Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 01/04/2024

Article Category : News

Bagi orang yang baru memulai, mungkin terlihat bahwa supermoto dan motor trail adalah jenis motor yang serupa, karena pada pandangan awal, keduanya tampak hampir sama. Motor trail dan supermoto, dua jenis motor yang sekilas tampak serupa, namun menyimpan perbedaan signifikan dalam performa dan penggunaannya.

Keduanya dianggap sebagai jenis motor yang tangguh dan cocok untuk pengendara yang suka petualangan. Namun, apa perbedaan pokok antara motor supermoto dan motor trail? Mari kita bahas satu per satu.

Apa Itu Motor Trail?

Motor trail adalah jenis sepeda motor yang dirancang khusus untuk berkendara di medan off-road atau alam terbuka. Motor ini memiliki ciri khas yang membedakannya dari jenis motor lainnya, terutama dalam hal desain dan fitur yang mendukung kinerjanya di medan yang tidak rata.

Berbeda dengan sepeda motor konvensional yang lebih diperuntukkan untuk penggunaan di jalan raya, motor trail memiliki kemampuan untuk menaklukkan berbagai medan, seperti tanah berdebu, jalan berbatu, atau hutan belantara.

Ciri-Ciri Motor Trail

Image source: blog.mofe.co.id

Motor trail memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dari jenis sepeda motor lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri motor trail:

  1. Ban Off-Road

Motor trail dilengkapi dengan ban off-road yang dirancang khusus untuk menghadapi berbagai medan, seperti tanah, kerikil, atau lumpur. Tapak ban ini memberikan traksi ekstra agar motor dapat melewati rintangan dengan lebih baik.

  1. Suspensi Tinggi

Salah satu ciri paling mencolok dari motor trail adalah suspensi yang tinggi. Suspensi ini memungkinkan motor menyerap guncangan dan ketidakrataan medan dengan lebih baik, memberikan kenyamanan dan kendali ekstra kepada pengendara.

  1. Rangka Kokoh

Rangka motor trail dirancang dengan kokoh untuk menanggung tekanan ekstra saat melewati medan yang kasar. Ini memberikan keamanan dan kestabilan ekstra ketika berkendara di jalur off-road.

  1. Desain Ringan

Motor trail cenderung memiliki desain yang ringan, memudahkan pengendara untuk mengontrolnya di berbagai kondisi medan. Bobot yang lebih ringan juga membantu dalam manuvering di jalur off-road yang menantang.

  1. Lampu Terang

Beberapa motor trail dilengkapi dengan sistem lampu depan dan belakang yang terang. Hal ini penting untuk pengendara yang ingin menjelajahi jalur off-road di malam hari.

  1. Pelindung Mesin dan Tangan

Untuk melindungi motor dari benturan dan kerusakan saat melewati hutan atau jalur berbatu, motor trail seringkali dilengkapi dengan pelindung mesin dan pelindung tangan.

  1. Kapasitas Tangki Besar

Beberapa motor trail memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar, memungkinkan pengendara untuk menempuh jarak yang lebih jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar.

  1. Fitur Off-Road Tambahan

Motor trail juga bisa memiliki fitur tambahan seperti mode off-road pada sistem penggerak, pengaturan suspensi yang dapat disesuaikan, dan sistem pengereman khusus untuk medan yang sulit.

Jenis-Jenis Motor Trail

Motor trail memiliki beberapa jenis yang dirancang untuk keperluan dan kondisi penggunaan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis motor trail yang umum di pasaran:

  1. Adventure Touring

Motor trail jenis ini dirancang untuk perjalanan jarak jauh dan petualangan lintas negara. Dilengkapi dengan fitur kenyamanan, tangki bahan bakar besar, dan sistem suspensi yang bisa diandalkan untuk menaklukkan berbagai medan.

  1. Enduro

Motor trail enduro adalah pilihan populer untuk pengendara yang suka mengikuti kompetisi off-road. Motor ini memiliki desain yang ringan, suspensi tinggi, dan fitur khusus untuk bersaing di lintasan off-road.

  1. Dual Sport

Jenis motor trail ini dirancang untuk digunakan baik di jalan raya maupun di jalur off-road. Dual Sport memiliki karakteristik yang cocok untuk pemakaian sehari-hari dan juga petualangan di alam terbuka.

  1. Motocross

Motor trail motocross dirancang khusus untuk kompetisi motocross di lintasan tertutup. Lebih ringan dan responsif, dengan fokus pada akselerasi dan manuver di lintasan off-road yang teknis.

  1. Trial

Motor trail trial difokuskan pada keterampilan pengendara dalam melewati rintangan dan medan yang sulit. Ringan dan mudah dikendalikan, motor ini dirancang untuk kompetisi trial yang menuntut keterampilan teknis.

  1. Scrambler

Meski bukan motor trail murni, scrambler memiliki ciri-ciri trail dengan desain retro. Cocok untuk pengendara yang ingin gaya klasik dengan kemampuan on-road dan off-road yang memadai.

  1. Mini Trail

Motor trail mini dirancang khusus untuk anak-anak atau pemula. Dengan ukuran yang lebih kecil dan daya mesin yang terkendali, mini trail membantu pengendara baru mengembangkan keterampilan mereka di medan off-road.

  1. Rally Raid

Motor trail rally raid dirancang untuk keperluan balap rally dan petualangan jarak jauh. Dilengkapi dengan fitur khusus, seperti tangki bahan bakar besar dan sistem navigasi, untuk menangani tantangan petualangan ekstrem.

  1. Supermoto

Supermoto adalah motor trail yang menggabungkan fitur road racing dengan kemampuan off-road. Ban campuran untuk kinerja optimal di jalan raya dan medan off-road, membuatnya cocok untuk penggunaan perkotaan yang lincah.

Apa Itu Supermoto?

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, Supermoto adalah jenis dari motor trail. Supermoto, disebut juga sebagai motor hibrida, merupakan perpaduan antara motor road racing dan motor trail. Motor ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang cepat dan lincah di jalanan perkotaan, sambil tetap bisa digunakan di lintasan off-road.

Ciri-Ciri Supermoto

Image source: liputan6.com

Supermoto, sebagai jenis motor yang unik dengan kombinasi fitur on-road dan off-road, memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari jenis motor lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama supermoto:

  1. Ban Campuran

Supermoto memiliki ban campuran yang dirancang untuk memberikan kinerja optimal di jalan raya dan medan off-road. Ban ini biasanya lebih besar dibandingkan dengan ban motor sport konvensional.

  1. Suspensi yang Dapat Disetel

Suspensi supermoto dapat disetel untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan, baik di perkotaan maupun off-road. Kemampuan ini memungkinkan pengendara menyesuaikan tingkat kekerasan suspensi sesuai dengan preferensi dan kondisi berkendara.

  1. Rem Cakram Besar

Supermoto dilengkapi dengan sistem pengereman cakram besar di roda depan dan belakang. Hal ini memberikan kontrol yang baik pada kecepatan tinggi dan memastikan pengereman yang efektif, terutama dalam situasi darurat.

  1. Rangka Ringan

Desain rangka supermoto cenderung ringan, membantu dalam manuvering yang lincah di jalanan perkotaan. Rangka yang ringan juga membuatnya responsif terhadap perubahan arah.

  1. Posisi Duduk Tegak

Supermoto memiliki posisi duduk yang tegak, memberikan kenyamanan bagi pengendara dalam berkendara sehari-hari di perkotaan. Posisi ini juga memberikan visibilitas yang baik saat melalui lalu lintas.

Nah, jadi bisa disimpulkan, supermoto adalah salah satu jenis motor trail. Motor trail secara umum lebih cocok untuk petualangan di alam terbuka, sementara supermoto memberikan kombinasi kecepatan dan kelincahan di jalanan perkotaan.

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme Sports

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Makin Populer di Indonesia, Ini Asal Muasal Supermoto!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Hasil Cage Warriors 171: Cekikan Maut Aritonang Bikin Hepburn Nyerah, Siahaan Kalah Lewat Decision Atas Wojtas!Hasil Cage Warriors 171: Cekikan Maut Aritonang Bikin Hepburn Nyerah, Siahaan Kalah Lewat Decision Atas Wojtas!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Worth It! Game Murah Yang Nggak Murahan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Yang Dianggap Plagiat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Ini Dianggap Perfect, Setuju Gak Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

List Game Di mana Lo Jadi Bosnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jadwal Cage Warriors 171 Aritonang vs Hepburn & Siahaan vs Wotjas: Dua Petarung Indonesia Kembali Beraksi, Siap Unjuk Gigi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Trauma! Pintu-Pintu di Game Yang Bikin Kapok Buat Dibuka Lagi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game dengan Konsep CCTV yang nggak Kalah Bikin Creepy!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game Yang Layak Diadaptasi ke Film!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /