Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 14/11/2023

Article Category : News

Apakah Superfriends tahu bahwa trucks skateboard adalah salah satu komponen paling vital dalam skateboardmu? Jika kamu pernah meluncur di atas papan skateboard, maka kamu pasti paham betapa pentingnya trucks ini.

 

Terkadang, dalam dunia skateboarding, keberhasilan suatu trik atau permainan yang nyaman sangat bergantung pada komponen-komponen kecil yang mungkin sering diabaikan, salah satunya adalah trucks skateboard. 

 

Memang, apa itu trucks skateboard? Apa saja bagian-bagiannya? Simak selengkapnya dalam artikel ini, ya!

Apa Itu Trucks Skateboard?

Jadi trucks skateboard itu komponen yang ada di bawah papan skateboard lo yang berfungsi sebagai hubungan antara roda dan deck. Tanpa trucks, skateboard lo cuma jadi sepotong kayu kosong yang gak bisa dipakai buat menggulung jalanan.

 

Bagian-Bagian Trucks Set Skateboard

Skateboard trucks terdiri dari beberapa bagian penting. Apa saja itu?

 

1. Baseplate

Baseplate adalah bagian yang terpasang di bawah skateboard deck. Baseplate ini yang nanti akan dipasang ke deck skateboard lo. Biasanya, baseplate ini punya dua lubang yang dipasangkan ke deck, jadi pastikan lo memasangnya dengan benar.

 

2. Kingpin

Kingpin adalah sekrup yang menghubungkan baseplate dengan hanger trucks. Kingpin ini bisa diatur untuk mengendalikan seberapa longgar atau kencang pengendalian skateboard lo. 

 

Semakin longgar kingpin, semakin mudah buat ngubah arah skateboard lo, sedangkan kingpin yang kencang akan membuat skateboard lo lebih stabil.

 

3. Hanger

Hanger adalah bagian utama dari skateboard trucks yang menyambungkan roda. Hanger ini memiliki bentuk seperti huruf T dan akan menggantung di atas roda. Diameter hanger juga akan memengaruhi seberapa stabil skateboard lo saat menikung atau melakukan trik.

 

4. Bushings

Bushings adalah bantalan karet yang terletak di antara baseplate dan hanger. Bushings ini yang memungkinkan lo untuk menikung dengan baik. Lo bisa mengganti bushings sesuai preferensi lo untuk meningkatkan pengendalian lo atas skateboard.

 

5. Axle

Axle adalah bagian yang menghubungkan dua ujung hanger dan berfungsi sebagai poros roda. Axle ini juga harus cukup panjang untuk memastikan bahwa roda lo bisa dipasangkan dengan baik di dalamnya.

 

Ukuran Trucks Skateboard

Nah, sekarang lo pasti penasaran, "Ukuran trucks skateboard itu gimana, sih?" Ukuran trucks skateboard itu cukup penting buat nyamanin permainan lo di atas papan. Ada beberapa faktor yang perlu lo pertimbangkan saat memilih ukuran trucks:

 

1. Lebar Hanger

Lebar hanger merupakan faktor penting dalam menentukan ukuran trucks skateboard. Biasanya, lebar hanger diukur dalam inci, dan ukuran ini akan memengaruhi seberapa stabil lo di atas papan. Lebih lebar hanger akan memberikan stabilitas ekstra saat bermain di ramp atau cruising. Sedangkan hanger yang lebih sempit akan membuat skateboard lo lebih responsif saat melakukan trik.

 

2. Lebar Deck

Lo juga perlu mempertimbangkan lebar deck skateboard lo saat memilih ukuran trucks. Sebagai aturan praktis, lo sebaiknya memilih trucks yang lebarnya sekitar 0,25 hingga 0,5 inci lebih sempit dari lebar deck lo. Ini akan memastikan bahwa roda gak menyentuh deck saat lo menikung.

 

3. Tinggi Trucks (Rise)

Tinggi trucks skateboard juga berperan dalam kenyamanan lo saat bermain. Trucks dengan tinggi yang lebih rendah akan memberikan pusat gravitasi yang lebih rendah, sehingga lo lebih stabil saat bermain di jalanan atau untuk cruising. Sementara trucks dengan tinggi yang lebih tinggi akan memberikan ruang ekstra buat melakukan trik di atas obstacle.

 

Jenis Profil Trucks

Setelah lo tahu tentang bagian-bagian dan ukuran trucks skateboard, sekarang giliran kita bahas jenis profil trucks yang tersedia. Profil trucks mengacu pada bentuk hanger dan berpengaruh pada kinerja skateboard lo. Berikut beberapa jenis profil trucks yang biasa digunakan:

 

1. Standard Profile

Trucks dengan profil standar memiliki hanger yang relatif rata dengan baseplate. Profil ini cocok untuk berbagai gaya bermain, mulai dari street skating hingga cruising. Mereka biasanya cukup serbaguna dan cocok untuk pemula.

 

2. Low Profile

Low profile trucks memiliki hanger yang lebih rendah dari baseplate. Hal ini membuat skateboard memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah, sehingga lebih stabil untuk cruising dan bermain di jalanan. Low profile trucks juga memungkinkan untuk trik-trik yang lebih rendah ke tanah.

 

3. High Profile

High profile trucks memiliki hanger yang lebih tinggi dari baseplate. Profil ini sangat cocok untuk skateboarder yang suka melakukan trik di atas obstacle, seperti ramp atau halfpipe. Mereka memberikan lebih banyak ruang antara roda dan deck untuk trik yang lebih ekstrim.

 

4. Old School Profile

Old school profile trucks memiliki hanger yang lebih besar dan lebih lebar. Mereka dirancang khusus untuk skateboard deck dengan bentuk old school yang lebih lebar. Profil ini cocok untuk skateboarder yang ingin merasakan gaya bermain klasik.

Big Trucks Skateboard

Selain komponen-komponen di atas, hal lain yang harus lo ketahui adalah big trucks skateboard. Bedanya apa sih dengan truck skateboard biasa? 

 

Big trucks, juga dikenal sebagai "longboard trucks," adalah trucks skateboard yang dirancang khusus untuk digunakan pada papan skateboard yang lebih besar, seperti longboard atau cruiser board. Big trucks memiliki hanger yang lebih lebar dan seringkali tinggi untuk mencocokkan ukuran deck yang lebih besar.

 

Penggunaan big trucks akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil dan nyaman, terutama saat lo cruising atau downhill. Mereka juga cocok untuk pemain pemula yang ingin menguasai dasar-dasar skateboarding tanpa harus khawatir tentang kecepatan yang tinggi.

 

Jadi, trucks skateboard adalah komponen penting dalam permainan skateboard lo. Mereka terdiri dari beberapa bagian utama, seperti baseplate, kingpin, hanger, bushings, dan axle. Ukuran trucks penting untuk kenyamanan dan kinerja lo di atas skateboard, dan profil trucks memengaruhi gaya bermain lo. 

 

Selain itu, lo bisa mendukung brand lokal dan mempertimbangkan trucks set skateboard untuk memenuhi kebutuhan lo. Terakhir, jika lo ingin mengendarai papan skateboard yang lebih besar, big trucks skateboard adalah pilihan yang baik.

 

Jadi, sekarang lo udah lebih paham tentang trucks skateboard, lo bisa memilih yang sesuai dengan preferensi dan gaya bermain lo. Semoga artikel ini membantu Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Skateboard #Lifesytle

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

List Game Di mana Lo Jadi Bosnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Gak Perlu Fast Travel

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Teknik Ini Dilarang di UFC, Bahaya Banget!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Makin Populer di Indonesia, Ini Asal Muasal Supermoto!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game Nyeleneh Yang Nggak Kalah Absurd dari Getting Over it!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Aneh! “Militsioner” Game yang Bikin Lo Terus Diawasi Polisi Titan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Pernah Berkhianat, Inilah Karakter Game Paling Loyal!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game dengan Konsep CCTV yang nggak Kalah Bikin Creepy!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Momen GTA San Andreas Yang Bikin Sebel Tapi Kangen!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rahasia AFK Paling Unik Di Game-Game Terbaik

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /