Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Weight Class di UFC, Pemula Wajib Tau!

Author : Admin Challenge

Article Date : 07/03/2024

Article Category : News

 

Sebagai penggemar UFC, lo mesti tau hal ini, Superfriends. Nggak cuma tentang siapa atletnya dan bagaimana mereka bertarung, tapi aspek Weight Class di UFC juga mesti lo ketahui. Lo yang belum paham, di UFC sendiri ada 12 kategori Weight Class yang diperuntukkan untuk setiap pertandingan. Setiap Weight Class punya persyaratan yang berbeda-beda nih. Buat lo yang bertanya-tanya, kenapa mesti ada pembagian kategori Weight Class? Sebenarnya itu adalah hal fundamental  pada laga UFC, bro. Jadinya, para petarung harus punya berat badan yang sesuai dengan Weight Class masing-masing. Sebelum pertandingan dimulai, berat petarung harus sesuai dengan Weight Class yang ditentukan. Untuk laga non-gelar, timbangan berat bisa sedikit lebih. Tapi, untuk pertandingan gelar timbangan harus tepat. Kayaknya kedengarannya ribet ya? Well, memang begitu, makannya kali ini kita bakal bahas secara singkat dan mudah dipahami tentang Weight Class di UFC. So, langsung aja, check this out!

 

Strawweight, Flyweight, dan Bantamweight. 

Source: UFC.com

 

Oke kita mulai dari yang paling ringan nih, yaitu Strawweight Class. Petarung harus punya berat badan sebesar 115 pon atau 52 kilogram. Pada kelas ini banyak legenda UFC bermunculan seperti Joanna Jedrzejczyk dan Rose Namajunas. Di tahun 2014 juga, lahir juara baru yaitu Carla Esparza setelah mengalahkan Rose Namajunas. Kelas ini juga jadi salah satu empat kelas untuk petarung UFC wanita. Selanjutnya ada Flyweight, merupakan kelas di UFC yang mengharuskan petarung punya berat sebesar 125 pound atau sekitar 56 kilogram. 

Kelas ini adalah yang pertama bagi petarung wanita dan pria. Pada Flyweight juga melahirkan juara baru di tahun 2023, ada Alexa Grasso di UFC 285 dan Alexandre Pantoja di UFC 290. Lanjut ada Bantamweight, nih. Di kelas ini petarung harus punya berat sebesar 135 pound atau sekitar 61 kilogram. Bro, ini kelas lumayan populer di UFC, karena cukup banyak petarung UFC yang aktif pada kelas ini. Diantaranya juara terakhir pada kelas ini adalah Ronda Rousey dan Sean O’Malley.

 

Featherweight, Lightweight, Welterweight.

Source: UFC.com

 

Nah, naik tingkat dari sebelumnya pertama ada Featherweight. Pada kelas ini petarung harus punya berat sebesar 145 pounds atau sekitar 65 kilogram. Ini juga jadi salah satu kelas yang banyak dinanti pertandingannya, bro. Salah satunya pertandingan yang paling ikonik di Featherweight adalah saat Jose Aldo lawan Conor McGregor. Saat ini sih, Alexander Volkanovski memegang sabuk juara pria dan Amanda Nunes juara terbaru putri pada kelas ini. Selanjutnya yaitu Lightweight, jadi salah satu kelas yang banyak dibicarakan beberapa tahun terakhir, bro. Di kelas ini, berat petarung sebesar 155 pound atau sekitar 70 kilogram. Saat ini, yang memegang gelar juara kelas ini ialah Islam Makhachev. Fun fact, Khabib Nurmagonedov merupakan pensiunan juara kelas ini juga loh. 

Untuk Welterweight sendiri, berat petarung harus sebesar 170 pound atau sekitar 77 kilogram. Kelas ini mengalami peningkatan dalam jumlah pesaing akhir-akhir ini, bro. Tahun 2022, Leon Edwards bisa merebut gelar juara dari Kamaru Usman pada UFC 278. Ada pula Khamzat Chimaev dan Belal Muhammad berada di 5 besar dengan dominasi kemenangan pada musim gugur saat ini. Terbaru, di UFC 296 Leon Edwards mempertahankan gelarnya dari Colby Covington, setelah duel 5 ronde yang cukup menegangkan.

 

Middleweight, Light heavyweight, dan Heavyweight.

Source: UFC.com

 

Middleweight sendiri merupakan kelas mengharuskan petarung mempunyai berat sebesar 185 pounds atau sekitar 83 kilogram. Sean Strickland adalah petarung yang saat ini memegang gelar juara, setelah merebutnya dari Israel Adesanya di partai utama UFC 293. Tapi, gelar tersebut nggak bertahan lama setelah Dricus Du Plessis menang saat laga UFC 297, raja baru telah lahir! 

Lanjut Light heavyweight lebih ringan dari Heavyweight. Yang dimana petarung harus sebesar 205 pound atau sekitar 92 kilogram. Nah, di kelas ini Jon Jones jadi petarung yang memegang gelar juara terlama, tepatnya pada tahun 2011-2015 dan 2018-2020. Doi berhasil 11 kali mempertahankan gelar tersebut. Saat ini, Alex Pereira memegang sabuk juara sesuai mengalahkan Jiri Prochazka di UFC 295. Nah, ini nih kelas terakhir yang paling berat, yaitu Heavyweight, bro. Di kelas ini, petarung harus sebesar 265 pounds sekitar 120 kilogram. Nama besar dari kelas ini adalah, adalah Cirly Gane dan Tai Tuivasa.

So, itulah penjelasan singkat mengenai Weight Class pada UFC, bro. Semoga lo paham ya, Superfriends!

 




PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Exercise & Workout

Source:Sumber: https://www.ufc.com/news/understanding-ufc-weight-classes-and-weigh-ins

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Makin Populer di Indonesia, Ini Asal Muasal Supermoto!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hasil Cage Warriors 171: Cekikan Maut Aritonang Bikin Hepburn Nyerah, Siahaan Kalah Lewat Decision Atas Wojtas!Hasil Cage Warriors 171: Cekikan Maut Aritonang Bikin Hepburn Nyerah, Siahaan Kalah Lewat Decision Atas Wojtas!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Worth It! Game Murah Yang Nggak Murahan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Yang Dianggap Plagiat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Ini Dianggap Perfect, Setuju Gak Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

List Game Di mana Lo Jadi Bosnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jadwal Cage Warriors 171 Aritonang vs Hepburn & Siahaan vs Wotjas: Dua Petarung Indonesia Kembali Beraksi, Siap Unjuk Gigi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Trauma! Pintu-Pintu di Game Yang Bikin Kapok Buat Dibuka Lagi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game dengan Konsep CCTV yang nggak Kalah Bikin Creepy!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game Yang Layak Diadaptasi ke Film!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /