes Me Back Home"

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /