Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Thumbnail

Author : Admin Challenge

Article Date : 11/10/2023

Article Category : News

Saat ini, bersepeda bukan lagi sekadar aktivitas olahraga biasa. Banyak orang yang menganggapnya sebagai gaya hidup dan sarana transportasi alternatif yang ramah lingkungan. Superfriends gini juga nggak?

Lalu, bagi pecinta petualangan alam, jenis sepeda gunung menjadi pilihan yang sangat menarik. Namun, sebelum memilih sepeda gunung yang tepat, kita perlu memahami jenis-jenisnya, frame yang digunakan, mereknya, serta pertimbangan harga yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita dong tentunya.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis sepeda gunung yang sesuai fungsinya. Yuk simak!

Jenis-Jenis Sepeda Gunung

Ada berbagai jenis-jenis sepeda gunung tersedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengendara, mulai dari pemula hingga pengendara berpengalaman. Ini dia jenis sepeda gunung:

1. Hardtail

Sepeda gunung hardtail memiliki suspensi hanya pada bagian depannya (fork suspension), sementara bagian belakangnya tetap kaku (hardtail). Hardtail cocok untuk pengendara yang lebih suka bersepeda di jalan setapak yang halus atau jalan aspal. Hardtail menjadi sepeda gunung yang bagus bagi pemula karena harganya yang lebih terjangkau.

2. Full-Suspension

Sepeda gunung full-suspension memiliki suspensi di bagian depan dan belakang, yang membuatnya cocok untuk medan yang lebih kasar dan berbatu. Jenis ini memberikan kenyamanan ekstra dan traksi yang lebih baik saat melewati guncangan dan akar-akaran.

3. Fat Bike

Sepeda gunung fat bike dirancang untuk ban yang sangat lebar, yang memberikan traksi ekstra di medan yang sangat berat, seperti salju atau pasir pantai. Fat bike memiliki jenis frame sepeda gunung yang kuat dan cocok untuk petualangan ekstrim.

4. Trail Bike

Sepeda gunung trail bike adalah pilihan yang populer untuk pengendara yang ingin menjelajahi berbagai jenis medan. Mereka memiliki keseimbangan antara traksi dan kenyamanan, sehingga cocok untuk bersepeda di berbagai jenis medan.

5. Downhill Bike

Selanjutnya, jenis sepeda gunung downhill bike adalah frame yang sangat kuat dan kokoh. Downhill bike dirancang khusus untuk kecepatan dan kekuatannya saat menuruni lereng dengan medan yang sangat kasar. Mereka sering digunakan dalam kompetisi downhill.

6. Cross-Country Bike

Jenis sepeda gunung cross-country (XC) adalah pilihan yang cocok untuk Superfriends yang suka berkompetisi. Jenis ini memiliki frame ringan dan ban yang ramping, yang membuatnya sangat cepat di medan yang halus. XC bike biasanya tidak memiliki suspensi belakang penuh untuk mengurangi bobot.

7. All-Mountain Bike

Terakhir, all-mountain adalah jenis sepeda gunung yang serbaguna dan cocok untuk berbagai medan. All-mountain memiliki suspensi depan dan belakang yang cukup kuat untuk menangani medan yang berat, tetapi tetap nyaman saat bersepeda di jalan aspal atau jalan setapak yang halus.

Jenis Ban Sepeda Gunung

Ada berbagai macam jenis ban sepeda gunung yang dirancang untuk berbagai jenis medan dan kondisi. Di bawah ini, kita akan membahas berbagai jenis ban sepeda gunung yang umum digunakan:

1. Ban Slick

Ban slick memiliki permukaan licin dan halus, tanpa alur atau paku. Mereka dirancang untuk digunakan di jalan aspal atau jalan setapak yang halus. Ban slick sangat cocok untuk pengendara yang lebih banyak bersepeda di perkotaan dan lebih jarang mengeksplorasi medan alam.

2. Ban Semi-Slick

Selain ban slick, ada juga ban semi-slick. Jenis ban ini memiliki campuran pola ban yang lebih halus di tengah dengan alur yang lebih dalam di tepi. Ban semi-slick memberikan kombinasi traksi baik di jalan aspal maupun jalan setapak ringan. Ban ini cocok untuk pengendara yang ingin gowes sepeda gunung di berbagai jenis medan.

3. Ban Knobby

Ban knobby memiliki alur ban yang dalam dan kasar. Ban sepeda gunung ini dirancang untuk digunakan di medan yang kasar seperti tanah liat, pasir, atau akar-akaran di hutan. Ban knobby memberikan traksi yang kuat dan mengatasi medan yang berat dengan baik.

4. Ban Fat

Ban fat sangat lebar dan dirancang untuk medan yang sangat berat, seperti salju atau pasir pantai. Jenis ban sepeda gunung yang satu ini memberikan traksi ekstra dan mengapung di atas permukaan yang lunak. Ban fat umumnya digunakan pada sepeda gunung fat bike.

5. Ban Plus

Nah, kalau ban plus adalah varian antara antara ban slick dan ban knobby. Ban ini punya alur yang lebih lebar dibandingkan dengan ban slick, tetapi tidak seprofesional ban knobby. Ban plus memberikan traksi yang baik di berbagai medan dan sangat populer di kalangan pengendara sepeda gunung.

Rekomendasi Merek Sepeda Gunung dan Harganya

Setelah kita membahas jenis-jenis sepeda gunung dan bannya, sekarang saatnya memilih merek sepeda gunung yang tepat buat lo. Di bawah ini ada beberapa jenis sepeda gunung dan harganya yang populer dan bisa lo pertimbangkan!

1. Polygon

Polygon Heist: Jenis sepeda gunung Polygon Heist merupakan pilihan yang baik untuk pemula. Harganya bervariasi, tapi lo bisa nemuin model-model Heist dengan harga mulai dari sekitar 3 juta hingga 6 juta rupiah, tergantung pada spesifikasinya.

Polygon Siskiu: Seri Polygon Siskiu menawarkan berbagai pilihan sepeda gunung full-suspension yang cocok untuk pemula hingga profesional. Harganya berkisar antara 10 juta hingga 20 juta rupiah, tergantung pada model dan spesifikasi yang lo pilih.

2. United Bike

Di samping Polygon, United Bike juga termasuk dalam merek sepeda gunung lokal yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Mereka juga memiliki berbagai pilihan model.

Harganya bervariasi, mulai dari sekitar 2 juta rupiah untuk sepeda gunung entry-level hingga 10 juta rupiah atau lebih untuk model yang lebih canggih.

3. Wimcycle

Wimcycle adalah merek sepeda gunung lokal yang juga tidak kalah populer. Merek ini menawarkan berbagai pilihan sepeda gunung dengan harga yang terjangkau, mulai dari sekitar 1 juta hingga 4 juta rupiah, tergantung pada spesifikasinya.

4. Trek

Nah, kalau merek luar, rekomendasi pertama ada Trek. Merek ini menawarkan berbagai pilihan sepeda gunung dengan harga mulai dari sekitar 10 juta hingga 40 juta rupiah, tergantung pada model dan komponen yang digunakan.

5. Specialized

Specialized merupakan merek sepeda gunung internasional yang terkenal akan inovasi teknologi. Harga sepeda gunung Specialized berkisar antara 15 juta hingga 50 juta rupiah, tergantung pada spesifikasinya.

Gimana? Apakah lo sudah menentukan mana merek yang jadi favorit? Pastikan lo beli jenis sepeda gunung sesuai dengan yang lo butuhkan ya!

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Cycling

Source:Superchallenge

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Hasil UFC 300: Pereira Sikat Bersih Jamahal, Weili Mendominasi Xiaonan, Max Holloway Menang Dramatis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Trauma! Pintu-Pintu di Game Yang Bikin Kapok Buat Dibuka Lagi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Pernah Berkhianat, Inilah Karakter Game Paling Loyal!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jangan Ngaku Penggemar MMA, Kalau Nggak Main UFC 5!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Jadwal UFC 300 Alex Pereira vs Jamahal Hill & Zhang Weli vs Yan Xiaonan: Dua Sabuk Juara Dipertaruhkan! Nonton Secara Gratis Hanya di Mola Sports!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Teknik Ini Dilarang di UFC, Bahaya Banget!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tutor Jadi Pilot, Budgetnya Bikin Dompet Melotot!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Game-Game Gak Perlu Fast Travel

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Super Brutal! Game-Game Ini Memakan Korban! Stick Sampe Rusak!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Terlalu Bagus, Game-Game Ini Harus Ada Sequelnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /