Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

vinyl

Author : Admin Music

Article Date : 20/07/2023

Article Category : Tips & Gears

Belum mulai bersih-bersih, tapi repotnya pasti udah kebayang duluan, iya kan? Meski mungkin agak sulit dibanding membersihkan barang-barang lain, menjaga vinyl dari debu dan kotoran lainnya sangat penting untuk dilakukan, jika lo nggak mau koleksi favorit lo tersebut rusak dengan mudahnya. Kerusakan pada rekaman bisa memengaruhi estetika dan pemutaran, dan membuat musik terdengar serak dan kualitasnya buruk. Hal ini bikin trek muncul dan dilewati, atau bahkan nggak bisa dimainkan sama sekali. Jadi gimana cara membersihkan vinyl supaya tetap awet?

Membersihkan Vinyl dengan Tangan

Image source: shutterstock.com/stocksnapper

Sebelum memulai proses pembersihan vinyl dengan menggunakan tangan, pastikan lo mencuci tangan dahulu supaya minyak dan kotoran-kotoran lain di jari hilang. Jangan sampai ada sidik jari atau noda kotor di bagian tengah label atau permukaan vinylnya. Selanjutnya, taruh piringan hitam di atas permukaan yang lembut. Bisa menggunakan slipmat di meja putar atau kain yang besar. Tapi sebaiknya, letakkan di meja putar aja, karena spindelnya bisa menahan kaset saat lo membersihkannya.

Gunakan sikat yang lembut untuk menghilangkan kotoran kering yang mungkin masih ada di permukaan rekaman. Setelah disikat, tuang sedikit cairan pembersih ke kain yang lembut. Ingat, Superfriends, hanya gunakan produk pembersih rekaman yang rendah bahan kimianya atau air murni deionisasi ya! Setelah itu, lap permukaan kaset menggunakan kain untuk mengolesi cairan pembersihnya. Hati-hati, jangan ditekan terlalu keras, tapi cukup kuat supaya kain mikro bisa mengangkat kotoran yang nyangkut di lekukan. Setelah bersih, keringkan dengan menggunakan lap, dan periksa lagi apakah masih ada kotoran tertinggal. Kalau masih ada yang kotor, ulangi langkah di atas, Superfriends!

Menyimpan Vinyl