Semua orang pasti pengen punya motor dengan tampilan yang beda dari yang lain? Apalagi kalau motornya udah dimodifikasi jadi supermoto.
Nah, buat lo yang punya KLX dan pengen tampil beda, artikel ini bakal ngasih lo inspirasi buat modifikasi motor lo jadi supermoto sejati.
Memilih Ban dan Pelek
Untuk ngubah KLX jadi supermoto, biasanya ukuran pelek yang dipilih itu lebih lebar dari standarnya. Misalnya, buat pelek depan bisa pilih yang lebarnya sekitar 3 inci, sedangkan buat pelek belakang bisa 3,5 sampai 4 inci. Terus, buat ukuran bannya sendiri, lo bisa pilih yang punya profil lebih rendah dan lebar, kayak misalnya 120/70-17 buat depan dan 140/70-17 atau 150/55-17 buat belakang. Dengan kombinasi pelek dan ban yang lebih lebar ini, motor lo bakal jadi lebih stabil saat menikung kencang dan tampilannya juga makin gagah.
Tapi ingat ya, lo harus pintar-pintar milih ukuran ban dan pelek yang sesuai dengan kapasitas mesin KLX lo. Jangan sampai lo pasang ban yang terlalu gede, nanti motor lo jadi berat dan tenaga mesinnya jadi kurang maksimal. Soalnya, ban yang lebar dan berat itu butuh tenaga ekstra buat digerakin.
Mengganti Knalpot
Kalau lo udah memutuskan buat mengubah KLX jadi supermoto, pasti lo pengen motor lo punya karakter yang lebih sporty dan responsif, kan? Nah, salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot aftermarket yang lebih berfokus pada performa. Knalpot aftermarket biasanya punya desain yang lebih racing, bobot yang lebih ringan, dan material yang lebih berkualitas.
Salah satu merek knalpot yang cukup populer dan sering dipilih oleh para pemilik KLX supermoto adalah Over Racing. Kenapa Over Racing? Karena knalpot dari merek ini sudah terbukti kualitasnya dan banyak digunakan oleh para pebalap motor. Selain itu, Over Racing juga menawarkan berbagai pilihan model knalpot yang bisa disesuaikan dengan selera dan budget lo.
Upgrade Suspensi
Suspensi standar KLX itu sebenarnya udah lumayan lah buat pemakaian sehari-hari. Tapi, kalau lo udah mulai sering ngebut di jalanan aspal dan masuk ke tikungan dengan kecepatan tinggi, suspensi standar ini mungkin kurang memadai. Suspensi standar cenderung lebih lembut dan kurang stabil saat diajak ngebut.
Salah satu opsi upgrade suspensi yang paling populer adalah mengganti suspensi depan teleskopik dengan suspensi upside down. suspensi jenis ini punya struktur yang lebih kuat sehingga motor jadi lebih stabil saat menikung kencang.
Menggunakan Stang Lebar
Stang lebar bukan hanya memberikan tampilan yang lebih keren, tetapi juga meningkatkan kontrol saat berkendara. Dengan stang lebar, lo akan lebih mudah untuk melakukan manuver saat menikung.
Pastikan untuk tidak asal pilih stang murah. Kualitas stang itu penting banget. Stang yang berkualitas biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti aluminium atau baja. Selain itu, stang yang berkualitas juga punya desain yang ergonomis sehingga nyaman digenggam.
Memasang Decal Bermotif
Kalau lo pengen bikin KLX supermoto lo jadi beda dari yang lain, salah satu cara paling simpel tapi efektif adalah pasang decal baru dengan motif yang sesuai sama selera dan karakter. Dengan decal yang pas, motor lo bakal keliatan lebih keren dan personal banget.
Lo bisa milih motif yang sesuai sama gaya, entah itu yang simpel atau yang rame. Kalau lo suka ngikutin tren, bisa juga ambil inspirasi dari desain tim balap atau sponsor-sponsor yang lagi hits. Motif-motif kayak gini biasanya punya vibe yang lebih sporty dan dinamis, cocok banget buat yang suka gaya balap.
Modifikasi KLX jadi supermoto itu seru banget, Superfriends! Selain bikin tampilan motor lo jadi lebih keren, modifikasi juga bisa meningkatkan performa motor lo. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja gas modifikasi motor lo!
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
21/09/2024 at 16:11 PM