Pengen jadi raja jalanan? Dengan supermoto, lo bisa ngerasain sensasi ngebut di tikungan yang bikin adrenalin terpacu. Tapi, jangan salah, cornering itu bukan cuma soal kecepatan, tapi ada juga tekniknya.
Nah, buat lo semua yang naik motor supermoto, gue punya tips jitu biar cornering lo makin ciamik dan aman.
Menggunakan Rem Depan Belakang
Hal pertama yang harus lo kuasai adalah cara ngerem yang benar. Saat mau masuk tikungan, jangan ragu buat pakain rem depan dan belakang secara bersamaan. Inget, tujuannya adalah buat nurunin kecepatan motor sebelum benar-benar masuk ke tikungan. Nah, pas lagi nurunin gigi (downshifting), jangan lupa juga buat lepas kopling dan stabilin gas. Kenapa? Biar tenaga motor enggak ngeluarin power yang enggak perlu pas lagi masuk tikungan.
Dengan ngerem depan-belakang, motor lo bakal lebih stabil dan gampang dikendalikan. Selain itu, cara ini juga bisa bikin ban belakang lo tetap punya grip yang bagus pas lagi keluar tikungan. Jadi, lo bisa ngegas dengan lebih percaya diri.
Arahkan Motor dari Bagian Luar
Nah, buat lo semua yang lagi pengen jadi jagoan cornering di motor supermoto, ada satu teknik dasar yang wajib banget lo kuasai, yaitu "out to in". Saat lo mau masuk tikungan, jangan langsung belok ke dalam ya. Cobain deh buat mulai dari sisi luar jalan dulu, baru perlahan-lahan belok ke dalam. Jadi, jalur yang lo ambil tuh kayak membentuk huruf "C".
Dengan mulai dari sisi luar, lo bakal punya pandangan yang lebih luas ke depan. Jadi, lo bisa lebih mudah antisipasi adanya rintangan atau perubahan kondisi jalan. Teknik ini ngebantu lo buat masuk ke tikungan dengan sudut belok yang lebih optimal. Alhasil, motor lo bakal lebih stabil dan enggak gampang selip
Melakukan Body Steering
Saat lo mau masuk tikungan, jangan cuma numpu pada stang doang ya. Coba deh geser posisi tubuh lo sedikit ke arah dalam tikungan. Jadi, bukan cuma motornya aja yang ikut belok, tapi seluruh badan lo juga ikutan miring.
Dengan ngegabungin gerakan stang dan pergerakan tubuh, lo bisa ngebuat belokan motor jadi lebih presisi dan sesuai dengan yang lo inginkan. Saat tubuh lo ikut miring ke dalam, beban motor akan lebih terpusat ke ban bagian dalam. Alhasil, grip ban jadi lebih kuat dan motor enggak gampang selip.
Melakukan Counter Steering
Secara sederhana, counter steering itu adalah gerakan awal yang lo lakukan sebelum motor belok. Misalnya, kalau lo mau belok ke kiri, yang pertama kali lo lakukan adalah dorong stang motor ke arah kanan dulu, baru deh motornya bakal miring ke kiri. Kebalikannya juga berlaku kalau lo mau belok ke kanan.
Membuka Stang Motor Perlahan
Pas motor udah mulai rebah masuk tikungan, lo mesti buka gas pelan-pelan. Jangan langsung dilepas. Putar gas secara perlahan-lahan dan teratur. Ini bukan soal nambahin kecepatan, tapi lebih ke menjaga stabilitas motor biar nggak melambat tiba-tiba. Jadi, motor lo tetap tenang dan smooth pas belok.
Inget, ini bukan soal lo ngejar kecepatan maksimal pas lagi nikung, tapi lebih ke ngasih kestabilan buat motor lo. Banyak orang yang berpikir kalo mereka bisa langsung geber gas pas udah di tikungan. Padahal, penekanan gas yang mendadak bisa bikin motor lo kaget. Suspensi dan ban depan bakal kena beban lebih, dan akibatnya traksi ban belakang jadi berkurang gara-gara titik beratnya pindah ke depan.
Kembalikan Posisi Badan
Setelah melewati tikungan, ada langkah penting yang nggak boleh lo lupain, yaitu balikin posisi badan lo ke tengah jok motor. Jangan kelamaan condong ke satu sisi, soalnya kalau lo nggak balikin berat badan ke tengah, motor lo bisa jadi nggak stabil atau malah susah buat lurusin lagi. Dengan ngebalikin posisi badan ke tengah jok, lo bisa ngejaga motor tetap stabil dan siap buat ngelaju ke tikungan berikutnya atau nambah kecepatan di lintasan lurus.
Gimana, seru kan ngebahas tentang cornering supermoto? Dengan teknik yang tepat, lo bisa menaklukkan setiap tikungan dengan percaya diri. Yuk, cobain sekarang teknik-tekniknya!
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
21/09/2024 at 16:11 PM