Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 01/11/2023

Article Category : News

Industri musik udah ngalamin transformasi yang cukup gede dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu fenomena yang paling kelihatan adalah berkembangnya musik indie. Istilah ‘indie’ sendiri ngegambarin lebih dari sekedar genre musik; tapi menciptakan komunitas artistik yang ngedukung kemandirian, kreativitas, dan eksperimen.

Ada banyak artis-artis besar yang ternyata nggak bekerja sama dengan label rekaman besar lho. Mereka memulai karirnya di dunia musik lewat jalur independen alias mandiri. Contohnya kayak Fiersa Besari, dia terkenal banget sama lagu-lagunya yang puitis dan enak didengerin pas lagi galau. Lagu-lagu yang enak itu diproduksi dengan kreativitas musisinya. Keren banget, kan? Nah kalo lo masih agak asing sama musik indie, yuk cari tahu lebih banyak!

Apa itu musik indie?

Musik indie adalah bentuk musik yang diproduksi secara independen, di luar kendali dan nggak ada bantuan dari label rekaman besar atau perusahaan musik. Artis dan band indie punya kemandirian dalam seluruh proses produksi musik, mulai dari penulisan lagu sampai proses rekaman dan distribusi lagu.

Para musisi indie cenderung lebih fokus sama kreativitas, eksperimen, dan kebebasan berekspresi, daripada mengikuti tren pasar yang mainstream. Musik indie mencakup berbagai genre musik, nyiptain banyak gaya musik yang dapat ditemui dalam komunitas ini. Artis indie juga sering ngebangun hubungan yang lebih deket sama fansnya lewat konser kecil, media sosial, dan platform online lainnya, bikin ikatan yang lebih erat antara mereka dan pendengar. Meskipun independen, beberapa artis indie dapat mencapai kesuksesan besar dan mungkin menandatangani kontrak dengan label rekaman besar kalau mereka memilih demikian.

Subgenre musik indie, apa aja?

Ini adalah beberapa subgenre dari musik indie, yuk kepoin:

1. Rock Indie

Rock indie adalah bentuk musik rock yang digarap tanpa keterlibatan dari label rekaman besar dan menekankan kreativitas, otonomi artistik, dan eksperimen musik. Subgenre-subgenre yang termasuk dalam rock indie mencakup indie rock alternatif, pop indie-rock, post-punk, garage rock, dan banyak lagi.

2. Pop Indie

Pop indie adalah genre musik yang nonjolin melodi yang gampang diingat, lirik yang lebih dalam, dan seringkali eksperimen musik yang kreatif. Artis pop indie sering bekerja dengan label independen atau secara independen, memberi mereka kendali lebih besar atas karya mereka.

3. Folk Indie

Folk indie adalah subgenre musik indie yang nonjolin instrumen kayak gitar akustik, banjo, dan harmoni vokal, dengan lirik yang sering ngomongin pengalaman pribadi dan kisah-kisah yang dalam. Folk indie ngedukung kemandirian artistik dan seringkali mengeksplorasi nuansa alamiah dan akustik dalam musiknya. Artis seperti Sufjan Stevens dan Bon Iver sering dikaitin sama genre ini.

4. Punk Indie

Punk indie menekankan energi, kecepatan, dan kesederhanaan dalam musik, dengan lirik yang sering menyoroti isu-isu sosial atau politik. Band punk indie sering berjuang untuk otonomi artistik dan tidak bergantung pada label rekaman besar. Gerakan ini telah memberikan suara kuat bagi artis yang ingin mengekspresikan diri mereka dengan cara yang tidak terikat oleh norma-norma industri musik.

5. Experimental Indie

Sesuai namanya, experimental indie adalah subgenre musik indie yang ngutamain eksperimen, inovasi, dan kreativitas dalam musik. Subgenre ini memungkinkan artis buat ngebebasin diri mereka dari konvensi dan eksplor suara dan ide-ide yang lebih avant-garde.

6. Indie Pop-Rock

Indie pop-rock adalah subgenre musik yang nyiptain suara yang maduin melodi yang mudah diingat dengan kreativitas dan eksperimen dalam musik, seringkali dengan pendekatan independen dalam produksi.

7. Shoegaze

Shoegaze adalah subgenre musik yang nonjolin paduan suara gitar yang kental, efek suara yang banyak, dan seringkali vokal yang lembut. Ciri khasnya adalah fokus mendalam pada musik dan efek yang digunakan oleh musisi yang cenderung "melihat sepatu mereka" selama pertunjukan, sehingga menciptakan suara yang atmosfer dan mendalam.

Rekomendasi lagu indie, wajib masuk playlist!

  1. Untuk perempuan yang sedang dalam pelukan - Payung Teduh

Lagu ini dirilis pada tahun 2013 dalam album debut Payung Teduh yang judulnya ‘Dunia Batas’. Lagu ini ditulis sama Is dan dipopulerin sama vokalis band tersebut, Comi.

Melodinya yang lembut dan lirik yang emosional bikin lagu ini jadi terkenal banget dan dianggap sebagai lagu ikonik dalam musik indie Indonesia.

 

  1. Sampai Jadi Debu - Banda Neira

‘Sampai Jadi Debu’ dari Banda Neira dirilis pada tahun 2014. Liriknya ngungkapin rasa cinta dan rindu yang dalem, dengan perumpamaan debu sebagai metafora tentang ketidakabadian dan ketidakpastian dalam hubungan. Musiknya yang simple dan vokal yang menggetarkan, menciptakan atmosfer yang mengharukan. Lagu ini wajib masuk playlist Spotify lo!

 

  1. Kukira Kau Rumah - Amigdala

‘Kukira Kau Rumah’ nyeritain tentang perjalanan seseorang yang nyoba buat nemuin rumah dan tempat yang nyaman dan bikin dia ngerasa diterima. Melodi yang melankolis dan lirik yang dalam, lagu ini menyentuh perasaan kerinduan, pencarian makna, dan eksplorasi diri.

 

  1. Komang - Raim Laode

Lagu ‘Komang’ nunjukin rasa rindu dan kekaguman Raim sama istrinya sendiri yang udah nemenin dia dari nol sampai sekarang.

 

  1. Fana Merah Jambu - Fourtwnty

‘Fana Merah Jambu’ nyeritain tentang rasa cinta dan rindu. Melodi yang lembut dan vokal yang emosional bikin lagu ini jadi salah satu karya yang terkenal dari Fourtwnty di kalangan pendengar musik indie Indonesia.

 

  1. Kembali Pulang - Feby Putri & Suara Kayu

Lagu ini dirilis tahun 2022 silam, nyeritain tentang perjalanan panjang tapi nggak sesuai harapan, sampai akhirnya lo sadar kalau ada seseorang yang selalu nerima lo buat pulang. Lagu ini viral banget, baru seminggu diupload di YouTube langsung ditonton sama ratusan ribu orang.

 

  1. Rayuan Perempuan Gila - Nadin Amizah

Nah kalau ini baru dirilis bulan Juni kemarin, lagu ini juga viral di berbagai sosmed terutama TikTok. Sama kayak lagu Nadin Amizah lainnya yang enak semua, Rayuan Perempuan Gila juga wajib masuk playlist Spotify lo!

Nah, itu dia penjelasan tentang musik indie, mulai dari pengertian, sub genrenya, sampai 7 rekomendasi lagu indie yang lagi viral saat ini. Ikuti terus update seputar dunia musik hanya di SuperMusic!

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#musisi indie #musik indie lokal

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Grimlock Agony Lepas Debut EP Bertajuk “Suffocate”

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Shorinji Fight Kenalkan Single Barunya, “Bring It Back”

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Phum Viphurit Berpetualang di Album Mini Barunya "Paul Vibhavadi Vol. 1"

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Ten2Five Lepas Single Baru yang Colorful Berjudul "Rainbow"

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Rahardja Rilis Single Baru Berjudul "Surya"

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Belen Rilis Lagu Debut “Cross My Mind”

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Menuju Debut Album, Tama Yuri Rilis SIngle "Canggung"

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

F00ry Lepas Maxi Single, “Rebeltoire/Seke-Dub”

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Sarahsambung Rilis Debut Single Berjudul “CuKuP 1x”

Read to Get 5 Points
image arrow
image article
News

Sorai Seroja Kembali dengan Single Keduanya Berjudul "Perjamuan Lara"

Read to Get 5 Points
image arrow
1 /