Superfriends, lo udah pada tau kan kalau dalam Groupset itu ada pembagian kelompok-kelompok komponen menjadi 3, salah satunya adalah Gear Shift. Nah, dalam Gear Shift ini ada satu komponen yang punya cara kerja unik banget, yaitu Derailleur. Di sini, Super Challenge bakal kupas tentang Derailleur, di mana letaknya, dan gimana cara kerjanya sampai o ngerti mekanisme ganti gigi Road Bike, bro!
Derailleur hanya akan lo temui di sepeda yang bertransmisi, atau bisa gonta-ganti gigi. Tempatnya itu ada tepat di sisi rear cassette. Tapi, kadang ada juga Groupset yang punya 2 Derailleur, yang mana satu lagi bisa lo temukan di front cassette. Derailleur ini berfungsi sebagai alat yang melepas rantai dari sprocket, dan mengarahkan putaran rantai ke sprocket lain, bisa turun atau naik.
Untuk Front Sprocket, cara kerjanya cukup sederhana. Ketika lo memberikan input pada Shifter, kabel akan memberikan sinyal pada Derailleur untuk melakukan tugasnya. Front Derailleur yang biasanya terpasang langsung pada Front Cassette akan bergeser mengikuti input yang diberikan pada Shifter. Hasilnya, gigi depan akan berganti keinginan lo.
Nah, kalau Rear Derailleur, agak lebih rumit nih, Superfriends. Rear Derailleur memiliki part bernama Pivot yang membuatnya bisa bergerak menyesuaikan dengan ukuran sprocket yang sedang digunakan, baik itu di Cassette depan atau belakang. Ada 2 pivot pada Rear Derailleur yairu Upper dan Lower. Keduanya disusun menyerupai huruf “Z” yang dijaga oleh gear dan menjadi jalur untuk rantai. Tujuan pembentukan huruf “Z” ini adalah untuk menyesuaikan dengan panjang rantai yang digunakan pada Drivetrain sepeda. Misalnya, lo memindahkan rantai ke sprocket yang lebih besar, artinya panjang rantai yang berputar di 2 Cassette menjadi lebih panjang. Maka, rantai sisa yang melewati jalur pada Derailleur jadi lebih pendek. Di situlah pivot memainkan peran besar dalam memastikan panjang rantai yang berputar di keseluruhan Drivetrain lo optimal, dan nggak kendor atau terlalu tegang.
Kalau Front Derailleur bisa langsung mengarahkan rantai ke sprocket lain, Rear Derailleur punya tugas tambahan yaitu menyesuaikan panjang rantai. Makanya, sinyal dari input di shifters nggak cuma memindahkan rantai, tapi juga menyesuaikan panjang Pivot. Ini berlaku buat semua Derailleur, mau itu analog dengan kawat, atau elektrik dengan kabel dan modul.
Nah, Derailleur ini juga bisa lo atur sesuai selera. Tapi, Super Challenge nggak menyarankan lo buat kulik sendiri Derailleur, apalagi kalau nggak paham-paham amat. Mending lo ke bengkel aja, sekalian minta diajarin, bro! Jangan sampai problem yang lo pikir bisa selesai dengan setting Derailleur, ternyata memang harus ganti rantai. Bisa malah jadi petaka buat lo nantinya!
ARTICLE TERKINI
Article Category : Urban Sport
Article Date : 22/01/2022
Source:https://www.parktool.com/blog/repair-help/how-a-rear-derailleur-works
0 Comments
Daftar dan Dapatkan Point Reward dari Superlive
Please choose one of our links :