Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 12/02/2024

Article Category : News

Popularitas UFC alias Ultimate Fighting Championship makin populer setelah kemunculan Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor. UFC bukan cuma sekadar olahraga pukulan dan tendangan biasa.

 

Saat ini, UFC sudah menjadi salah satu ajang olahraga terbesar di dunia. Olahraga ini adalah sebuah fenomena yang merevolusi dunia pertarungan dan menarik perhatian banyak penggemar olahraga bela diri.

 

Apabila ditelusuri, UFC ternyata terinspirasi dari Pankration, ajang Olimpiade Yunani yang diperkenalkan pada 648 Sebelum Masehi. Nah, pada tahun 1993, UFC secara resmi didirikan.

 

Tapi, lo udah paham belum sih apa itu UFC sebenarnya? Bagaimana asal-usulnya dan sejarah perkembangannya? Oke, mari kita bahas!

 

Pengertian UFC

Image source: khaleejtimes.com

UFC adalah singkatan dari Ultimate Fighting Championship, organisasi seni bela diri campuran (MMA) terbesar di dunia. UFC dikenal karena menyelenggarakan pertandingan antara petarung yang mahir dalam berbagai gaya bela diri, termasuk tinju, karate, jiu-jitsu Brasil, dan banyak lagi.

 

Pertandingan UFC biasanya diadakan di dalam sebuah oktagon, dan petarung bersaing untuk meraih kemenangan melalui teknik pukulan, tendangan, atau pencairan lawan.

 

Peringkat UFC sangat penting dalam karier seorang petarung. Semakin tinggi peringkatnya, semakin tinggi pula kesempatan untuk bertarung melawan petarung-petarung terbaik dan memperebutkan sabuk juara di kelas berat, kelas menengah, kelas ringan, dan kelas lainnya.

 

Saat ini, UFC telah menjadi salah satu acara olahraga paling populer di seluruh dunia, dengan pertandingan yang menarik perhatian penggemar dari berbagai latar belakang. Tokohnya yang paling populer di antaranya yaitu Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor.

 

Sejarah UFC

Image source: sports.sindonews.com

UFC didirikan oleh Rorion Gracie, Royce Gracie, Art Davie, dan Bob Meyrowitz pada tahun 1993. Royce Gracie adalah seorang ahli jiu-jitsu Brasil, yang merupakan salah satu disiplin ilmu bela diri yang paling efektif di UFC.

 

Acara UFC pertama diadakan pada tanggal 12 November 1993 di Denver, Colorado. Acara ini mempertemukan delapan petarung dari berbagai disiplin ilmu bela diri. Royce Gracie berhasil memenangkan turnamen ini, dan menjadi juara UFC pertama.

 

UFC mengalami kesuksesan besar pada awal tahun 1990-an. Namun, olahraga ini juga menuai kontroversi karena pertarungannya yang sering kali brutal dan berdarah. Pada tahun 2001, UFC dibeli oleh Zuffa, LLC, yang dipimpin oleh Dana White.

 

Di bawah kepemimpinan Dana White, UFC mulai menerapkan aturan-aturan yang lebih ketat untuk melindungi para petarung. UFC juga mulai mempromosikan olahraga ini secara lebih serius, sehingga UFC menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.

 

Bukan cuma itu, UFC juga makin mendunia dan tidak cuma jadi tontonan orang-orang Amerika saja. UFC mulai meluas dan mendapatkan banyak perhatian di Eropa, Asia, hingga Australia.

 

Kelas-Kelas di UFC

UFC memiliki beberapa kelas berat badan yang harus lo tahu, yaitu:

 

  1. Flyweight (56,7 kg)

  2. Bantamweight (61,2 kg)

  3. Featherweight (65,8 kg)

  4. Lightweight (70,3 kg)

  5. Welterweight (77,1 kg)

  6. Middleweight (83,9 kg)

  7. Light Heavyweight (93,0 kg)

  8. Heavyweight (120,2 kg)

  9. Super Heavyweight (120,2 kg)

 

Beberapa kelas berat badan ini juga memiliki sub-kelas, seperti Catch Weight (kelas berat bebas) dan Strawweight (kelas berat terbang wanita).

 

Pertarungan UFC Paling Terkenal

Sejarah UFC telah melahirkan beberapa pertarungan yang mengesankan dan legendaris. Berikut ini adalah beberapa pertarungan UFC yang paling terkenal sepanjang sejarahnya!

 

  1. Royce Gracie vs. Ken Shamrock (UFC 1)

Pertarungan ini menjadi sorotan utama dalam sejarah UFC. Royce Gracie, seorang praktisi jiu-jitsu Brasil, menghadapi Ken Shamrock, seorang pegulat profesional.

 

Gracie berhasil memenangkan pertarungan dengan teknik jiu-jitsu-nya yang dominan, membuktikan efektivitasnya dalam konteks pertarungan tanpa aturan.

 

  1. Forrest Griffin vs. Stephan Bonnar (The Ultimate Fighter 1 Finale)

Pertarungan ini dianggap sebagai pertarungan yang menjadikan UFC semakin populer. Pada final musim pertama acara reality show "The Ultimate Fighter", Forrest Griffin dan Stephan Bonnar menyajikan pertarungan yang sengit dan penuh aksi.

 

Momen tersebut dianggap sebagai salah satu pertarungan terbaik dalam sejarah UFC dan membantu mempopulerkan olahraga ini di kalangan penggemar.

 

  1. Chuck Liddell vs. Tito Ortiz (UFC 47)

Dalam sejarah UFC, pertarungan keduanya merupakan salah satu rivalitas terbesar dalam sejarah UFC. Chuck Liddell dan Tito Ortiz adalah dua petarung yang sangat dominan dalam kelas UFC ringan.

 

Pertarungan mereka pada UFC 47 berjalan sengit dan Liddell berhasil memenangkan pertarungan dengan teknik pukulan yang kuat. Pertarungan ini mengejutkan banyak penggemar dan menambah panjang rivalitas antara kedua petarung tersebut.

 

  1. Anderson Silva vs. Chael Sonnen (UFC 117)

Kalau yang satu ini, dianggap sebagai salah satu pertarungan paling dramatis dalam sejarah UFC. Anderson Silva, juara kelas menengah saat itu, menghadapi Chael Sonnen yang merupakan petarung yang kuat dan dominan.

 

Pertarungan berjalan dengan intensitas tinggi, dengan Sonnen menguasai pertarungan hampir sepanjang laga. Namun, Silva berhasil melakukan submission di menit terakhir dan mempertahankan gelarnya, menciptakan momen yang tak terlupakan.

 

  1. Conor McGregor vs. Nate Diaz (UFC 196)

Pertarungan ini merupakan pertarungan yang bersejarah dalam karier Conor McGregor. Setelah dominan di kelas bulu, McGregor naik ke kelas ringan dan menghadapi Nate Diaz dalam pertarungan non-gelar.

 

Pertarungan ini berjalan dramatis, dengan Diaz berhasil menghadapi serangan-serangan McGregor dan akhirnya memenangkan pertarungan dengan submission. Pertarungan ini menunjukkan ketangguhan Diaz dan menambah dramatisasi dalam rivalitas antara keduanya.

 

Jadi, sejarah UFC sudah dimulai sejak tahun 1990an dan sudah melewati perjalanan panjang sehingga bisa melahirkan banyak petarung hebat dunia. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini juga makin populer.

 

Gimana? Apakah lo tertarik untuk menyaksikan pertarungan UFC berikutnya? Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat petarung-petarung terbaik di dunia bertarung dalam oktagon yang menegangkan!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme Sports

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Weight Class di UFC, Pemula Wajib Tau!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

“Dark System” dari Game Modern

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hasil UFC Fight Night Mexico City: Berhasil Taklukan Moreno, Royval Membalas Kekalahan Pahit Pertamanya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Karakter Game Paling Loyal!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Trauma! Pintu-Pintu di Game Yang Bikin Kapok Buat Dibuka Lagi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Series Game Terbaik Yang Dimainin Bang Windah Basudara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game Superhero Paling Underrated? Marvel’s Guardian of the Galaxy!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Momen GTA San Andreas Yang Bikin Sebel Tapi Kangen!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Aneh! “Militsioner” Game yang Bikin Lo Terus Diawasi Polisi Titan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game Dengan Tema Perang Dunia II Terbaik? Ya, Battlefield 5!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /