Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Music

Article Date : 13/12/2023

Article Category : News

Ada beberapa orang yang kalau mau ngapa-ngapain harus minum kopi dulu. Kalau belum ngopi rasanya kurang seger, kurang melek, dan kurang bisa mikir. Lo termasuk yang gitu juga nggak? Lo pasti udah nggak asing kan sama espresso? Ini adalah metode penyeduhan kopi yang pertama kali muncul di Italia pada awal abad ke-20. Dari Italia, espresso makin populer ke seluruh dunia dan jadi salah satu teknik menyeduh kopi yang paling diakui dan disukai banyak orang.

Orang Italia, punya cara khusus menikmati espresso yang jadi cerminan tradisi dan keaslian kopi mereka, lho. Beda sama minuman kopi lainnya yang dilengkapi gula atau susu, orang Italia suka minum espresso dalam bentuk aslinya, tanpa tambahan apapun. Jadi, mereka bisa ngerasain sepenuhnya kompleksitas rasa dan aroma biji yang digunakan. Jadi, gimana sih cara minum espresso paling asik? Intip penjelasannya!

Cara minum espresso ala orang Italia

Ini adalah penjelasan cara orang Italia minum espresso:

1. Paham apa itu espresso

Kenapa sih lo harus paham soal espresso? Dengan memahami apa itu espresso, lo bisa dapet pengalaman minum kopi yang lebih oke. Lebih tahu milih biji kopi sesuai selera, tahu apa yang lo mau, atau bisa ngobrol seru sama barista soal kopi dan espresso.

Espresso biasanya disajiin di cangkir kecil yang disebut "shot glass" atau "demitasse". Meskipun volume minuman espresso relatif kecil (sekitar 30-60 ml), kekuatannya tinggi banget karena proses ekstraksi yang singkat di bawah tekanan. Espresso ngebentuk dasar buat berbagai minuman kopi lainnya, kayak cappuccino, latte, americano, dan banyak lagi.

2. Pesan espresso langsung di bar

Di Italia, banyak orang yang suka pesen espresso langsung di barnya, bukan duduk-duduk di meja. Bukan karena lagi buru-buru, ya tapi karena di bar lo bisa ngobrol sama barista, ngomongin soal kopi, sampai ngintip proses bikin espresso pesenan lo. Biasanya, orang juga langsung minum espresso mereka di situ juga, bukan dibawa duduk-duduk karena biasanya sekali teguk minumnya.

Lo bisa pesen espresso one shot atau double shot, ini kayak level kekuatan kopinya. One shot kayak espresso yang standar, rasa kopinya konsisten. Nah, kalau double shot ini tembakan kopinya dua kali lipat. Kalau lo pengen yang lebih pekat dan intens, double shot juaranya!

3. Jangan minum espresso yang ga ada crema-nya

Kalau pesen espresso terus nggak ada cremanya, jangan diminum ya. Itu bisa jadi tanda kopi nggak segar atau proses penyeduhannya kurang pas. Crema ini bukan cuma pemanis visual aja, tapi juga bikin rasa espresso lebih kaya dan kompleks. Jadi, kalau espresso tanpa crema, bisa aja rasanya kurang maksimal karena crema itu kayak signature-nya espresso.

4. Minum espresso dalam satu kali tegukan

Espresso beda sama minuman kopi lainnya yang bisa lo nikmatin sambil santai dan diseruput sedikit demi sedikit. Orang-orang biasanya minum espresso dalam sekali teguk buat dapetin seluruh kekuatannya sekaligus. Kekentalan dan rasa kopi yang intens dari espresso ini bisa langsung banjir di lidah kita begitu masuk ke mulut. Proses ini juga bikin kita bisa ngerasain semua kompleksitas rasa kopi dari pertama sampai terakhir tegukan.

5. Bersihkan lidah dengan segelas air putih (jika diperlukan)

Kalau diperlukan, lo bisa bersihin lidah setelah minum espresso pakai segelas air mineral atau air putih. Ini seperti nge-reset palate kita, guys. Espresso punya rasa yang pekat dan kental, dan kadang-kadang bisa ninggalin jejak rasa yang kuat di lidah. Nah, dengan minum air putih setelahnya, lo bisa membersihkan lidah dari sisa-sisa kopi dan persiapkan palate kita buat rasa-rasa berikutnya. Selain itu, air putih juga bisa ngasih efek segar dan ngelembabin lidah yang mungkin aja jadi kering abis menikmati espresso.

6. Nikmatin nuansa dan musik cafe

Minum espresso sambil ngobrol atau mendengarkan musik itu kayak nambahin asiknya minum kopi. Ngobrol bisa bikin suasana jadi santai, sambil espresso-nya jadi kayak temen curhat. Trus, ditemenin musik yang pas, bisa bener-bener bikin momen kopi jadi lebih seru dan enjoy.

7. Espresso bisa diminum kapan saja

Espresso bisa diminum kapan aja, tergantung selera dan kebutuhan energi lo. Sebagian dari kita mungkin harus ngopi dulu sebelum melakukan aktivitas biar bisa melek dan semangat. Banyak yang suka minum espresso pagi sebagai pendorong energi setelah makan. Tapi espresso bisa lo nikmatin kapan aja sesuai selera dan mood lo.

Cara kreatif minum espresso

Ada beberapa cara kreatif lain buat minum espresso, ini dia:

1. Espresso dengan air putih

Espresso dengan air putih jadi cara minum espresso paling biasa dan umum disajikan di berbagai cafe. Biasanya air putih ini disajikan di sebelah espresso.

2. Espresso dengan air dingin

Espresso juga bisa diminum dalam kondisi dingin dengan air es atau air dingin. Biasanya disebut espresso freddo di beberapa tempat. Espresso diseduh kayak biasa, terus didinginkan sebelum disajikan. Air dingin ini ngasih sentuhan fresh dan tetep ngejaga kekentalan rasa espresso-nya.

3. Espresso on the rock/ dengan es batu

Meskipun sama-sama dingin, tapi espresso on the rock beda dengan freddo. Espresso ini diseduh kemudian disajikan di atas es. Es yang mencair bakal ngasih nuansa dingin di minuman dan bikin espressonya lebih encer dan lebih ‘ringan’ rasanya.

4. Espresso dengan es krim/ affogato

Espresso juga bisa diminum dengan es krim, ini biasanya disebut affogato. Jadi, es krim atau gelato yang dicurahkan dengan espresso panas. Campuran panas dingin ini ngasih rasa yang kontras tapi nikmat.

5. Espresso con panna

Lo juga bisa coba espresso con panna. Ini espresso yang ditambahin lapisan cream atau whipped cream di atasnya.

6. Espresso macchiato

Kalau espresso macchiato, espresso dengan sedikit susu terus disajikan di cangkir kecil. Cara ini ngasih rasa yang seimbang antara espresso yang strong dan susu yang ringan.

7. Espresso dengan lemon

Espresso lemon adalah variasi minuman kopi yang unik yang menggabungkan kekuatan espresso dengan sentuhan segar dari rasa lemon. Biasanya, minuman ini disajikan dengan nambahin sepotong kulit lemon (zest) ke permukaannya.

Nah itu dia 7 cara minum espresso ala orang Italia dan 7 cara kreatif dan seru lainnya buat minum espresso. Kalau lo nggak begitu kuat sama rasa pahitnya espresso, lo bisa cobain espresso variasi sesuai selera lo. Karena kopinya yang kental, espresso bisa bikin lo melek dan semangat buat bermusik lagi!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Musik #ngopi dulu lah #tips

Source:Supermusic

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Virzha Kembali dengan Single Baru Berjudul Perjalanan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Menuju Album Baru, Vaultboy Rilis Single Berjudul you're my moon"

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Liqua Ajak Bernostalgia Masa Remaja Lewat Single Berjudul Kudapan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Firstrate Lepas Debut Single Berjudul Springtime

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Milledenials Rilis Alternate Version dari Dua Single, Precious Me dan Youth LiFe

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

God Bless Lepas Album Anthology dalam Format Vinyl di Record Store Day Indonesia 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

RADWIMPS Bawa Toaka di World Tour Barunya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Blxst Rilis Musik Video dari Single Rewind

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

The Baby Seals Rilis Debut Album Bertajuk Chaos

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Sambut Hari Bumi, Navicual dan Endah n Rhesa Rilis Single Berjudul Segara Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /